Model Kamera iPhone 16 Bakal Move On dari Generai Sebelumnya?

Sempat di kabarkan sebelumnya bahwa iPhone 16 akan hadir dengan desain yang mirip dengan iPhone 12. Kini kabar tersebut kembali berhembus, dan bahkan sudah ada rander yang memperlihatkan bocoran dari wujud iPhone 16.

Bocoran ini tak bukan datang dari MacRumors yang mengklaim mendapatkan informasi tentang desain pra-produksi dari iPhone 16.

Jika dilihat dari render yang dibagikan oleh MacRumors tersebut, iPhone 16 nampaknya akan membawa perubahan susunan kamera serta tombolnya.

MacRumors memperlihatkan tiga render tersebut dengan warna dan bentuk yang berbeda-beda. Mereka juga mengklaim bahwa ketiga warna tersebut (merah muda, hitam, kuning) mengikuti warna yang di gunakan oleh Apple selama proses pengujian.

Untuk render iPhone 16 berwarna kuning terlihat mempunyai susunan kamera belakang vertikal ala iPhone X. Kamera belakang tersebut diletakkan dalam modul berbentuk kapsul dengan tonjolan kamera bentuk kotak yang mirip seperti iPhone 15.

Sementara untuk iPhone 16 warna pink dan hitam mempunyai kamera belakang yang disusun vertikal sama. Hanya saja yang membedakan adalah masing-masing kamera dibuat terpisah, kesan mirip iPhone 12.

Bukan hanya susunan kameranya, tetapi MacRumors juga mengindikasikan bahwa Apple akan mengubah desain tombol iPhone 16.

Varian warna kuning memperlihatkan ponsel dengan Action Button serta tombol volume yang menyatu, sementara varian pink menampilkan Action Button dan tombol volume yang terpisah ala iPhone 15.

Selanjutnya untuk varian warna hitam menunjukkan ponsel dengan Action Button berukuran lebih besar dan Capture Button yang mempunyai fungsi belum diketahui alias misterius.

MacRumors mengatakan desain daripada iPhone 16 warna hitam tersebut di prediksi yang akan dipilih oleh Apple, seperti mengutip Detik Inet dari MacRumors, Rabu (20/12/2023).

Belum diketahui apa alasan Apple merubah desain kamera pada seri iPhone 16. Salah satu teori yang ramai beredar yakni Apple akan menghadirkan fitur spatial video di iPhone 16 sehingga layout kameranya pun dirombak.

Ditegaskan oleh MacRumors bahwa informasi ini sesuai dengan desain awal iPhone 16. Akan tetapi rencana desain tersebut belum final dan masih bisa berubah.