Sharp Aquos R7s-1

Sharp Aquos R7s Punya Layar IGZO, Apa Itu?

Beberapa waktu lalu perusahaan Sharp telah merilis smartphone terbaru mereka bernama Sharp Aquos R7s. Terdapat aspek menarik dalam daftar spesifikasi dari ponsel terbaru Sharptersebut, salah satunya penggunaan teknologi layar IGZO OLED.

Untuk anda yang masih belum familiar, sebernarnya teknologi panel IGZO ini bukanlah hal baru, karena Sharp dan sejumlah produsen ponsel lain telah menggunakan layar tersebut sebelumnya.

Namun, yang membuat menarik pada Aquos R7S ini adalah teknologi IGZO disandingkan dengan kata OLED. Pertanyaannya adalah, apa perbedaannya dibandingkan dengan IGZO yang digunakan sebelumnya?

Sebenarnya kata IGZO ini adalah singkatan dari Indium Gallium Zinc Oxide, yang sebenarnya bukan jenis semikonduktor yang ditemukan dalam panel layar TFT (Thin-Film Transistor), melainkan jenis transistor yang ada di dalam TFT.

Dengan begini maka teknologi tersebut dapat digunakan pada berbagai jenis panel layar, mulai dari TN, VA, IPS, bahkan varian paling baru dan tertingi, yaitu OLED.

Sharp Aquos R7s

Perlu anda ketahui, Sharp menjadi vendor pertama yang berhasil melakukan produksi massal panel dengan teknologi IGZO tersebut, terutama dalam perangkat HP, tablet, dan TV. Namun, penggunaan IGZO memerlukan bahan langka seperti Indium dan Gallium, sehingga biaya produksinya cenderung tinggi dibandingkan layar biasa.

Dengan harga produksi yang mahal, IGZO memiliki keunggulan signifikan jika dibandingkan dengan panel non-IGZO, terutama dalam konsumsi daya yang sangat rendah sehingga membuat baterai lebih awet.

Konsumsi daya baterai dari panel ini dapat menjadi 80%-90% lebih rendah dibandingkan dengan teknologi lain. Hal ini dikarenakan mobilitas elektron di dalam teknologi tersebut sangat tinggi, mencapai 20-50 kali lebih cepat.

Selain konsumsi daya yang rendah, teknologi IGZO juga menawarkan waktu respon yang lebih cepat, reproduksi warna yang lebih baik, dan juga memiliki kemampuan untuk mendukung layar dengan kepadatan piksel yang tinggi namun tidak membuat konsumsi daya baterainya meningkat secara signifikan.

Jelas hal ini berbeda dengan teknologi Si-TFT yang umum digunakan dalam panel IPS, dimana teknologi tersebut memerlukan daya yang lebih besar untuk mampu mendukung pemakain layar yang memiliki kepadatan piksel yang tinggi.

BACA JUGA  Perbandingan Realme C25 vs Realme C35, Duel Smartphone Murah Spesifikasi Mewah

Singkatnya, teknologi IGZO pada panel layar ponsel milik Sharp ini memiliki kemampuan untuk menghasilkan panel layar dengan resolusi yang lebih tinggi, kecepatan yang lebih baik, dan kepadatan piksel yang lebih tinggi, tanpa memperhatikan ukuran layar. Yang penting teknologi ini juga hemat konsumsi daya baterainya.