samsung galaxy m34 5g

Samsung Galaxy M34 5G Masih Pakai Chipset Lama, Kenapa?

Ada kabar menarik bagi penggemar Samsung, di mana pabrikan asal Korea Selatan tersebut dikabarkan telah resmi meluncurkan Samsung Galaxy M34 5G k public. Dari informasi yang beredar, ponsel ini memiliki kekuatan dari chip Exynos 1280 yang dirancang dengan teknologi 5 nm.

Chip ini sebenarnya sudah ada dalam pendahulunya, Samsung M33 5G yang diperkenalkan pada tahun 2022 lalu. Bahkan, Exynos 1280 juga digunakan di model Samsung A33 dan A53. Mengapa Samsung masih menggunakan Exynos 1280 pada Galaxy M34 5G daripada mengadopsi chip yang lebih baru?

Menurut Taufiq Furqan, MX Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia, alasan di balik ini adalah karena Samsung yakin bahwa Exynos 1280 masih mampu memenuhi semua kebutuhan pengguna dengan baik.

Dalam acara media experience Samsung M series di Jakarta, Selasa (7/11/2023), Taufiq menjelaskan, “Chip Exynos 1280 memang cukup mumpuni. Misalnya kemarin Samsung A33 dan A53 cocok digunakan untuk berfoto-foto, bermain game, dan banyak aktivitas lainnya.”

Taufiq juga menyatakan keyakinannya bahwa pengguna Galaxy M34 dan ponsel lain yang menggunakan Exynos 1280 dapat mengandalkan chip ini untuk berbagai keperluan dalam beberapa tahun ke depan.

samsung galaxy m34 5g dirilis

Taufik pun tidak menyangkal, bahwa Exynos 1280 awalnya memiliki beberapa kekurangan, tetapi telah mengalami perbaikan. Menurutnya, ini adalah perkembangan yang wajar karena setiap prosesor baru memerlukan waktu untuk beradaptasi dengan perangkat keras dan perangkat lunak pada perangkat.

Taufiq menekankan, “Exynos 1280 kini semakin optimal dan sempurna. Dulu, chip ini pernah mengalami bug yang dapat menyebabkan ponsel menjadi panas, tetapi saat ini masalah tersebut sudah tidak ada lagi karena chip, perangkat lunak Android, dan baterai telah menjadi lebih stabil.”

Spesifikasi Samsung M34 5G

Mengenai spesifikasinya, Samsung Galaxy M34 5G datang dengan menggunakan panel Super AMOLED 6,5 inci yang menawarkan resolusi Full HD+ (1.080 x 2.340 piksel) dengan refresh rate 120 Hz. Layar ini memiliki tingkat kecerahan maksimum hingga 1.000 nits dan dilindungi oleh kaca Gorilla Glass 5 untuk daya tahan ekstra.

BACA JUGA  Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3 di Indonesia!

Pada bagian depan, terdapat poni Infinity-U yang berfungsi sebagai rumah untuk kamera depan 13 MP. Sementara untuk kamera utama di bagian belakang, Samsung M34 menghadirkan kamera utama 50 MP yang telah dilengkapi dengan teknologi Optical Image Stabilization (OIS). Teknologi OIS ini bertujuan untuk memberikan stabilitas lebih pada foto dan video yang diambil dengan kamera 50 MP.

Selain kamera utama, terdapat juga kamera ultrawide 8 MP dan kamera makro 2 MP untuk menangkap beragam jenis foto dan memungkinkan pengguna untuk eksplorasi kreatif dalam fotografi.

Dengan dukungan RAM sebesar 8 GB dan ruang penyimpanan internal sebesar 128 GB, pengguna memiliki cukup ruang untuk aplikasi, foto, dan video. Dan jika itu belum cukup, pengguna dapat memperluas kapasitas penyimpanan melalui kartu memori microSD hingga 1 TB sesuai kebutuhan.

Untuk menemani aktifitas pengguna, Samsung Galaxy M34 5G ini didukung oleh baterai berkapasitas besar, yakni 6.000 mAh, yang akan menjaga perangkat aktif sepanjang hari.