Akhirnya Microsoft Matikan Cortana yang Selama Ini Dampingi Windows

Kabar baru, Microsoft bakal akhiri dukungan untuk asisten virtual Cortana di Windows. Hal itu datang hanya beberapa minggu usai Microsoft mengumumkan Windows Copilot, yakni asisten berbasis kecerdasan buatan yang lebih pintar.

Microsoft juga mengatakan bakal berhenti untuk mendukung Cortana di Windows sebagai aplikasi terpisah, demikian dalam halaman dukungannya. Nantinya dukungan untuk Cortana akan di hentikan jelang akhir tahun 2023. Akan tetapi untuk jadwal spesifikasinya tidak di ungkapkan.

“Kami tahu bahwa perubahan ini dapat mempengaruhi cara kalian bekerja di Windows, jadi kami ingin membantu kalian transisi dengan lancar ke opsi baru,” ucap Microsoft dalam halaman dukungannya, mengutip dari Windows Central, Sabtu (3/6/2023).

“Alih-alih klik ikon Cortana dan membuka aplikasi untuk mulai menggunakan suara, kini kalian bisa menggunakan suara dan memenuhi kebutuhan produktivitas kalian lewat tools yang berbeda,” lanjutnya.

Namun dengan dimatikannya Cortana tak membuat kejutan besar. Bahkan dalam event Build Mei kemarin, Microsoft mengumumkan jika Windows akan mempunyai asisten yang berbasis AI bernama Copilot dengan mengandalkan teknologi ChatGPT.

Windows Copilot bukan saja bisa menjalankan fungsi-fungsi yang pernah ada di Cortana sebelumnya. Akan tetapi asisten AI ini mempunyai kemampuan lain yang lebih cerdas seperti merangkum konten, mengajukan pertanyaan, mengatur pengaturan komputer, menulis ulang sebuah teks, dan lain-lain.

Microsoft sendiri pertama kali merilis Cortana pada tahun 2015 yang diberi nama Windows 10, memungkinkan pengguna untuk mengatur pengingat, membuka aplikasi serta mengajukan pertanyaan dengan menggunakan perintah suara.

Sayangnya beberapa tahun terakhir Microsoft mulai menyingkirkan Cortana dari Windows secara perlahan. Terlebih sejak Windows 11 dirilis, asisten digital itu sudah menghilang dari taskbar dan tak lagi muncul pada perangkat saat pertama kali di aktifkan.

Perusahaan yang di gawangi Bill Gates tersebut lantas turut mematikan aplikasi Cortana di iOS dan Android pada tahun 2020 serta menghentikan dukungan Cortana di headphone Surfaces dan perangkat yang lainnya.

Belum diketahui kapan Microsoft bakal mematikan Cortana pada Windows. Namun yang pasti mereka telah menegaskan bahwa Cortana masih akan hidup di Outlook mobile, Teams Display, Teams Room, dan Microsoft Teams.