Mantep! HP Android Lava Blaze 2 Hadir Tanpa Aplikasi Bawaan Ataupun Iklan

Vendor smartphone Lava baru-baru ini meluncurkan ponsel barunya untuk pasar India, tepatnya pada Kamis (2/11/2023). Ponsel itu di namai dengan Lava Blaze 2 5G yang hadir tanpa bloatware.

Jadi, bloatware sendiri merupakan aplikasi bawaan yang biasanya mencakup software asli dari produsen ponsel. Bloatware ini terpasang secara default pada perangkat yang tidak bisa dihapus.

Secara umum, aplikasi tersebut jarang sekali digunakan oleh pengguna. Selain itu, bloatware biasanya juga membuat kapasitas ruang perangkat cepat habis.

Smartphone Lava Blaze 2 5G ini dibekali dengan sistem operasi Android 13 yang murni tanpa adanya iklan serta aplikasi-aplikasi bloatware.

Dengan begitu maka storage ponsel otomatis akan lebih lega serta performa lebih soft karena aplikasi sistem yang terpasang tak banyak.

Soal performa, smartphone Lava ini mengandalkan chipset MediaTek Dimensity 6020 yang dipadukan dengan dua opsi RAM yakni 4 GB dan 6 GB serta penambahan storage UFS 2.2 dengan opsi 64 GB dab 128 GB.

Selanjutnya mengenai desain, Lava Blaze 2 5G ini hadir dengan teknologi panel jenis In Plane Switching (IPS) LCD seluas 6,56 inci yang beresolusi HD Plus dan refresh rate 90 Hz.

Layar tersebut mempunyai tingkat kecerahan 450 nit dan dilengkapi dengan modul punch hole pada bagian tengah atas yang memuat kamera selfie 8 MP.

Dibagian belakang, terdapat modul kamera yang melingkar memuat dua kamera. Masing-masing kamera tersebut memuat 50 MP dan VGA.

Di modul ini pun sudah dilengkapi dengan lampu Ring Light yang bisa menyala secara warna warni, dan sudah lengkap dengan LED Flash guna membantu pengguna pada saat memotret dalam kondisi yang minim cahaya.

Sementara untuk fitur pendukung lainnya mencakup kapasitas baterai yang jumbo yakni 5.000 mAh dan di dukung dengan pengisian cepat atau fast charging 18W via USB type C.

Tombol keamanan biometrik seperti sidik jadi dibenamkan pada tombol power, lalu ada audio jack 3.5 mm dan masih banyak lagi.

Di pasar India, Lava Blaze 2 5G tersedia dalam tiga varian warna yaitu Glass Blue, Glass Lavender, dan juga Glass Black. Hal ini sebagaimana mengutip Kompas Tekno dari GSMArena, pada Jumat (3/11/2023).

BACA JUGA  Duo Smartwatch Murah dari Redmi Hadir di Indonesia, Spek dan Harganya

Mengenai harganya, smartphone ini dibanderol 10.000 rupee atau setara dengab Rp. 1,9 jutaan untuk varian 4 GB/ 64 GB dan 11.000 rupee yang setara dengan Rp. 2,1 jutaan untuk varian 6 GB/ 128 GB.

Untuk saat ini belum diketahui secara pasti apakah ponsel Lava tersebut juga akan di pasarkan di negara lain atau tidak.