iphone 15 pro max

Ngeri! Isi Daya iPhone 15 Pro Max Pakai Kabel Murahan Bisa Meleleh

Menggunakan charger murah dari produsen yang tidak dikenal memang membawa sejumlah risiko yang serius. Salah satu pengguna iPhone 15 Pro Max mengalami nasib buruk setelah mencoba mengisi daya ponselnya menggunakan charger murah, di mana kabel pengisi dayanya langsung meleleh saat digunakan.

Cerita ini dibagikan oleh seorang pengguna di Reddit dengan nama NoisilyMarvellous. Dalam unggahannya di sub-Reddit iPhone, NoisilyMarvellous juga memperlihatkan bukti berupa gambar iPhone 15 Pro Max miliknya yang mengalami “kebakaran” pada ujung kabel USB-C, yang masih menempel di port ponsel iPhone miliknya.

NoisilyMarvellous menyampaikan pengalaman pahitnya, “Saya tahu bahwa iPhone 15 Pro Max bisa menjadi agak panas saat diisi daya, tetapi setelah satu bulan menggunakan charger murah ini, ponsel saya menjadi sangat panas ketika dicas semalaman, bahkan meninggalkan bekas luka bakar pada jari saya,” seperti yang dikutip dari laporan BGR pada Rabu (27/12/2023).

Ia juga menambahkan, jika pada saat mencabut chargernya tersebut, sebagian plastiknya meleleh sehingga meninggalkan bekas terbakar pada bagian bodi dan logam port USB tersebut.

NoisilyMarvellous kemudian meminta bantuan rekan-rekan di forum Reddit untuk mencabut bagian USB-C yang menyangkut pada perankat iPhone miliknya. Dia pun sambil menanyakan apakah masalah ini disebabkan oleh charger, kabel, atau bahkan ponsel itu sendiri.

Sebelum banyak yang berfikiran negatif, pemilik iPhone 15 Pro Max pun langsung menambahkan statement bahwa saat insiden terjadi, ponsel tidak sedang digunakan dan sedang dalam proses pengisian daya semalaman dengan fitur Optimized Charging yang diaktifkan.

iphone 15 pro max terbakar

Meskipun dalam unggahannya NoisilyMarvellous tidak menyebutkan jenis charger yang dia pakai, dalam komentar tambahan, ia mengungkap bahwa ia menggunakan adapter dan kabel USB-C standar yang dibeli melalui platform Amazon.

Sesuai dugaan, jika respons dari anggota forum tidak selalu positif, dengan ratusan downvote menghujani komentar NoisilyMarvellous terkait masalah yang dialami oleh perangkat miliknya tersebut

Sebagian besar anggota forum menyarankan agar pemilik iPhone 15 Pro Max selalu menggunakan charger resmi dari Apple atau setidaknya dari produsen pihak ketiga yang terpercaya, terutama jika memiliki ponsel flagship yang mahal.

BACA JUGA  Harga dan Spesifikasi Realme 8, HP 5G Termurah di Indonesia

Meskipun Apple tidak lagi menyertakan adapter daya dalam paket penjualan iPhone, kabel USB-C/Lightning resmi masih disertakan. Namun si NoisilyMarvellous mengungkap bahwa pilihan untuk menggunakan kabel yang dibeli di Amazon dilatarbelakangi oleh panjang kabel yang lebih memadai dengan kebutuhan dirinya.

Dalam pembaruan terkini, NoisilyMarvellous melaporkan bahwa ia berhasil mencabut bagian kabel yang meleleh dari port USB-C, tetapi bagian dalam port sudah mengalami kerusakan dan iPhone 15 Pro Max tidak dapat diisi daya menggunakan kabel lagi seperti normalnya.

Beruntung, iPhone 15 Pro Max memiliki fitur pengisian daya nirkabel yang dirasa masalah tersebut tidak begitu serius. Namun, berita kurang baiknya apabila NoisilyMarvellous memuutskan untuk memperbaiknya maka biaya perbaikan port pengisian iPhone mungkin akan tinggi, terutama tanpa garansi Apple Care karena kerusakan terjadi disebabkan kelalaian pengguna.