HP Android Murah Infinix Smart 8 Segera Hadir di Indonesia

Vendor smartphone asal negeri Tirai Bambu, Infinix telah meluncurkan ponsel barunya di segmen entry-level. Sebut saja perangkat itu adalah Infinix Smart 8 yang masuki pasar Nigeria, pada Kamis (9/11/2023).

Smart 8 merupakan suksesor dari Smart 7 yang rilis pada Februari 2023 lalu. Jika di amati dari segi desain serta speknya, Infinix Smart 8 merupakan kembaran HP Tecno Pop 8 yang baru saja dirilis pada Oktober yang lalu.

Hal itu bisa dilihat dari keduanya yang sama-sama dibekali dengan poni dinamis ala ‘Dynamic Island’ yang ada di iPhone. Selain itu, kamera utamanya 13 MP, sampai dengan chipset Unisoc T606 yang sama.

Tentu tak mengherankan, karena Infinix dan Tecno sendiri sama-sama dibawah naungan satu induk perusahaan yakni Transsion Holdings.

Layar dengan Poni ‘Magic Ring’

Soal tampang, smartphone Infinix Smart 8 ini hadir dengan layar berponi sebagai rumah kamera depan beresolusi 8 MP. Infinix sendiri tengah menyulap punch hole tersebut menjadi lebih dinamis yang disebut sebagai ‘Magic Ring’.

Sementara di Tecno Pop 8, poni dinamis ini disebut dengan ‘Dynamic Port’. Adapun fungsi dari Magic Ring di smartphone ini mirip dengan Dynamic Island yang ada di iPhone, yang mana poni akan menampilkan animasi melebar sesuai dengan aktivitas pengguna.

Misalnya saja, pengguna akan melihat animasi Magic Ring pada saat menerima notifikasi panggilan masuk, menunjukkan status baterai, dan beberapa lainnya lagi.

Desain poni tersebut cukuplah berbeda dari Infinix Smart 7 yang adopsi desain layar dengan poni berbentuk waterdop atau tetesan air.

Spesifikasi Infinix Smart 8

Infinix Smart 8 mengusung panel teknologi LCD dengan luas 6,6 inci beresolusi HD Plus, refresh rate 90 Hz, serta tingkat kecerahan (brightness) maksimum 550 nits.

Angka refresh rate 90 Hz tersebut cukup tinggi bagi ponsel kelas bawah.

Kebanyakan, smartphone segmen entry-level dengan harga kisaran Rp. 1-3 jutaan hanya dibekali dengan refresh rate standar yakni 60 Hz.

BACA JUGA  Jelang Peluncuran Oppo Reno8 Series, Intip Keunggulan 4 Varian Ponselnya

Selanjutnya soal forografi, smartphone ini dibekali dengan dua buah kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 13 MP dan kamera pendukung depth sensor dengan 0,3 MP (VGA Camera), dan sebuah lampu flash LED.

Soal performa, Smart 8 ini mengandalkan chipset Unisoc T606 (12nm) yang dipadukan dengan kapasitas RAM 4 GB serta penyimpanan media 128 GB. Bukan hanya itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur virtual RAM 4 GB serta slot microSD.

Sebagai jantung perangkat, baterai yang di tanamkan yakni 5.000 mAh dengan pengisian daya 10 watt melalui USB Type C. Infinix Smart 8 berjalan dengan sistem operasi Android 13 berlapis antarmuka XOS 13.

Beberapa fitur pendukung lainnya yang turut dibawa perangkat ini adalah pemindai sidik jari yang diposisikan disamping (side-mounted fingerprint scanner), bluetooth 5.0, dual SIM, audio jack 3.5 mm. Hal ini sebagaimana mengutip Kompas Tekno dari GSMArena, Sabtu (11/11/2023).

Smartphone ini hadir dalam empat pilihan warna yaitu Galaxy White, Timber Black, Crystal Green, dan Shiny Gold. Untuk di pasar Nigeria, harga satu unit Infinix Smart 8 adalah 82.000 Naira atau setara dengan Rp. 1,6 jutaan untuk satu-satunya varian memori 4/128 GB.

Bakal Hadir di Indonesia?

Untuk saat ini pihak Infinix belum mengungkap jadwal ketersediaan Smart 8 di wilayah pasar lain. Akan tetapi, nampaknya ponsel murah tersebut bakal hadir segera di pasar Indonesia.

Hal yang menjadi indikasinya adalah sudah terdaftar di laman Postel SDPPI Kominfo (Pos dan Telekomunikasi dari Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika).

Berdasar pantauan yang dikutip dari Kompas Tekno, Selasa (14/11/2023), Infinix Smart 8 terdaftar dengan sertifikasi bernomor 94937/SDPPI/2023 yang diajukan oleh PT Carlcare Service Ila pada 6 November 2023.

Dalam rincian sertifikat tersebut tercantum perangkat dengan model “Infinix X6525” dengan nama pemasaran yakni “Smart 8”.

Perangkat Infinix X6525 ini juga telah terdaftar di laman sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri atau TKDN dengan skor sebesar 35,95 persen.

Dikarenakan telah kantongi sertifikat Postel Ditjen SDPPI Kemenkominfo dan TKDN, Infinix Smart 8 otomatis telah memenuhi syarat untuk dijual di Indonesia.