Aktifin Fitur iOS 17 Ini Untuk Jaga Kesehatan Mata

Ramai diperbincangkan sebelumnya, kabar mengenai iOS 17 yang sebaiknya tidak di install terlebih dahulu karena beberapa alasan.

Tetapi kali ini iOS tersebut membawa kabar baru kembali, dimana sistem operasi terbaru iPhone ini memang membawa segudang pembaruan fitur.

Dari sekian banyak fitur yang dibawa, salah satu yang menarik adalah iOS 17 dapat membantu menjaga kesehatan mata pengguna saat menatap layar ponsel.

Jadi, generasi iOS 16 tersebut telah dibekali dengan Screen Distance atau Jarak Layar. Perlu diketahui, fitur Screen Distance tersebut merupakan fitur yang memungkinkan pengguna bisa mendapatkan peringatan jika menatap layar iPhone terlalu dekat.

Sebagai informasi, menurut pihak Apple sendiri jarak layar iPhone dengan pengguna yang ideal yakni lebih dari 12 inci atau 30cm.

Apabila jarak pandangan mata ke layar iPhone terlalu dekat tentu saja bisa mengganggu kesehatan mata.

Bahkan sebetulnya hal ini bukan berlaku untuk iPhone saja, namun untuk semua perangkat ponsel atau sebagainya apabila jarak pandangan terlalu dekat juga tidak baik untuk kesehatan mata.

Dengan fitur Jarak Layar tersebut, kesehatan mata pengguna tentu saja lebih terjaga. Hal itu karena fitur ini bisa memberikan peringatan pada pengguna ketika menatap layar terlalu dekat.

Pada saat pengguna menatap layar iPhone terlalu dekat atau dengan jarak yang hanya kurang dari 12 inci maka fitur Jarak Layar tersebut akan memberi peringatan yang menutup tampilan layarnya.

Pengguna akan diminta untuk menjauhkan layarnya dari pandangan mata berjarak lebih dari 12 inci atau sejauh jangkauan lengan.

Layar ponsel pun akan terus tertutup dengan peringatan tersebut apabila pengguna belum juga menjauhkan perangkat sesuai jarak minimal yang diminta sistem.

Dengan fitur Screen Distance ini para pengguna yang perhatian terhadap kesehatan mata pun bisa terbantu dalam upaya menjaganya. Namun bagaimana cara untuk mengaktifkan Screen Distance di iPhone iOS 17 untuk membantu menjaga kesehatan mata?

Apabila kamu tertarik untuk mencoba fitur ini, berikut penjelasan lengkap terkait cara mengaktifkan Screen Distance di iPhone iOS 17.

BACA JUGA  Resmi Dirilis, Berikut Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A03s

Cara Mengaktifkan Fitur Screen Distance di iPhone versi iOS 17

  • Langkah pertama yakni membuka menu ‘pengaturan’ pada iPhone yang telah menginstal iOS 17.
  • Pilih menu pengaturan ‘Durasi Layar’ atau ‘Screen Distance’.
  • Terakhir, geser toggle untuk mengaktifkan opsi fitur ‘Screen Distance’.

Apabila sudah aktif, kamu bakalan menerima peringatan seperti “iPhone Mungkin Terlalu Dekat”, saat tengah menatap layar ponsel dengan jarak cukup dekat.

Peringatan itu akan terus muncul sampai penggunanya sedikit menjauhkan layar iPhone dari pandangan dengan jarak ideal yang diminta.

Setelah layar iPhone dan pandangan mata pengguna sudah dalam jarak yang sesuai, kamu bisa klik opsi “Lanjutkan” untuk menutup peringatan dan kembali mengoperasikan perangkat.

Cara mengaktifkan fitur Jarak Layar di iPhone versi iOS 17 cukuplah mudah, bukan?

Namun perlu diketahui, fitur ini tidak tersedia di semua model iPhone. Guna mendeteksi jarak pandangan pengguna ke layar, fitur Screen Distance akan menggunakan sensor TrueDepth di iPhone, merupakan sensor yang juga di pakai untuk sistem keamanan biometrik pemindai wajah seperti Face ID.

Jadi, fitur ini hanya bisa di akses pada perangkat Apple atau model iPhone yang telah mendukung Face ID seperti model iPhone XR, iPhone XS, iPhone 11 dan beberapa model lainnya.