xiaomi 14

MIUI di HP Xiaomi Bakal Diganti HyperOS?

Kabar mengenai perubahan antarmuka Xiaomi akhirnya mendapat penjelasan resmi. Xiaomi telah mengganti antarmuka perusahaan mereka yang sebelumnya dikenal sebagai MiUI dengan HyperOS.

Pengumuman ini datang melalui postingan di platform X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter. Pendiri dan CEO Xiaomi, Lei Jun, mengumumkan bahwa HyperOS adalah antarmuka baru perusahaan.

Dia menyatakan, “Hari ini menandai momen bersejarah. Setelah mengembangkannya selama bertahun-tahun, sistem operasi baru kami, #XiaomiHyperOS, siap debut resmi di #Xiaomi14Series.”

Sejalan dengan itu, Alvin Tse, VP Xiaomi Global, juga menjelaskan bahwa HyperOS adalah antarmuka baru perusahaan. Dia menyampaikan kegembiraannya dengan kata-kata, “Begitu bersemangat untuk membagikan pengumuman besar, Xiaomi HyperOS baru.”

Perubahan ini merupakan langkah yang signifikan dalam evolusi Xiaomi, dan banyak penggemar smartphone mereka mungkin menantikan apa yang akan ditawarkan oleh HyperOS. Hal ini juga mengakhiri spekulasi dan rumor tentang rebranding MiUI menjadi HyperOS.

Menyusul pengumuman Lei Jun, Alvin juga mengungkapkan ketersediaan HyperOS. Alvin menyatakan bahwa HyperOS pertama kali akan diperkenalkan dalam flagship perusahaan, yaitu Xiaomi 14. Selain itu, HyperOS secara bertahap akan menggantikan MiUI di seluruh dunia mulai tahun 2024.

Namun, detail lebih lanjut mengenai fitur dan fungsi HyperOS masih harus ditunggu. Alvin hanya memberikan sedikit bocoran dengan mengatakan bahwa HyperOS akan membawa sejumlah keunggulan, termasuk dalam hal performa dan konektivitas dengan berbagai perangkat Internet of Things berbasis kecerdasan buatan (AIoT).

hyperOS

Lei Jun juga menegaskan pentingnya HyperOS dalam ekosistem produk Xiaomi yang luas. Dia menyatakan bahwa HyperOS akan mendukung seluruh ekosistem produk Xiaomi di 200 kategori yang mencakup berbagai sektor seperti smart home, mobil, dan banyak lagi.

Lei Jun menambahkan bahwa HyperOS merupakan hasil pengembangan yang menggabungkan Android dengan sistem Vela yang dikembangkan oleh Xiaomi. Ini menunjukkan komitmen perusahaan untuk menciptakan sebuah antarmuka yang terintegrasi dengan seluruh ekosistem produk mereka.

Puluhan Tahun Memakai MIUI

MIUI telah menjadi antarmuka standar yang digunakan pada berbagai produk Xiaomi selama lebih dari satu dekade. MIUI pertama kali muncul pada tahun 2010 dan terus berkembang hingga versi MIUI 14, yang dirilis pada Desember 2022. MiUI telah menjadi andalan dalam beragam smartphone Xiaomi dan sub-brand-nya seperti Poco dan Redmi.

BACA JUGA  Link Download GTA San Andreas Untuk HP Android dan Spesifikasi Minimumnya

Pengumuman mengenai HyperOS sebagai pengganti MIUI menandai akhir dari era MIUI yang telah lama menjadi ciri khas produk-produk Xiaomi. Sejak beberapa waktu belakangan, muncul rumor tentang adanya antarmuka pengganti MIUI, meskipun sebelumnya rumor ini menyebutnya sebagai MiOS.

HyperOS RIlis Bareng Xiaomi 14

Menurut eksekutif Xiaomi, HyperOS akan debut bersamaan dengan peluncuran Xiaomi 14. Sayangnya, Xiaomi belum memberikan pengumuman resmi terkait tanggal peluncuran smartphone flagship ini.

Meskipun belum ada pengumuman resmi, rumor menyebutkan bahwa Xiaomi 14 kemungkinan akan dirilis pada akhir tahun 2023, mirip dengan pendahulunya, Xiaomi 13, yang debutnya pada tanggal 11 Desember 2022.

Xiaomi 14 diharapkan hadir dengan sejumlah spesifikasi unggulan, termasuk kamera Leica, layar dengan resolusi 1,5K, dan chipset Snapdragon 8 Gen 3. Selain itu, Xiaomi 14 juga diyakini akan memiliki fitur fast charging 90 watt dan peningkatan pada sistem pendingin untuk menjaga suhu perangkat agar tetap stabil.