Bakal Ada Sebuah Tombol Lagi di iPhone 16?

Salah satu fitur terbaru yang dihadirkan pada iPhone 15 Pro adalah ‘Action Button’. Kabarnya pada tahun depan Apple berencana untuk menambahkan satu tombol tambahan di iPhone 16 series.

Rumor tersebut datang dari tipster Instan Digital yang mengklaim Apple kemungkinan besar bakal sematkan satu tombol baru pada iPhone 16 serta memindah lokasikan antena mmWave guna mengakomodasi tombol baru tersebut.

Tentu saja informasi dari Instan Digital tersebut makin menguatkan rumor yang pertama kali dilaporkan oleh MacRumors di akhir September lalu.

Sebelumnya, MacRumors mengatakan bahwa Apple menyebut tombol itu dengan nama ‘Capture Button’ secara internal, namun belum diketahui apa fungsinya.

Tombol tersebut akan ditempatkan di bawah tombol power, di sisi kanan perangkat. Tombol ‘Misterius’ tersebut akan berupa tombol capacitive, jadi tidak seperti tombol standar.

Disamping itu MacRumors juga mengungkapka antena mmWave pada iPhone 16 yang akan dipindah ke bawah tombol volume di sisi kiri iPhone.

Adapun gunanya yakni untuk mengakomodasi kehadiran tombol baru tersebut, hal ini sebagaimana dikutip dari Detik Inet, Rabu (8/11/2023).

Informasi lain yang disampaikan oleh Instan Digital juga berupa update untuk Action Button di iPhone 16 series. Sedangkan untuk iPhone 16 Pro, kabarnya Apple bakal gunakan teknologi bernama Solid-State untuk Action Button, sehingga berbeda dengan tombol mekanik yang sekarang di gunakan pada iPhone 15 Pro.

Tombol Solid-State memberikan feedback haptic pada saat ditekan, sehingga menimbulkan sensasi yang seolah ada mekanisme yang bergerak.

Teknologi ini sudah digunakan pada tombol Home yang ada di iPhone SE atau tracpad Force Touch yang ada pada MacBook modern.

Meskipun Action Button telah di upgrade menjadi tombol solid-state, namun tombol volume dan power masih akan menggunakan desain yang serupa. Namun MacRumors mengatakan jika Apple bisa saja mengubah rencananya.

Sumber MacRumors mengatakan bahwa tombol baru tersebut bakal hadir di semua varian iPhone 16, termasuk pada varian standar iPhone 16 dan iPhone 16 Plus.

BACA JUGA  Cara Melacak HP Tanpa Nomor Telepon Paling Akurat

Kedua varian standar tersebut kabarnya juga akan kebagian fitur Action Button.