iphone 15 pro

iPhone 15 Pro Tak Bisa Dicas Pakai Powerbank?

Dalam seri iPhone 15, Apple akhirnya mengganti port lightning dengan USB-C, namun perubahan ini menimbulkan masalah baru.

Salah satu pengguna iPhone 15 Pro berbagi pengalaman di forum Reddit. Ia mencatat pengisian ulang iPhone 15 Pro dengan powerbank merek Anker melalui kabel USB-C justru membuat iPhone mengisi daya powerbank, bukan sebaliknya.

Meskipun iPhone 15 Pro mendukung fitur reverse charging yang memungkinkannya berfungsi sebagai powerbank, pada kasus ini, seharusnya iPhone 15 Pro yang diisi dayanya oleh powerbank, mengingat powerbank memiliki kapasitas yang lebih besar.

Tidak hanya itu, juga ada laporan bahwa iPhone 15 Pro bisa mengisi daya iPad Pro, meskipun biasanya iPad memiliki baterai yang lebih besar.

Apple belum memberikan pernyataan resmi terkait masalah ini, tetapi pembaruan perangkat lunak mungkin akan menjadi solusi di masa depan.

iphone 15 pro

Sebagai langkah sementara, Anker menyarankan pengguna untuk mengisi daya iPhone dari powerbank melalui port USB-A, bukan USB-C.

Selain masalah USB-C, beberapa pengguna melaporkan masalah overheating pada iPhone 15.

Masalah overheating ini muncul pada iPhone 15 Pro ketika digunakan untuk bermain game, menelepon, atau bahkan saat mengisi daya baterai. Awalnya, dugaan jatuh pada bahan titanium yang digunakan dalam iPhone 15 Pro, namun Apple mengklarifikasi bahwa overheating ini disebabkan oleh bug di sistem operasi (iOS 17).

Apple juga mengidentifikasi bahwa peningkatan aktivitas latar belakang dapat menyebabkan perangkat menjadi lebih panas dari biasanya. Beberapa pengaturan dan proses restore data juga dapat meningkatkan suhu perangkat.

Selain itu, beberapa aplikasi seperti Instagram, Uber, dan game Asphalt 9, juga diketahui membuat perangkat lebih cenderung panas. Pengisian baterai menggunakan adaptor dengan daya di atas 20 watt juga dapat mempercepat panas perangkat, meskipun tetap aman jika sesuai dengan standar USB-C Power Delivery.

Solusi atas masalah overheating ini mencakup pembaruan perangkat lunak. Apple merilis pembaruan iOS 17.0.3 pada 5 Oktober untuk mengatasi masalah overheating ini pada iPhone 15 Pro dan model lain yang mendukung iOS 17.

BACA JUGA  Tanda Kuat Redmi Note 12 di Indonesia Mulai Terungkap

Penting untuk dicatat bahwa tidak semua pengguna iPhone 15 Pro mengalami masalah overheating ini, dan Apple menegaskan bahwa masalah tersebut tidak mengancam keamanan pengguna, karena iPhone memiliki mekanisme pengaturan suhu untuk melindungi perangkat kerasnya.