Mulai Terungkap iPhone SE 4 Disebut Mirip iPhone X

Beberapa hari lalu rumor mengenai iPhone SE 4 mulai beredar, disebut-sebut mirip iPhone X. Disinyalir jika perusahaan asal California tersebut memang telah menyiapkan iPhone terbaru versi murah, disebut SE (Special Edition).

Perangkat yang dinamai iPhone SE 4 itu tak bukan menjadi penerus iPhone SE 3 yang rilis pada Maret 2022.

Sesuai bocoran yang telah beredar oleh pembocor gadget Unknownz21 di Twitter, model daripada iPhone SE 4 mengusung kemiripan dengan iPhone 14.

Pernyataan ini sejalan dengan apa yang pernah di ungkapkan Ming-Chi Kuo selaku analis ternama di awal tahun 2023 ini.

Pada saat itu Ming-Chi Kuo berkata bahwa iPhone SE 4 akan hadir dengan bentangan layar 6,1 inci, serta menjadi perangkat Apple pertama yang menggunakan chip modem 5G bikinan Apple sendiri.

Disisi lain soal aspek desain, Unknownz21 juga berkata bahwa iPhone SE 4 tidak akan membawa fitur Touch ID, tetapi Face ID layaknya iPhone X.

Pada awalnya, fitur tersebut terbilang cukup mahal lantaran komponen pendukung yang digunakan. Akan tetapi seiring berjalannya waktu hal itu menjadi lebih terjangkau, sehingga bisa diterapkan pada iPhone SE.

Adapun untuk bocoran yang lainnya, iPhone SE generasi 4 akan hadir dengan kelengkapan USB type C baik untuk mengisi ulang baterai maupun transfer data. Jika hal ini benar maka perangkat tersebut menjadi yang pertama mengusung USB-C.

Masih sama seperti pendahulunya, iPhone SE 4 konon tetap dilengkapi kamera belakang tunggal, meskipun secara desain yang notabene menyerupai iPhone 14.

Menariknya lagi, iPhone SE 4 disebut-sebut akan berbekal fitur bernama ‘Action Button’, hal ini sebagaimana yang dikutip Kompas Tekno dari Macrumors, Selasa (15/8/2023).

Fitur Action Button kabarnya juga akan hadir pada iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max.

Jadi, Action Button merupakan tombol yang mampu di program oleh penggunanya, misalnya saja untuk mengaktifkan kamera, memulai stopwatch, dan lain sebagainya. iPhone SE seri 4 ini konon bakal dirilis pada 2025 mendatang.

Meski begitu, informasi yang beredar kini semuanya masih sebatas rumor, yang kepastiannya hanya baru bisa di yakini saat Apple benar-benar akan merilis secara resmi.

BACA JUGA  Harga iPhone 13 Pro Malah Naik Saat iPhone 14 Mulai Beredar

Pada awalnya, iPhone SE 4 tersebut di duga bakalan rilis pada tahun 2024 atau dua tahun setelah iPhone SE 3. Akan tetapi menurut bocoran dari firma riset Barclays, iPhone SE 4 akan diluncurkan sekitar tahun 2025 alias satu tahun lebih lambat dari perkiraan.

Alasan penundaan peluncuran iPhone SE 4 kabarnya disebabkan oleh chip modem buatan Apple yang disebut-sebut belum siap mentenagai perangkat itu. Disisi lain, chip modem tersebut juga dikabarkan baru bisa di produksi massal pada 2025 mendatang.

Kabarnya iPhone SE 4 merupakan perangkat Apple pertama yang dibekali dengan chip modem 5G buatan Apple sendiri.

Sebelumnya, Apple sendiri masih mengandalkan Qualcomm guna memberikan dukungan 5G pada perangkat-perangkatnya.

Nah, modem 5G buatan Apple sendiri inilah yang kabarnya baru di produksi pada 2025 mendatang, sehingga waktu peluncuran perangkat SE 4 juga menyesuaikan kehadiran chip tersebut.