Cara Main Game Tanpa Lag di Samsung Galaxy A34

Samsung resmi merilis Galaxy A34 5G pada Maret 2023 lalu, dimana smartphone ini digadang sebagai ponsel pintar kelas menengah (mid-range) yang serba bisa.

Perangkat tersebut dapat diandalkan untuk melakukan berbagai aktivitas, yakni mulai dari chatting, bermedia sosial, membuat konten, streamingan, mendengarkan musik hingga bahkan gaming.

Dari semua kegiatan mobile tersebut, gaming merupakan salah satu aktivitas paling sering dilakukan oleh sebagian besar pengguna smartphone. Bahkan Indonesia disebut berada pada posisi kedua di dalam daftar negara dengan pengguna internet paling banyak terlebih untuk bermain game.

Guna untuk meningkatkan pengalaman gaming agar lebih imersif, Samsung sendiri telah menyematkan berbagai teknologi pada perangkatnya tersebut. Adapun salah satunya yakni refresh rate 120 Hz dengan Touch Sampling Rate 240 Hz yang mempunyai dukungan 16 juta warna.

Refresh Rate adalah spesifikasi pada komponen panel yang berguna untuk mengukur seberapa sering sebuah frame (gambar) pada layar di update (refresh) dalam setiap detiknya.

Angka refresh rate secara umum terbagi menjadi beberapa tingkat, yakni refresh rate 60 Hz, 90 Hz, serta 120 Hz. Semakin tinggi refresh ratenya maka akan semakin mulus transisi gambar.

Nah, pada perangkat Samsung Galaxy A34 5G menawarkan refresh rate dengan besar hingga 120 Hz sehingga memberikan pengalaman scrolling lebih soft entah streaming atau melihat media sosial.

Kendati menawarkan pilihan refresh rate cukup standar, hanya 60 Hz namun pengguna bisa beralih ke refresh rate versi 120 Hz agar menghasilkan gambar imersif, termasuk saat gaming. Setting refresh rate tersebut dapat diterapkan dengan langkah-langkah berikut:

  • Buka Pengaturan/ Setting pada perangkat
  • Pilih Display atau Layar
  • Klik ‘Motion Smoothness’ dibagian bawah
  • Pilih opsi ‘High’ untuk merasakan tampilan dengan refresh rate 120 Hz

Sebagai informasi, pengaturan tersebut akan menunjukkan simulasi perbandingannya antara refresh rate 60 Hz untuk tampilan default dan 120 Hz yang menawarkan pengalaman menggulir lebih soft.

Disamping tentang refresh rate, pengguna juga bisa mengaktifkan Eye Comfort Shield guna memfilter blue light. Pengaturan itu bisa membantu dalam mengurangi ketegangan mata saat bermain game dengan durasi waktu cukup lama.

BACA JUGA  Samsung Galaxy S22 Indonesia Bakal Pakai Snapdragon 8 Gen 1

Selanjutnya pengguna juga bisa mengaktifkan Game Booster. Caranya cukup dengan membuka aplikasi Game Launcher dari App Drawer. Ketuk Ikon garis tiga yang berada di pojok kanan bawah, lalu pilih ‘Game Booster’ kemudian ‘Game Optimisation’. Kamudian jangan lupa pilih ‘Battery Saver’.

Deretan teknologi mutakhir penunjang gaming Samsung ini juga sematkan beberapa teknologi modern dan mutakhir agar mampu memberikan tampilan permukaan layar terbaik pada Galaxy A34 5G.

Adapun fitur yang dimaksud adalah Vision Booster yang mampu meningkatkan kualitas kecerahan (brightness) layar ke angka 1.000 nits di mode High Brightness (HBM).

Teknologi tersebut dapat menyesuaikan tingkat kecerahan layarnya dengan pencahayaan sekitar. Dengan begitu maka tampilan game dilayar tetap tampak jelas meskipun dimainkan diluar ruangan alias outdoor.

Untuk informasi, Samsung Galaxy A34 5G telah dibekali dengan teknologi panel AMOLED seluas 6,6 inci yang melegakan sekali karena lebar sehingga puas saat bermain game. Dengan dukungan resolusi FHD+ (1.080 x 2.340 piksel), maka akan menciptakan tampilan game maksimal.

Selebihnya, Samsung juga telah menyematkan chipset terbarunyaitu MediaTek Dimensity 1080 yang telah menggunakan manufaktur 6 nm. Lalu semua itu dipadukan dengan kapasitas RAM 8 GB dan penyimpanan media 128 GB atau pilihan lebih besar dengab 256 GB.

Bahkan chipset tersebut dapat meningkatkan performa smartphone, saat streaming, berselancar internet hingga bahkan saat gaming.

Semua spesifikasi itu membuat Samsung Galaxy A34 5G mengalami peningkatan graphic processing unit (GPU) sebesar 14 persen dan central processor unit (CPU) sebesar 17 persen apabila dibandingkan dengan pendahulunya.

Smartphone Galaxy A34 5G ini ditopang dengan baterai kapasitas besar 5000 mAh dengan dukungan pengisian cepat alias fast charging 25 watt. Berkat teknologi ini, baterai smartphone Samsung tersebut dapat terisi hingga 50 persen hanya dalam waktu 30 menit.

Untuk informasi lengkapnya mengenai produk Samsung Galaxy A34 5G, bisa klik tautan disini