Lebih Mudah Cara Mencari Jurnal Skripsi dengan Bing AI dan Contoh Perintahnya

Repotnya jelang skripsi itu bikin pusing, bahkan berfikir terlalu keras bisa saja jatuh sakit. Namun begitulah ujian yang harus di lewati oleh para mahasiswa semua.

Nah, teknologi mengenalkan kita pada hal-hal baru nan canggih. Bukan sekedar dari segi hiburan, namun membantu dalam menyiapkan skripsi pun sekarang ada.

Sebut saja Bing AI, yang merupakan program chatbot Artificial Intelligence (AI) berbasis Language Model buatan Microsoft, serta mempunyai kemampuan utama yakni menjawab dan menanggapi beraneka ragam pertanyaan atau perintah si pengguna.

Bing AI ini telah terintegrasi dengan search engine “BING”. Pengintegrasian inilah yang membuat Bing Chat berperan layaknya mesin pencari. Sehingga Bing Chat bisa mengolah informasi terkini yang di ambil dari hasil jelajah website.

Dengan kemampuan inilah Bing AI bisa di manfaatkan dalam membantu berbagai aktivitas para pengguna. Salah satunya itu bisa di manfaatkan untuk mencari jurnal akademis yang digunakan sebagai referensi dalam menyusun tugas skripsi atau karya ilmiah lainnya.

Pengguna bisa memerintahkan Bing AI tersebut untuk mencari serta mengumpulkan jurnal akademis yang ada di Internet. Selama proses penyusunan skripsi, jurnal ilmiah biasa di gunakan untuk menemukan pola penelitian yang pernah dilakukan peneliti sebelumnya.

Kemudian, jurnal ilmiah juga kerap kali digunakan untuk menemukan unsur perbedaan dan pembaruan penelitian dalam skripsi. Lantas, bagaimana cara untuk mencari jurnal skripsi itu sendiri dengan memanfaatkan kecanggihan Bing AI ini?

Cara untuk mencari jurnal skripsi dengan Bing AI cukup mudah, pengguna hanya perlu memasukkan perintah yang tepat ke Bing AI agar bisa mencari jurnal sesuai dengan keinginan. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah penjelasan tentang cara mencari jurnal skripsi dengan menggunakan Bing AI.

Cara Mencari Jurnal Skripsi dengan Bing AI

  • Buka aplikasi Microsoft Edge terbaru yang ada di dekstop, dan jangan lupa pastikan telah login akun.
  • Lalu, klik ikon Bing yang terletak di pojok kanan atas halaman aplikasi Microsoft Edge. Nantinya akan muncul jendela interaksi dengan Bing AI.
  • Pada jendela yang telah muncul, pilihlah opsi “Chat” dan ketikkan teks perintah atau prompt pada Bing AI untuk mencari jurnal yang berkaitan dengan tema atau topik tertentu.
  • Kirim Prompt dan tunggu beberapa saat kemudian, hingga Bing AI menyajikan beberapa jurnal yang sesuai dengan perintah.
  • Nah, jika sudah pengguna bisa langsung membuka tautan jurnal yang disajikan oleh Bing AI.
BACA JUGA  Cara Tambah RAM 8GB di OPPO A77s

Bagaimana? Cukup mudah tentunya mencari jurnal untuk skripsi dengan Bing AI ini. Perlu diketahui juga, agar Bing AI bisa menghasilkan tanggapan yang sesuai maka pengguna perlu memasukkan prompt dengan details.

Adapun beberapa contoh prompt Bing AI yang bisa digunakan mencari jurnal skripsi yakni sebagai berikut:

Contoh Prompt Bing AI untuk Mencari Jurnal Skripsi

  • Tolong carikan beberapa jurnal tentang “ABCD”. Jurnal itu harus bisa di akses secara gratis.
  • Tolong sajikan beberapa jurnal terbaru tentang “ABCD” yang bisa di akses secara publik.
  • Tolong sajikan beberapa jurnal internasional keluaran lima tahun terakhir yang membahas tentang “ABCD”, dan harus bisa di akses secara publik.

Nah, itulah beberapa contoh prompt Bing AI yang bisa digunakan mencari jurnal untuk skripsi. Dengan memanfaatkan kemampuan Bing AI ini, proses pencarian jurnal skripsi tentu lebih mudah. Namun, meskipun demikian Bing AI sejatinya tetap saja mempunyai keterbatasan dalam menjawab.

Penting untuk dicatat, Bing AI masih mempunyai potensi menyajikan jawaban atau tanggapan yang bahkan kurang akurat. Oleh sebab itulah, sebaiknya pengguna tidak langsung menerima begitu saja informasi yang disajikan oleh Bing Chat.