iPhone 15 Series Jadi Type C, Lebih Baik dari Lightning?

Kabel pengisi daya setiap perangkat mempunyai beragam jenis, yang salah satunya adalah USB-Type C yang sering digunakan beragam alat elektronik, termasuknya smartphone.

Disamping itu, USB Type C juga mempunyai salah satu keunggulan utama yakni kabelnya yang dapat disambungkan ke dalam port dengan cara apapun.

Selain USB-type C, kabel Lightning rupanya juga menjadi komponen paling familiar digunakan. Hal itu dikarenakan sebagian besar para pengguna iPhone menggunakan kabel Lightning sebagai media pengisian daya.

Meski begitu, sejak perilisan iPhone 15 series Apple mulai menggunakan USB-type C yang mana sebelumnya menggunakan kabel Lightning yang jadi andalannya sejak 11 tahun terakhir.

Kedua jenis kabel tersebut kerap kali digunakan perangkat elektronik. Lalu apa perbedaan dari keduanya?

Lantas mana pula yang lebih baik diantara kedua jenis kabel tersebut untuk mengisi daya ponsel? Berikut selengkapnya untuk perbandingan USB type-C dan Lightning.

Perbandingan Kabel USB Type-C dan Lightning

1. Kecepatan Transfer Data

Melansir Kompas Tekno dari Lifewire, kecepatan transfer data USB type-c memang diklaim lebih cepat apabila dibandingkan dengan Lightning.

Kabel jenis ini mempunyai kecepatan transfer data yang sangat tinggi hingga 40 gigabit per detik.

Untuk perbandingannya, kabel Lightning jauh lebih lambat, yakni hanya sekitar 480 megabit per detik atau sebanding dengan kabel USB 2.0.

2. Kompatibilitas

Kabel Lightning hanya berfungsi dengan perangkat produk Apple. Namun sejak perilisan iPhone 15 series, vendor california itu akhirnya menggunakan USB type-c sebagai media pengisian daya dan transfer data.

Kendati demikian, bagi pengguna iPhone di seri-seri sebelumnya tentu saja masih menggunakan kabel Lightning. Apple sendiri telah menggunakan konektor Lightning di berbagai produknya termasuk Trackpad, AirPods, Keyboard, Mouse dan lainnya.

Meski begitu, Apple sendiri sudah mulai beralih dari Lightning ke USB tipe C di beberapa produknya. Hal ini pun tak luput juga dari pengaruh aturan Uni Eropa atau European Union (EU).

BACA JUGA  Smartphone Mewah Xiaomi 12 dan 12 Pro Segera Hadir di Indonesia

Sebagai salah satu contoh, sebagian besar iPad sekarang ini telah menggunakan USB type C, untuk jenis iPad generasi ke-9 masih menggunakan jenis Lightning.

3. Pengiriman Daya

Jadi, USB tipe C disebut-sebut mempunyai arus yang lebih tinggi, kabel jenis ini bisa mengisi daya perangkat lebih cepat dibandingkan dengan kabel Lightning.

Hal ini karena USB jenis tersebut mampu mengirimkan daya dengan cepat pada voltase yang sama.

Sehingga cukup efisien sekali apabila perangkat terisi daya dengan menggunakan jenis kabel USB type C.

Sementara itu, untuk kabel Lightning hanya bisa menyalurkan arus maksimal pada angka 2z4 ampere, dan USB tipe C dengan 3 ampere. Perbedaan ini membuat jenis tipe C sangat baik dalam hal pengisian daya cepat.

Apple sekarang untuk sebagian besar produknya mengikutsertakan kabel USB-type C ke Lightning untuk mengisi daya lebih cepat dan efisien.

Pada saat anda menggabungkan dengan adaptor berdaya 20 watt atau lebih tinggi lagi, anda bisa mengisi baterai iPhone hingga 50% hanya dalam waktu sekitar 30 menit saja. Sehingga pengisian daya baterai lebih cepat dan efisien dengan USB tipe C.

4. Daya Tahan Kabel

Dalam hal ketahanan kabel serta penggunaannya, kedua jenis ini memang hampir sama. Kedua konektor tersebut mempunyai ujung yang bisa dimasukkan dengan mudah ke perangkat.

Masing-masing kabel pun juga mempunyai chip yang membantu untuk memastikan bahwa perangkat yang anda gunakan bisa berfungsi dengan baik dan mengendalikan aliran daya dan juga transfer data.

Meski demikian, sebagian pengguna kabel Lightning menyatakan bahwa kabel memang kerap sekali rusak, tapi mempunyai konektor yang lebih pas dan tak mudah lepas daripada USB type-C.

Namun tetap saja, kualitas kabel tergantung pada dimana anda saat membelinya. Bagi pengguna yang ingin mendapatkan jenis kabel Lightning maupun USB-C yang tahan lama dan awet, maka bisa membeli kabel dari produsen terpercaya dan mampu merawat dengan baik kabel serta perangkatnya. Lalu, manakah yang lebih baik?

Jika mengacu dari keterangan yang sudah disampaikan di atas, USB-C memang lebih unggul daripada Lightning dalam segala hal. Hal itu karena USB-C menawarkan kompatibilitas yang lebih luas, kecepatan transfer data, serta peningkatan pengiriman daya untuk pengisian baterai lebih baik.