oppo reno 10 5g

OPPO Reno 10 5G Hadir dengan Body Ringain Kinerja Handal

Ada kabar terbaru yang menyebutkan, jika dalam waktu dekat ini pihak Oppo akan segera merilis smartphone terbaru mereka dari seri Oppo Reno 10 di Indonesia.

Nah sebelum menyambut peluncuran resminya, pihak Oppo pun memperlihatkan tampilan dari Oppo Reno 10 5G dalam acara di Sentosa Senayan, Jakarta Pusat, pada hari Kamis (13/7/2023) kemarin.

Baskoro Adiwiyono, Kepala PR Oppo Indonesia, menyatakan bahwa seri Reno yang akan hadir Indonesia dalam waktu dekat ini akan mewarisi spesifikasi unggulan dari pendahulunya, yakni Oppo Reno 9 series. Hal ini pun sudah bisa dilihat pada aspek desain, kamera, serta chipset yang digunakannya.

“Oppo Reno 10 5G kali ini punya tren desain yang stylish dan kami ingin menghadirkan perangkat yang powerful dan desain yang premium,” kata Baskoro dikutip dari laman KompasTekno.

Sejumlah awak media telah diberikan kesempatan untuk “menjajal” kemampuan dari calon ponsel kelas menengah atas tersebut. Dan berikut ini kami rangkumkan ulasannya.

Desain Bodi

OPPO Reno 10 5G diketahui memiliki ketebalan bodi mencapai 7,99 mm dengan bobor mencapai 185 gram. Ketika pertama kali digenggam, perangkat terasa ringan, tipis, dan nyaman di tangan.

Pada bagian punggungnya, OPPO Reno 10 5G ini telah mendapat lapiasan dari teknologi Oppo Glow, sehingga membuatnya bebas dari noda sidik jari penggguna. Pada permukaan belakang bodinya terasa halus namun tetap memberikan sedikit kekasaran sehingga menjadikanya tidak licin ketika digenggam.

Namun, terdapat perbedaan pada tekstur belakang antara varian Ice Blue dan Silver Grey. Untuk varian Ice Blue memiliki tekstur yang lebih kesat pada bagian punggunga, sementara varian Silver Grey terasa lebih licin.

Bagian bodi belakang OPPO Reno 10 5G ini juga menghasilkan warna yang berbeda. Untuk Ice Blue mampu memantulkan gradasi warna biru, pink, kuning dann ungu. Lalu unutk varian Silver Grey terdapat aksen gliter saja, tidak bisa memantulkan warna gradasi lain.

BACA JUGA  OPPO A77s Hadir di Indonesia dengan Sederet Spek Unggulan Harga Rp 3 Jutaan

Desain kamera

Berpindah pada bagian bodi belakangnya, khususnya sisi fotografi. Desain punggung Oppo Reno 10 5G juga serupa dengan versi globalnya, dimana hp android ini memiliki modul kamera lonjong atau elips yang menjadi perbedaan utama dengan pendahulunya.

Modul tersebut digunakan sebagai rumah dari tiga kamera belakang yang siap memanjakan para pengguna. Ada juga LED flash yang digunakan sebagai fitur pencahayaan apabila digunakan memfoto objek yang minim cahaya.

Sayangnya mengenai konfigurasi OPPO Reno 10 5G belum diketahui, hanya saja nBaskoro menyampaikan jika ponsel ini membawakan peningkatan pada bagian fotografinya.

“Akan ada perbedaan konfigurasi kamera belakang. Sebagai Portrait Expert, kami ingin memastikan bahwa konsumen bisa mendapatkan fitur-fitur yang premium dan bisa menjangkau masyarakat, khususnya pengguna yang menggunakan ponsel untuk bereskperimen foto dan video,” kata Baskoro.

Lalu untuk bagian depannya, Oppo Reno 10 5G menampilkan layar AMOLED 6,7 inci dengan desain melengkung (curved screen) di sisi kanan dan kiri. Hp android juga ini memiliki rasio screen-to-body sebesar 93 persen yang membuat tampilan layarnya nampak begitu luas.

“Ukuran layar utama dari Oppo Reno 10 5G ini memiliki ukuran bezel yang nyaris tidak terlihat. Hal ini menghadirkan pengalaman menggunakan smartphone dengan sensasi yang ditingkatkan dan pengalaman menonton video yang lebih imersif,” imbuh Baskoro.

Sebagai rumah kamera depannya, OPPO Reno 10 5G mengusung konsep poni punch hole dibagian atas layar. Untuk resolusi kamera depanya pun juga masih dirahasiakan.

Perlu anda ketahui, sebelumnya Oppo Reno 10 5G telah dirilis secara global pertama kali pada tanggal 10 Juli di Malaysia kemarin. Belum ada informasi apakah ada perbedaan spesifikasi dengan versi Reno 10 5G yang bakal rilis di Indonesia mendatang atau tidak.

Spesifikasi Oppo Reno 10 5G

Untuk tambahan informasi, mengenai Oppo Reno 10 5G versi global yang rilis di Malaysia kemarin hadir dengan memakai layar AMOLED berukuran 6,74 inci dengan resolusi Full HD Plus dan refresh rate 120 Hz.

BACA JUGA  Harga Vivo V25e di Indonesia yang Dilengkapi RAM Hingga 20GB

Layar dari Oppo Reno 10 5G ini juga memiliki konsep lengkungan (3D Curved) di kedua sisinya, serta dilengkapi dengan fitur keamanan berupa pemindai sidik jari yang diletakkan di bawah layar (in-display fingerprint scanner).

Untuk fotografinya, Oppo Reno 10 5G datang dengan konfigurasi triple camera, yaitu kamera utama 64 MP, kamera ultra wide 8 MP, dan kamera telefoto 32 MP (2x optical zoom, 20x digital zoom). Sedangkan untuk kamera depannya, memiliki resolusi 32 MP (f/2,4).

Masuk pada bagian dapur pacunya, Oppo Reno 10 5G versi global di Malaysia kemarin ditenagai oleh chipset MediaTek Dimensity 7050, dengan kombinasi RAM 8 GB dan memiliki penyimpanan internal 256 GB.

Untuk menemani aktifitas pengguna, smartphone tersebut didukung dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh dan memiliki fitur fast charging SuperVOOC 67 watt. Tentu spesifikasi ini berbeda dengan Oppo Reno 10 5G yang rilis di China beberapa waktu lalu.

Dimana Oppo Reno 10 5G dibekali dengan chipset Snapdragon 778G, memiliki baterai berkapasit6as 4.600 mAh, serta menggunakan fast charging SuperVOOC 80 watt. Selebihnya untuk spesifikasi lainnya masih sama.

Oppo Reno 10 5G dilengkapi dengan fitur dukungan 5G, NFC, serta sudah berjalan pada sistem operasi terbaru yakni Android 13 dengan antarmuka OneUI 13.1. Ada juga  fitur konektivitas seperti Bluetooth 5.3 dan port USB Type-C.

Dikutip dari KompasTekno, jika Oppo Reno 10 5G ini sudah muncul di laman Postel Ditjen SDPPI Kominfo. Ponsel tersebut lolos sertifikasi TKDN Kemenprin yang menjadi indikasi awal kedatangannya di Indonesia sebentar lagi.