Kirim Foto di WhatsApp Kini Semakin Bagus Kualitasnya

Pengguna Whatsapp tentu pernah merasa kesal saat mengirim foto karena kualitasnya yang begitu-begitu saja. Untuk mendapatkan hasil tetap bagus, pengguna harus mengirim foto dalam bentuk dokumen.

Bisa dibilang mengirim foto dengan kualitas tinggi melalui aplikasi hijau tersebut susah-susah gampang. Namun kabar gembira kali ini bahwa WhatsApp akan menggulirkan fitur yang memungkinkan para pengguna dapat mengirimkan foto dengan kualitas HD.

Kabar ini sebetulnya sudah ramai sejak beberapa hari lalu, dan tentunya banyak pengguna setia tak sabar menanti. Katanya, dengan fitur terbaru ini pengguna bisa mengirimkan foto HD berkualitas tinggi, dimana tetap terjaga dimensi dan resolusinya.

Dengan kata lain tak perlu lagi harus mengirim foto dalam bentuk dokumen karena khawatir kualitas yang akan menurun lantaran terkompres.

Fitur yang di maksud sudah tersedia untuk versi beta tester bagi yang telah mengunduh WhatsApp Beta untuk Android versi 2.23.12.13 dan WhatsApp Beta untuk pengguna iOS versi 23.11.0.76.

Berdasarkan dari screenshot yang di unggah oleh WABetaInfo, pengguna yang hendak berkirim foto dengan kualitas HD harus menekan tombol ‘HD’ yang ada di bagian atas layar, berada di sebelah tombol crop.

Dikatakan oleh WABetaInfo, bahwa opsi tersebut hanya akan muncul apabila pengguna memilih foto yang ukurannya besar.

Pada kesempatan ini pihak Whatsapp juga menyediakan opsi standart quality sebagai pilihan default untuk jenis foto apapun. Artinya pengguna wajib banget memilih ‘HD’ apabila ingin mengirimkan foto dengan kualitas oke.

Nantinya foto yang dikirim dengan kualitas HD akan ditandai dengan ikon ‘HD’ pada foto, sehingga penerimanya mengerti bahwa foto tersebut dikirim dengan menggunakan fitur terbaru.

Akan tetapi yang perlu diingat disini, ada beberapa hal yang perlu di perhatikan. Berdasarkan keterangan WABetaInfo, fitur baru tersebut tidak dirancang untuk mengirimkam foto dengan kualitas original.

Memang, fitur ini bisa menjaga dimensi foto, akan tetapi WhatsApp tetap harus melakukan kompresi ringan. Demikian seperti dilansir Detik Inet dari WABetaInfo, Kamis (8/6/2023).

BACA JUGA  Fitur Baru WhatsApp Bisa Kembalikan Pesan yang Terhapus

Juga, fitur ini amat terbatas hanya untuk foto yang dibagikan di dalam chat saja. Artinya, opsi mengirimkan foto dengan kualitas HD tidak tersedia untuk story. Selain itu pengguna juga belum bisa mengirimkan video dengan kualitas tinggi terkecuali sebagai dokumen.

Opsi mengirim foto dalam bentuk kualitas HD baru tersedia untuk ‘Beta Terster’ WhatsApp. Sementara untuk seluruh pengguna, fitur ini baru akan dirilis dalam waktu beberapa minggu kedepan.