iphone 15 pro

iPhone 15 Milik Pengguna Ini Tiba-Tiba Mati, Kenapa?

Laporan masalah mengenai iPhone 15 terus mengalir. Setelah masalah panas berlebih (overheat), penurunan cepat baterai (drop), dan permasalahan desain lainnya, muncul keluhan baru dari para pengguna.

Beberapa pengguna melaporkan bahwa iPhone 15 mereka mati secara tiba-tiba. Kejadian ini terjadi tanpa pola tertentu, namun kebanyakan terjadi pada malam hari atau saat ponsel dalam keadaan tidak aktif.

Awalnya, masalah ini terdeteksi ketika alarm yang diatur pada ponsel tidak berbunyi. Pengguna lain juga mulai mencurigai masalah ini dan menyarankan untuk memeriksa pengaturan baterai.

Mereka ingin memastikan apakah iPhone mereka benar-benar mati sementara di malam hari, karena mereka juga mengalami kejadian yang sama.

“Periksa pengaturan baterai Anda dan lihat apakah ada jeda di malam hari. Kemarin banyak iPhone yang mati selama beberapa jam di malam hari. iPhone saya juga mati dan hidup lagi satu menit sebelum alarm bunyi.” Saran pengguna lain di forum Reddit dikutip dari laman MacRumors.

iphone 15 plus

Tidak hanya pengguna biasa yang mengalami masalah ini, tetapi juga beberapa media teknologi seperti 9to5Mac dan MacRumors telah melaporkan permasalahan yang serupa. Mereka menyadari masalah ini ketika iPhone meminta kata sandi pada pagi hari, yang biasanya menunjukkan bahwa perangkat telah mengalami restart atau mati.

Perlu diperhatikan bahwa masalah ini tampaknya tidak hanya mempengaruhi iPhone 15 biasa, melainkan juga model lain seperti iPhone 15 Pro Max dan iPhone 13 Mini dengan iOS 17.0.3 yang sama.

Namun, perlu dicatat bahwa tidak semua pengguna iOS 17 mengalami masalah ini, dan insiden ini tidak terjadi setiap malam. Untuk memeriksa apakah iPhone Anda mati mendadak pada malam hari, Anda dapat melihat menu Pengaturan (Settings) > Baterai dan memeriksa status pengisian baterai selama 24 jam terakhir.

Jika ada penurunan drastis pada grafik pada periode tertentu, ada kemungkinan iPhone Anda mati dalam waktu tersebut.

Saat ini, Apple belum memberikan komentar resmi terkait masalah ini, termasuk penyebabnya, apakah terkait dengan baterai atau pembaruan iOS 17.0.3. Dilihat dari pengalaman sebelumnya, Apple mungkin akan merilis pembaruan untuk mengatasi masalah ini, seperti yang mereka lakukan dengan pembaruan iOS 17.0.3 untuk mengatasi masalah overheat di iPhone 15 Pro.