Sudah Tenggelam Setahun Tapi iPhone Ini Masih Bisa Digunakan

Sebuah kejadian langka terjadi di kotq Madison, Wisconsin, negara bagian Amerika Serikat (AS). Salah seorang penyelam dari komunitas Four Lakes Scuba Club lantas menemukan sebuah iPhone yang tenggelam di dasar Danau Mendota (Mendota Lake).

Berdasarkan informasi yang dilaporkan tersebut, iPhone yang tak sekaligus disebutkan jenisnya itu telah setahun lamanya tenggelam. Menariknya selama itu tenggelam, perangkat milik Apple tersebut masih berfungsi.

Four Lakes Scuba Club sendiri merupakan sebuah komunitas salam yang cukup populer lantaran operasi pembersihan lingkungan di Danau Mendota. Selama masa pembersihan itu mereka seringkali menemukan ponsel-ponsel milik para wisatawan yang tenggelam disana.

Melansir dari KompasTekno, Rabu (7/6/2023), pada saat pertama kalinya iPhone ditemukan memang dalam keadaan mati total. Tidak diketahui apakah perangkat itu masih berfungsi dengan baik atau tidak.

Alhasil guna mengetahui iPhone itu masih bisa berfungsi dengan baik atau tidak, tim penyelam pun mencoba mengisi daya baterai.

“Kami kerap menemukan ponsel dan selalu mengisi daya untuk mengecek fungsi perangkat dan mengembalikannya kepada pemilik,” tutur President komunitas The Four Lake Scuba Club yakni Ellen Evans.

Hal mengejutkan tak terkira, siapa sangka iPhone itu menyala dan menampilkan notif tentang baterai perangkat yang tadinya kosong tengah terisi.

Sementara layarnya menampilkan ikon petir serta colokan kabel Lightning. Artinya, itu menunjukkan bahwa baterai tengah terisi daya.

Dikatakan oleh Ellen Evans bahwa layar iPhone yang menyala membuat seluruh tim terkejut dan tak habis pikir. Notifikasi tersebut menandakan bahwa perangkat masih bisa berfungsi.

Begitu melihat hasilnya, anggota komunitas langsung melaporkan informasi itu kepada pihak berwenang guna membantu dalam pencarian data pemilik, agar bisa mengembalikan perangkatnya.

Detektif dari wilayah setempat pun turut mencoba mencari tahu data dari pemilik perangkat Apple tersebut. Namun ternyata informasi data pribadi dari sang pemilik itu masih tersimpan dengan aman dalam storage.

Diketahui, pengguna atau pemilik iPhone itu bernama Ellie Eisenberg. Pihak kepolisian langsung menghubungi pemilik untuk menginformasikan jika iPhone miliknya tengah ditemukan di Danau Mendota, dan masih bisa berfungsi dengan cukup baik.

BACA JUGA  Internetan Lancar, Begini Cara Setting APN XL

Kabar itu tentu saja sesuatu yang menggembirakan bagi Eisenberg yang sontak terkejut. Terlebih tak mengira jika iPhone miliknya masih bisa berfungsi dengan baik padahal sudah tenggelam lama sekitar satu tahun.

Diceritakanlah oleh Eisenberg secara singkat, pada saat itu tepatnya pada musim panas (Juni – September) 2022 ia bersama teman-temannya pergi untuk vacation di danau itu.

Disana mereka menggunakan perahu bermotor untuk berkeliling Danau Mendota. Lalu tanpa sengaja menjatuhkan iPhone nya sendiri ke dalam danau.

“Ponsel saya jatuh dari perahu tahun lalu. Saya pikir ponselnya sudah hilang, lalu saya mendapat panggilan (dari kepolisian), dan ini dia (iPhone saya ditemukan),” pungkasnya saat diwawancarai oleh media lokal.

Merujuk pada gambar iPhone yang tengah di lakukan charge, beberapa pihak berpendapat jika perangkat itu merupakan iPhone 12 Pro atau iPhone 13 Pro. Hal itu karena ponsel tersebut memiliki material baja anti karat pada bagian sampingnya.

Sayangnya detail lain mengenai produk tersebut tidak di umbar secara gamblang oleh pihak komunitas, pemilik atau kepolisian.

Adanya pemberitaan ini sejumlah pihak heran dan takjub dengan ketangguhan iPhone yang masih berfungsi baik bahkan sudah terendam air selama setahun.

Dengan kata lain hal ini mengindikasikan bahwa smartphone Apple tersebut merupakan perangkat yang terbilang kuat.