Wujud iPhone 16 Disebut Sangat Mirip dengan iPhone X

Apple baru saja meluncurkan iPhone 15 pada September lalu. Selang yang masih beberapa bulan itu, produsen smartphone asal California tersebut merilis generasinya.

Kabar mengenai iPhone 16 pun telah ramai beredar di jagad maya. Muncul sebuah gambar yang disinyalir sebagai bocoran perangkat tersebut, mengungkap wujud tiga purwarupa dengan kode “DeLorean” di kalangan internal Apple.

Salah satu dari ketiga prototype tersebut kabarnya akan terpilih menjadi rancangan final iPhone 16 standar alias non-pro.

Hal yang menarik, salah satu dari purwarupa itu tampak mempunyai desain kamera belakang yang mirip saudaranya yakni iPhone X rilisan 2017 lalu, yang dibekali dengan dua lensa tersusun vertikal dalam satu penampang berbentuk kapsul.

Sementara itu untuk dua prototype lainnya tampak mirip seperti iPhone 15. Bedanya, kedua kamera belakang disusun sejajar, bukan diagonal dalam modul berbentuk persegi.

Apabila diingat kembali, kedua purwarupa yang berwarna merah jambu dan hitam itu tampak mirip seperti iPhone 12 yang juga mempunyai kamera belakang tersusun sejajar secara vertikal, sebelum berubah menjadi diagonal mulai iPhone 13 hingga 15.

Sementara itu, tampilan ketiga warna iPhone 16 dari depan terbilang masih sama dengan iPhone 16 yang sebelumnya. Salah satunya ada Dynamic Island dibagian atas berbentuk kapsul serta mempunyai ukuran yang berubah-ubah mengikuti widget aplikasi yang dijalankan.

Terdapat ‘Action Button’ Layaknya iPhone Versi Pro

Selain tampak depan dan belakang, bocoran gambar pun ikut memperlihatkan sosok ketiga warna perangkat yang diduga menjadi calon iPhone 16.

Keberadaan tombol baru di sebelah kedua tombol volume menjadi salah satu hal yang paling menarik.

Tombol baru itu kabarnya merupakan ‘Action Button’, yang bisa digunakan sebagai pintasan untuk menjalankan fungsi atau aplikasi tertentu.

Sebetulnya Action Button sudah hadir di lini iPhone 15, namun hanya pada versi Pro dan Pro Max. Sementara pada iPhone 15 standar dan Plus belum kebagian.

Apabila bocoran ini memang benar, ada kemungkinan semua model di lini iPhone 16 nantinya bakal mempunyai Action Button termasuk iPhone 16 dan iPhone 16 Plus.

BACA JUGA  Rilis! Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A12 di Indonesia

Sebelumnya sudah sempat beredar rumor mengenai kemungkinan tersebut.Tampak bahwa ketiga purwarupa perangkat mempunyai desain Action Button berbeda.

Prototype warna kuning dan pink mempunyai tombol berukuran kecil. Sedangkan tombol di perangkat warna hitam berukuran lebih besar dan juga panjang.

Desain tombol volumenya juga tampak beda, menyatu pada perangkat berwarna kuning dan terpisah pada perangkat pink dan hitam.

Terdapat Tombol Capacitive Baru

Hal yang menarik lagi, selain Action Button Apple agaknya sedang bereksperimen untuk menambah tombol baru yang sifatnya capacitive atau di aktifkan dengan sentuhan, alih-alih ditekan seperti tombol fisik.

Tombol capacitive tersebut tampak berbentuk panjang seperti tombol daya dan diletakkan di sisi yang sama, yakni sebelah kanan di purwarupa warna hitam.

Sebagaimana yang dikutip Kompas Tekno dari MacRumors, Kamis (21/12/23), antena mmWave yang sebelumnya terdapat di sisi ini juga telah dipindahkan ke sisi kiri bersama dengan dua tombol volume dan Action Button.

Adapun tombol capacitive baru yang dikenal dengan nama “Project Nova” tersebut kabarnya berfungsi sebagai pintasan shutter button atau tombol untuk melakukan jepretan foto ketika menggunakan aplikasi kamera.

Namun, masih ada kemungkinan bahwa Apple tak benar-benar akan menerapkan tombol capacitive tersebut. Hal itu karena purwarupa iPhone 16 warna kuning dan pink tak terlihat memilikinya.

Tentu saja, ketiga prototype dalam rangkaian gambar di atas pun juga belum tentu mewakili wujud dari iPhone 16 yang sebenarnya lantaran masih bersifat rumor.

Kepastian untuk iPhone 16 nampaknya baru akan diketahui menjelang acara peluncurannya di tahun 2024 yang akan datang.