Hal Baru Android 14 yang Resmi Meluncur

Akhirnya Google resmi gelontarkan sistem operasi (OS) terbaru yakni Android 14 versi final sejak Rabu (4/10/2023). OS 14 tersebut meluncur bersamaan dengan ponsel Google yakni Pixel 8 series.

Bukan hanya terpasang pada Pixel 8 dan Pixel 8 Pro, namun Android 14 juga sudah bisa di unduh di 11 HP Google Pixel lainnya yang lahir terdahulu. Adapun diantaranya yakni sebagai berikut:

  • Google Pixel 4a (5G)
  • Google Pixel 5
  • Google Pixel 5a
  • Google Pixel 6
  • Google Pixel 6 Pro
  • Google Pixel 6a
  • Google Pixel 7
  • Google Pixel 7 Pro
  • Google Pixel 7a
  • Google Pixel Fold
  • Google Pixel Tablet

Kesebelas perangkat di atas dapat melakukan update OS Android 14 secara Over The Air, atau mengunduh dan menginstal data pembaruan sistem operasi yang langsung menggunakan jaringan internet.

Dave Burke, selaku VP Engineering Android, dalam blog resmi Google mengungkapkan bahwa Android 14 bakal bisa di unduh oleh smartphone seperti Samsung Galaxy, iQOO, Nothing, OnePlus, Oppo, Realme, Tecno Sharp, Sony, Xiaomi, dan Vivo akhir tahun 2023.

Fitur Terbaru Android 14

Dalam peluncurannya, Android 14 telah dibekali dengan fitur baru seperti penyesuaian layar kunci, kontrol lebih besar atas kesehatan, perlindungan privasi, dan peningkatan aksebilitas. Hal ini sebagaimana dikutip dari Kompas Tekno, Selasa (10/10/2023).

1. Lock Screen Custom

Para pengguna Android 14 pun kini bisa menyesuaikan alias custom tampilan layar kunci (Lock Screen) pada perangkatnya. Misalnya, memasang model jam dengan gaya baru selain gaya yang terpasang bawaan sistem. Selain itu pengguna juga bisa memilih jenis warna, font, desain, ukuran jam yang diinginkan.

Terdapat juga “Shortcut” alias pintasan baru di layar ponsel. Merupakan fiur yang memungkinkan pengguna dapat mengakses aplikasi ataupun menu yang paling sering digunakan sehari-hari.

BACA JUGA  Gila! Xiaomi Rilis Redmi K60 Ultra dengan RAM 24 GB dan Memori 1 TB

Misalnya adalah menyalakan senter, membuka kamera untuk memindai QR, membuka e-wallet dengan jalan pintas tanpa perlu membuka kunci layar.

2. Wallpaper yang Berbasis AI Generatif

Nah, dengan sistem operasi versi 14 ini pengguna pun juga bisa membuat wallpaper unik dengan mengandalkan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI), generatif.

Adapun caranya adalah dengan memilih tema wallpaper, kemudian pilih “With AI/ dengan AI”. Setelah itu, pengguna bisa menyesuaikan obyek wallpaper seperti bangunan, gedung, rumah, kapal luar angkasa, dan beberapa lainnya.

Disamping itu pengguna juga bisa menyesuaikan material seperti besi, kertas, bunga, tanaman, es, dan lainnya. Nantinya pengguna akan melihat sebuah wallpaper baru yang sesuai dengan preferensi pengguna.

Menurut Dave, pada saat peluncurannya Android 14, fitur wallpaper AI generatif hanya tersedia untuk smartphone terbaru Pixel 8 dan Pixel 8 Pro.

Disini, Android 14 menyertakan tema monokromatik untuk bisa diterapkannya ke seluruh antarmuka perangkat.

3. Dukungan Ultra HDR

Android juga membantu meningkatkan kualitas sektor fotografi, termasuknya kamera ponsel. Berdasar pada dukungan Android 13 untuk video rentang dinamis tinggi (HDR), Android 14 mendukung gambar kualitas HDR dengan Ultra HDR.

Ultra HDR ini yang akan membantu foto pengguna tampil terbaik dengan hadirkan warna-warna yang cerah, bayangan lebih gelap, dan sorotan lebih terang.

Disamping itu, berkat teknologi layar HDR ini sangat luar biasa yang tersedia dibanyak ponsel masa kini. Ultra HDR mengambil serta menampilkan foto dengan definisi tinggi tanpa harus mengubah kualitas asli pada gambar.

4. PIN 6 Digit atau Lebih

Pada sistem operasi Android 14, ditingkatkanlah keamanan PIN dengan mendorong pengguna untuk menyetel PIN enam digit.

Setelah mengetik enam digit PIN atau mungkin lebih panjang, pengguna pun tak perlu menekan “Enter” lagi karena perangkat akan terbuka secara otomatis. Selain PIN, dukungan kunci sandi juga diperluas.

Dengan OS ini pengguna bisa menggunakan sidik jari untuk masuk pada aplikasi pihak ketiga (APK). Aplikasi bisa menggunakan Pengelola Kredensial baru Android untuk menggabungkan semua metode masuk si pengguna, seperti “Sandi” dan “Masuk menggunakan Google”, sebagai langkah sederhana masuk dan menghadirkan opsi paling aman.

BACA JUGA  Spesifikasi Redmi K60 Pro Mantep Banget Dibawah Rp 5 Jutaan

5. Fitur Health Connect

Fitur Health Connect pada Android 14 ini mampu menjadi pilihan pengguna sebagai cara sentral untuk menyimpan semua data di satu tempat.

Caranya cukup simple, yakni sambungkan dan sinkronkan aplikasi kesehatan dan kebugaran favorit pengguna seperti Oura, Peloton, dan Whoop ke Health Connect Android 14.

Sistem operasi terbaru ini membawa update berbagi data baru di ponsel. Pada saat pengguna diminta untuk memberikan izin aplikasi terhadap informasi seperti lokasi, pengguna akan diberi tahu kala aplikasi berbagi data lokasi dengan pihak ketiga.

Dengan begitu, maka pengguna diharapkan bisa mengontrol penuh dan membuat keputusan yang lebih tepat mengenai apakah akan membagikan data lokasinya atau sebaliknya.

6. Fitur Aksesibilitas untuk Pengguna Tunanetra

Untuk pengguna dengan masalah penglihatan, kaca pembesar (Magnifier) yang ditingkatkan pada Android 14 ini lebih intuitif.

Pengguna bisa mencubit magnifier untuk memperbesar atau memperkecilnya. Selain itu juga bisa merubah ukuran kaca pembesar di panel ‘Pengaturan Kaca Pembesar’ yang baru atau menyesuaikan seberapa besar bagian layar yang ingin di perbesar lagi.

Pengguna tunanetra umumnya mengandalkan pembaca layar untuk mengetahui apa yang sedang muncul pada layar perangkat. Guna meningkatkan keterbacaan, pengguna bisa dengan cepat mengubah ukuran font teks melalui ‘Quick Settings’.

Suara notifikasi, dering, maupun peringatan tak selalu efektif untuk semua pengguna. Maka pengguna juga bisa mengaktifkan ‘Pemberitahuan Flash’ dari pengaturan ‘Aksesibilitas dan Pemberitahuan’.

Dengan fitur inilah pengguna bakal memperoleh kilatan cahaya visual saat ada pemberitahuan masuk.

Demonstrasi fitur baru pada sistem operasi Android 14 selengkapnya dapat disimak melalui link video berikut ini: