oppo find f3 flip

OPPO N3 Flip Hadir Sebagai HP Lipat Pertama 3 Kamera

Perusahaan asal Tiongkok, yakni Oppo telah resmi telah merilis smartphone lipat terbaru mereka, yang diberi nama Oppo Find N3 Flip, di pasar China pada hari Selasa, tanggal 29 Agustus 2023. Dan kabar meneriknya,  ponsel pinta ini juga akan segera tersedia di pasar global dalam waktu yang tidak lama.

Sesuai dengan namanya, Oppo Find N3 Flip merupakan kelanjutan dari model sebelumnya, yaitu Find N2 Flip. Sebagai penerus, dipastikan jika ponsel lipat ini masih mengusung bentuk dan gaya lipatan layar seperti kerang atau biasa disebut clamshell.

Meskipun demikian, Oppo Find N3 Flip menghadirkan berbagai peningkatan, termasuk dalam aspek desain, chipset, dan juga kamera yang siap memanjakan para pengguna. Kamera pada ponsel ini kini didukung oleh teknologi dari Hasselblad, seperti yang telah diterapkan pada lini ponsel Reno 10.

“Untuk smartphone Oppo Find N3 Flip, kami menghadirkan peningkatan secara menyeluruh, yaitu gaya yang ditingkatkan, pengalaman layar sekunder yang lebih baik, dan kamera yang inovatif,” kata Pete Lau, SVF and Chief Product Officer Oppo.

Spesifikasi Oppo Find N3 Flip

Kita mulai pembahasan kali ini pada bagian luarnya, dimana Oppo Find N3 Flip mengusung layar utama AMOLED berukuran 6,8 inci di bagian dalam dengan kemampuan variable refresh rate (VRR) hingga 120 Hz. Pada bagian atas layar utama Oppo Find N3 Flip, terdapat kamera selfie yang belum ada informasi terperinci mengenai spesifikasi dari kamera tersebut.

Sementara itu untuk layar bagian luar atau cover screen masih menggunakan ukuran 3,26 inci, sama seperti saudaranya yakni Oppo Find N2 Flip. Layar cover ini sekarang dapat dipakai untuk membuka sejumlah “aplikasi mini”, seperti WhatsApp (WA), X Twitter, Google Maps, Spotify, dan Google Calendar.

Meski tidak dijelaskan secara rinci mengenai istilah “aplikasi mini” tersebut dan bagaimana perbedaannya dari aplikasi reguler, Oppo mengonfirmasi bahwa dukungan untuk aplikasi mini lainnya akan ditambahkan dalam waktu mendatang.

Selain itu, layar bagian luar ini masih dapat dipakai untuk berinteraksi dengan hewan peliharaan virtual. Peliharaan ini bukan hanya dalam format dua dimensi (2D), namun sudah mengalami peningkatan menjadi 3D (3 dimensi). Pengguna juga akan memiliki akses ke lebih banyak wallpaper dan widget untuk layar cover tersebut.

BACA JUGA  Oppo Find X5 Pro Bakal Dirilis, Punya Kamera  Hasselblad

Di sebelah layar cover ini, ada sebuah modul berbentuk lingkaran yang menampung tiga kamera belakang dari Oppo Find N3 Flip. Jika anda melihatnya dengan seksama, untuk desain modul kamera ini mengingatkan pada desain ponsel lipat OnePlus Open (yang merupakan perusahaan induk bersama Oppo).

Konfigurasi tiga kamera belakang pada Oppo Find N3 Flip meliputi kamera utama 50 MP (Sony IMX890), kamera ultrawide 48 MP, dan telephoto 32 MP, terdapat pula lampu flash LED untuk membantu pencahayaan ketika pengambilan gambar.

Pada modul kamera ini, terlihat logo “Hasselblad” yang menunjukkan kolaborasi antara Oppo dan pabrikan kamera tersebut. Ada yang menarik pada perangkat ini, di mana pada bagian sisi kiri dari Oppo Find N3 Flip kini telah dilengkapi dengan tombol “Alert Slider” yang mirip dengan yang ada pada perangkat OnePlus.

Tombol ini memiliki fungsi yang cukup penting, dimana dapat digunakan untuk mengatur mode notifikasi, yang memungkinkan pengguna dengan mudah beralih antara mode diam, dering, atau getar. Tentu keberadaan tombol ini menjadikan Oppo Find N3 Flip sebagai perangkat pertama Oppo yang memilikinya.

Oppo mengklaim bahwa engsel pada Find N3 Flip dapat bertahan hingga 400.000 kali pembukaan dan penutupan, sehingga pengguna tidak perlu khawatir. Setelah membahas mengenai bodi depannya, kini saatnya masuk pada bagian dapur pacu.

Dari segi perangkat keras, Oppo Find N3 Flip ditenagai oleh chipset MediaTek Dimensity 9200, berbeda dari Oppo Find N2 Flip yang menggunakan chipset Dimensity 9000 Plus. Chipset ini disandingkan dengan RAM yang cukup besar yakni 12 GB dan dua pilihan kapasitas penyimpanan internal, yaitu 256 GB atau 512 GB.

oppo find f3 flip

Mengenai sistem operasi serta antarmuka yang digunakan oleh Oppo Find N3 Flip masih belum terungkap, dan besar kemungkinan menggunakan versi terbaru juga. Untuk fitur pendukungnya, ponsel ini dibekali dengan pemindai sidik jari terintegrasi dalam tombol power (side-mounted), sertifikasi anti-air dengan rating IPX4, dan masih banyak lagi.

Lalu untuk menemani aktifitas pengguna, Oppo Find N3 Flip didukung dengan baterai berukuran 4.300 mAh dengan dukungan pengisian cepat 44 Watt. Oppo mengklaim bahwa dengan charger tersebut baterai dapat terisi 50 persen dalam waktu 23 menit.

BACA JUGA  Spesifikasi Samsung Galaxy A04e yang Dijual Sejutaan di Indonesia

Harga Oppo Find N3 Flip

Sebagai smartphone kelas atas, tentu harga Oppo Find N3 Flip ini dijual dengan sangat tinggi seiring dengan spesifikasi keren yang ia milikiu. Nah berikut ini kami berikan daftar harga Oppo Find N3 Flip di China :

  • Oppo Find N3 Flip (RAM 12 GB/256 GB) – 6.799 Yuan (setara Rp 14,2 juta)
  • Oppo Find N3 Flip (RAM 12 GB/512 GB) – 7.599 Yuan (setara Rp 15,9 juta)

Lantas kira-kira berapa harga Oppo Find N3 Flip saat dirilis di pasar global? Kita tunggu saja update informasinya.