samsung galaxy s23 fe-1

Samsung Galaxy S23 Fe Vs Galaxy S23, Apa Aja dengan Selisih Rp 4 Juta?

Samsung Galaxy S23 FE (Fan Edition) telah resmi diluncurkan secara global oleh pihak Samsung Mobile, termasuk di Indonesia pada tanggal 4 Oktober 2023. Tentu kedatangan  dari perangkat ini melengkapi Galaxy S23 series yang telah dirilis sebelumnya.

Dalam hal harga, dari beberapa musim sebelumnya jika Samsung Galaxy S23 FE memiliki harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan Galaxy S23 “reguler” dalam seri Galaxy S23. Nah Sebelum membahas soal harganya, berikut ini akan kami bahas tentang spesifikasinya terlebih dahulu Samsung Galaxy S23 Fe vs Samsung Galaxy S23.

Desain dan Layar

Mereka memiliki desain yang serupa, termasuk dalam hal tata letak tiga kamera belakang yang ditempatkan secara vertikal di bagian belakang perangkat. Nah untuk bagian layarnya kedua smartphone ini memiliki sedikit perbedaan.

Samsung Galaxy S23 Fe datang dengan menggunakan layar yangebih luas yakni 6.4 inch dibandingkan Galaxy S23 berukuran 6,1 inch.  Lantas perbedaan ini pun juga berdampak pada bobo keduanya.

samsung galaxy s23 fe

Dapur Pacu

Berpindah pada bagian dapur pacunya, salah satu perbedaan utama antara keduanya terletak pada chipset yang digunakan. Sebagai smartphone versi murah, Samsung Galaxy S23 FE hadir dengan menggunakan chipset dengan fabrikasi 4 nanometer, sementara Galaxy S23 menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 For Galaxy andalan ponsel premium.

Salah satu perbedaan yang mencolok di antara keduanya adalah chip yang digunakan. Samsung Galaxy S23 FE memiliki chipset yang dibuat dengan fabrikasi 4 nanometer (nm), tetapi spesifikasinya tidak secara rinci disebutkan.

Menurut rumor yang beredar, Samsung Galaxy S23 FE dilengkapi dengan dua jenis chip yang berbeda. Di Amerika Serikat dan Kanada, perangkat ini akan menggunakan chip Snapdragon 8 Gen 1, sementara di wilayah lain, seperti wilayah mayoritas pemasaran, akan menggunakan Exynos 2200.

Namun, perlu diperhatikan bahwa kedua jenis chip yang digunakan pada Samsung Galaxy S23 FE dan Galaxy S23 tetap berbeda dari Galaxy S23. Galaxy S23, sebaliknya, menggunakan chip khusus dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 8 Gen 2 For Galaxy.

BACA JUGA  Rilis! Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A12 di Indonesia

Selain itu, keduanya sama-sama dilengkapi dengan RAM 8 GB dan memiliki dua pilihan kapasitas penyimpanan, yaitu 128 GB dan 256 GB.

Fotografi

Lanjut dari sisi fotografinya, Samsung Galaxy S23 FE menampilkan resolusi kamera yang sedikit lebih rendah dibandingkan versi reguler. Hal inibisa dimaklumi karena memang ponsel tersebut merupakan versi terjangkaunya.

Samsung Galaxy S23 FE ni dilengkapi dengan tiga kamera belakang, termasuk kamera utama 50 MP (f/1.8), kamera ultrawide 12 MP, dan kamera telefoto 8 MP (f/2.4) dengan kemampuan zoom optik 3x. Lalu untuk kamera selfie-nya memiliki resolusi 10 MP (f/2.4) yang mampu memotret dengan hasil memukau.

Di sisi lain, Galaxy S23 memiliki kamera utama 50 MP (f/1.8) dan kamera ultrawide 12 MP (f/2.2) dengan sudut pandang 120 derajat yang sama. Namun, perbedaannya terletak pada kamera telefoto dan kamera selfie yang memiliki resolusi yang sedikit lebih tinggi, masing-masing 10 MP (f/2.4) dengan zoom optik 3x dan 12 MP (f/2.2), serta dilengkapi dengan fitur Dual Pixel PDAF.

samsung galaxy s23 fe-2

Kapasitas Baterai

Selain perbedaan pada kamera, Samsung Galaxy S23 FE menawarkan kapasitas baterai yang lebih besar dibandingkan versi reguler. Perangkat ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4.500 mAh yang mendukung pengisian daya cepat hingga 25 watt.

Dengan ini, ponsel dapat terisi hingga 50 persen hanya membutuhkan waktu 30 menit saja. Sementara itu, Galaxy S23 memiliki baterai dengan kapasitas lebih kecil yakni 3.900 mAh. Meskipun lebih kecil namun mendukung pengisian daya yang komplit seperti fast charge 25 watt, pengisian nirkabel 10 watt, dan pengisian daya terbalik 4,5 watt.

Fitur lainnya

Mengenai fitur lainya, Samsung Galaxy S23 FE memiliki beberapa fitur yang dihilangkan dari versi regular. Ponsel ini tidak dibekali dengan sertifikat Ip68 yang membuatnya tahan air dan debu. Selebihnya spesifikasi dari ponsel ini sama dengan Galaxy S23.

Harga Samsung Galaxy S23 Fe vs Samsung Galaxy S23

Dengan sedikit perbandingan spesifikasi Samsung Galaxy S23 FE dan Samsung Galaxy S23, ini juga berdampak pada harga jualnya. Untuk harga Samsung Galaxy S23 FE dijual mulai dari Rp 9 jutaan untuk varian ROM 128 Gb dan Rp 10 jutaan untuk ROM 256 GB.

BACA JUGA  Huawei Nova 12 dan Nova 12 Lite Usung Kamera Depan 60MP, Harga Terjangkau

Sementara untuk Samsung Galaxy S23 dijual mulai dari Rp 13 jutaan untuk varian 128 GB dan Rp 14 jutaan untuk varian 256 Gb. Selisih harga yang tidak terlalu jauh bisa menjadi opsi menarik buat para konsumen.