Akhirnya RAM iPhone 15 Series Jauh Meningkat

Akhirnya produsen asal California yakni Apple resmi meluncurkan lini iPhone 15 yang mencakup iPhone 15 versi ‘reguler’, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, serta iPhone 15 Pro Max melalui acara yang bertajuk “Wonderlust”, Rabu (13/9/2023).

Dalam presentasinya, Apple terang-terangan membocorkan spesifikasi lini iPhone 15 beserta fitur dan harganya. Meskipun tidak di ungkapkan secara details dan lebih gamblang lagi seperti RAM misalnya.

Kendati begitu, akun X (Twitter) milik peneliti kode perangkat lunak (Software) dengan handle @aaronp613 telah mengungkapkan kapasitas RAM untuk lini iPhone 15.

Berdasar penelitiannya, ia menyebutkan bahwa iPhone 15 dan iPhone 15 Plus dibekali dengan kapasitas RAM sebesar 6 GB, sementara iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max dengan RAM 8 GB.

Informasi tentang kapasitas RAM iPhone 15 series di dapat dari file yang ditemukan pada software Xcode 15 Release Candidate (RC). Xcode sendiri merupakan kumpulan peralatan (tools) yang digunakan para developer untuk mengembangkan software pada ekosistem Apple mulai dari macOS, iOS, sampai dengan iPadOS.

Sementara itu, Xcode 15 RC sendiri merupakan versi terbaru dari peralatan tersebut yang diluncurkan pada Selasa, (12/9/2023). Versi terbaru ini sudah dilengkapi dengan sejumlah pembaruan seperti penyelesaian kode yang telah di tingkatkan, pratinjau interaktif, serta animasi langsung.

Meski begitu, meningkat tentunya belum diketahui apakah bocoran ini akurat atau tidak. Namun sebelumnya, Xcode sendiri secara akurat digunakan untuk membocorkan kapasitas RAM sejumlah generasi iPhone terdahulu, termasuk juga iPhone 14.

Apabila rumor ini benar, artinya iPhone 15 dan 15 Plus tidak mendapatkan peningkatan pada kapasitas RAM. Berbeda dengan saudaranya yakni iPhone 14 dan 14 Plus yang lebih dulu rilis. Keempat gawai tersebut secara kompak menggunakan RAM 6 GB. Sedangkan iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max meningkat menjadi 8 GB.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah perbandingan kapasitas RAM yang dimiliki iPhone 14 series dan iPhone 15 series.

Kapasitas RAM iPhone 14 Series:

  • iPhone 14 = 6 GB
  • iPhone 14 Plus = 6 GB
  • iPhone 14 Pro = 6 GB
  • iPhone 14 Pro Max = 6 GB
BACA JUGA  Main Game PS5 di iPhone Bisa Banget Pakai Alat Ini

Bocoran Rumor Kapasitas RAM iPhone 15 Series:

  • iPhone 15 = 6 GB
  • iPhone 15 Plus = 6 GB
  • iPhone 15 Pro = 8 GB
  • iPhone 15 Pro Max = 8 GB

Terlepas dari itu semua, belum diketahui pasti jenis RAM apa yang digunakan pada iPhone 15 Series, hal ini sebagaimana yang dikutip Kompas Tekno dari MacRumors, Kamis (14/9/2023).

Spesifikasi iPhone 15 Series

Sebagai informasi, iPhone 15 Series iPhone 15 versi ‘Reguler’, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan juga iPhone 15 Pro Max.

iPhone 15 versi reguler di posisikan sebagai model yang paling dasar. Keduanya hadir dengan spek yang cukup identik, kecuali pada bagian layar yakni Super Retina XDR OLED pada kedua perangkatnya yaitu dengan luas 6,1 inci pada versi reguler, dan 6,7 inci untuk versi Plus.

Versi ‘Plus’ juga dibekali baterai lebih besar. iPhone 15 versi reguler dan Plus mengandalkan chipset dari Apple A16 Bionic yang pertama kali hadir di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max pada tahun lalu.

Kedua smartphone tersebut dibekali dengan kamera utama 48 MP dan kamera ultra-wide dengan 12 MP. Terdapat juga port USB-C dan CutOut multifungsi yakni “Dynamic Island”.

Selain versi ‘Reguler’ dan ‘Plus’, ada iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max yang di posisikan sebagai varian paling mumpuni. Keduanya ini mempunyai spesifikasi yang identik, kecuali pada aspek layar dan kamera.

Pada iPhone 15 Pro dibekali layar seluas 6,1 inci, sedangkan iPhone 15 Pro Max mempunyai layar lebih luas dengan 6,7 inci.

Kemudian bagian fotografinya, iPhone 15 Pro Max hadir dengan telefoto “Periskop” dengan resolusi 12 MP yang mendukung serta fitur 3D Sensor Shift dan 6X Optical Zoom.

Selebihnya, iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max dibekali dengan spesifikasi yang serupa. Misalnya yakni pada bagian bodi yang sama-sama mengadopsi material titanium, kehadiran tombol aksi (Aksi Butto) sebagai tombol pintasan, dan juga chip terbaru Apple A17 Pro.