Nokia g42

Nokia G42 Rilis dengan Kutipan Bisa Perbaiki Sendiri di Rumah, Ini Jelasnya!

HMD Global, selaku perusahaan yang memiliki lisensi smartphone Nokia, kembali merilis smartphone terbaru mereka yang menggunakan nama Nokia G42. Sesuai namanya, smartphone terbaru ini masuk dalam keluarga Nokia G-series.

Yang menjadi salah satu daya tarik dari Nokia G42 ini adalah kemampuannya untuk diperbaiki secara mandiri oleh pengguna di rumah, bahkan termasuk masalah penggantian baterai maupun layar ponsel yang rusak atau mengalami penurunan performanya.

Dengan adanya kemampuan ini, pihak HMD Global berharap umur perangkat dapat lebih panjang. Pihak perusahaan menjalin kerja sama dengan iFixit, sebuah komunitas yang ahli dalam membongkar dan memperbaiki berbagai gadget.

Nantinya pihak iFixit akan menyediakan panduan, alat, hingga komponen yang diperlukan untuk memperbaiki Nokia G42, sama seperti yang dilakukan pada Nokia G22 sebelumnya.

Yang menariknya lagi, pihak HMD Global juga menyebutkan jika casing dari Nokia G42 ini terbuat dari 65 persen bahan daur ulang. Selain itu, Nokia G42 juga telah melewati pengujian benturan dua kali lebih banyak dan menggunakan metode pengujian tekan baru, sehingga diklaim memiliki ketahanan yang lebih bagus dibandingkan perangkat sebelumnya.

Spesifikasi Nokia G42

Untuk anda yang penasaran dengan spesifikasinya, Nokia G42 hadir dengan menggnakan panel IPS LCD berukuran 6,56 inci serta memiliki resolusi HD Plus (1.612×720 piksel) dengan rasio 20:9. Layar perangkat ini mendukung 16,7 juta warna dengan kepadatan piksel 269 piksel serta memiliki tingkat kecerahan maksimum 500 nits.

Sebagai fitur keamanannya, layar Nokia G42 dilindungi oleh kaca pelindung Corning Gorilla Glass 3 yang menjaganya dari goresan maupun benturan. Sementara itu pada bagian atas layar terdapat poni berbentuk V yang digunakan sebagai rumah kamera depan berukuran 8 MP atau 16 MP.

harga Nokia g42

Ada Kemungkinan jika setiap wilayah penyebaran Nokia G42 ini memiliki varian kamera depan yang berbeda. Lalu pada bagian belakang, Nokia G42 dilengkapi dengan tiga sensor kamera, yaitu kamera utama 50 MP (f/1.8), kamera makro 2 MP, dan kamera depth sensor 2 MP.

BACA JUGA  Download Remini Pro di HP Android

Masuk pada bagian dapur pacunya, Nokia G42 hadir dengan menggunakan chipset Snapdragon 480 Plus 5G. Meskipun chipset ini tergolong dalam kelas bawah, akan tetapi pihak Nokia mengklaim jika perangkat ini mampu menangani berbagai tugas dengan lancar.

Untuk mendukung performanya, Nokia G42 memiliki pilihan kombinasi RAM dan penyimpanan, yaitu 4 GB / 128 GB atau 6 GB /128 GB. Jika dirasa penyimpanan internal tersebut masih kurang, ponsel ini dibekali dengan slot microSD yang bisa anda manfaatkan nantinya.

Sebagai smartphone baru, Nokia G42 ini dibekali dengan sistem operasi paling baru juga yakni Android 13. Pihak Nokia pun berjanji akan memberikan pembaruan sistem operasi selama dua tahun, serta mereka  juga akan memberikan peningkatan keamanan setiap bulan selama tiga tahun.

Untuk menemani aktifitas pengguna sehari-hari, Nokia G42 didukung didukung dengat baterai berukuran 5.000 mAh serta memiliki fitur fast charging 18W. Pihak Nokia pun mengklaim jika daya baterai ponsel tersebut mampu bertahan selama tiga hari.

Sebagai fitur pelengkapnya, Nokia G42 ini dibekali dengan fitur seperti konektivitas 5G, 4G LTE, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/ax-ready, Bluetooth 5.1, NFC, serta fitur GPS.

Harga Nokia G42

Untuk anda yang penasaran dengan harga Nokia G42, ponsel ini dijual senilai 249 Euro (sertara Rp 4 jutaan) untuk varian RAM 6 GB / 128 GB. Ponsel ini memiliki dua varian warna yakni So Purple dan So Grey.

Sayangnya belum ada informasi apakah Nokia G42 ini bakalan dipasarkan diluar Eropa apa tidak, jadi kita tunggu saja informasi selanjutnya.