samsung galaxy m54

Samsung Galaxy M54 vs Galaxy A54, Duel Hp Rp 6 Jutaan!

Seperti yang kita ketahui, jika Samsung telah meluncurkan Samsung Galaxy M54 dan Galaxy A54 di Indonesia dengan banderol harga yang sepadan. Namun karena hal itu menjadikan konsumen bingung hendak pilih perangkat yang mana.

Kedua ponsel ini memiliki kesamaan, termasuk penggunaan chipset Exynos 1380, layar Super AMOLED, dan dukungan jaringan 5G. Meskipun demikian, terdapat perbedaan yang memberikan keunikan masing-masing.

Perbandingan Samsung Galaxy M54 vs Galaxy A54

Meskipun memiliki persamaan, namun ada beberapa perbedaan dari kedua perangkat tersebut yang bisa anda jadikan pertimbangan memilihnya. Penasaran apa saja? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Desain dan Layar

Dalam hal desain dan layar, Samsung Galaxy M54 memiliki dimensi 164.9 x 77.3 x 8.4 mm dengan berat 199 gram, sedangkan untuk saudaranya yakni Galaxy A54 memiliki ukuran 158.2 x 76.7 x 8.2 mm dan bobot 202 gram.

Galaxy A54 menampilkan desain bodi belakang kaca, berbeda dengan Galaxy M54 yang menggunakan bodi polikarbonat. Kelebihan lain dari Galaxy A54 adalah memiliki fitur yang membuatnya tahan terhadap debu dan air, karena telah bersertifikat IP67 sehingga mampu bertahan hingga 1 meter selama 30 menit.

Seperti yang sudah di singgung di atas tadi, jika kedua smartphone ini dilengkapi dengan panel Super AMOLED Full HD+ yang mendukung refresh rate 120 Hz. Namun, Galaxy A54 lebih menonjol dari saudaranya dengan layar yang lebih cerah dan tajam.

Layar Samsung Galaxy A54 juga diperkuat dengan tingkat kecerahan maksimal 1.000 nits dan dukungan Vision Booster, sehingga memungkinkan pengguna tetap bisa membaca teks dalam ponsel dengan baik meski menggunakannya di bawah sinar matahari.

Namun, bagi yang menginginkan layar lebih besar, Galaxy M54 menjadi pilihan dengan ukuran 6,78 inci, sedangkan Galaxy A54 memiliki layar 6,4 inci. Keduanya memiliki desain layar penuh dengan lubang kamera depan di tengah atas.

samsung galaxy a54

Chipset dan Baterai

Masuk pada bagian dapur pacunya, Samsung Galaxy M54 dan Galaxy A54 sama-sama mengadopsi chipset Exynos 1380 dengan proses fabrikasi 5 nm, menjanjikan kombinasi performa tinggi dan efisiensi daya. Kedua ponsel ini hadir dengan opsi RAM dan memori internal yang identic, sehingga tidak ada perbandingan.

BACA JUGA  Jepretan Memuaskan dengan OPPO Find X6 Pro Kamera Terbaik di Dunia

Namun Samsung Galaxy M54 lebih menonjol dari saudaranya dengan membawa baterai yang sangat besar, mencapai 6000 mAh. Kapasitas tersebut memberikan daya tahan baterai yang lebih lama dibandingkan Galaxy A54 yang dilengkapi dengan baterai 5000 mAh.

Kabar baiknya, kedua smartphone ini nmendukung teknologi pengisian cepat 25 W, memungkinkan pengguna untuk mengisi daya dengan cepat.

Kamera

Pindah pada sisi fotografinya, Samsung Galaxy M54 unggul dalam sektor kamera dengan kamera utama 108 MP yang menghasilkan foto dengan detail tinggi, dilengkapi dengan fitur OIS untuk fokus dan stabilitas gambar yang lebih baik.

Lalu ada juga Tambahan kamera ultrawide 8 MP dan kamera makro 2 MP dibagian punggungnya semakin melengkapi kemampuan fotografinya. Di sisi lain, Samsung Galaxy A54 memiliki kamera utama lebih rendah yakni beresolusi 50 MP dengan fitur PDAF dan OIS, dengan keunggulan sensor yang lebih besar, membuatnya lebih handal untuk pemotretan malam.

Galaxy A54 juga memiliki kamera ultrawide 12 MP yang lebih lebar dengan sudut pandang 123 derajat, dan kamera makro 5 MP yang lebih unggul dibanding Galaxy M54.

Untuk kebutuhan foto selfie, kedua ponsel ini kompak menyematkan kamera depan 32 MP yang dapat merekam video hingga resolusi 4K 30 fps. Kamera belakang keduanya mendukung perekaman video 4K 30 fps.

Akan tetapi Samsung Galaxy M54 menonjol dengan fitur slow motion 960 fps pada resolusi 720p, sementara Galaxy A54 hanya memiliki fitur slow motion 240 fps pada resolusi 1080p.

Kesimpulan

Baik Samsung Galaxy M54 dan Samsung Galaxy A54 memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang bisa jadi bahan pertimbangan anda nantinya. Untuk Galaxy M54 ini unggul dari sisi layar lebih luas yakni 6.7 inch, kamera 100 MP dan baterai yang besar yakni 6.000 mAh.

Lalu untuk Samsung Galaxy A54 unggul karena memiliki sertifikasi IP68 membuatnya tahan air dan debu dan memiliki layar dengan fitur Vision Booster.