charge smartphone

Boleh Saja Charge HP Sampai 100%, Tapi…

Banyak informasi yang beredar jika sebenarnya kita hanya dibolehkan untuk mengisi daya baterai hp sampai 80% saja. Hal ini bertujuan supaya baterai smartphone tetap sehat dan awet nantinya.

Informasi ini pun terus beredar dari mulut ke mulut dan banyak orang yang mempercayainya. Lantas faktanya, apakah benar demikian? Apakah kita boleh mengeces baterai hingga 100%? Jawabannya bisa boleh, dan tidak.

Dikutip dari laman Android Central, jika sebenarnya tidak bagus jika kita mengisi daya baterai hingga penuh 100% untuk perangkat yang menggunakan jenis baterai Lithium yang banyak digunakan saat ini. Namun ada fakta yang tak banyak orang tahu, jika sebenarnya pada perangkat yang memberikan keterangan baterai 100%, itu tidak benar-benar terisi penuh.

Terlebih saat ini sudah banyak ponsel yang dibekali dengan teknologi smart system untuk urusan pengisian daya tersebut. Di mana komponen ini merupakan sirkuit khusus atau manajemen daya yang mampu mengendalikan arus keluar masuk pada smartphone supaya baterai bisa terisi secara efisien.

charge smartphone

Akan tetapi dengan adanya teknologi tersebut bukan berarti anda bisa mengisi daya ponsel malam hari, dan ditinggal tidur lalu dilepas pada saat pagi hari. Pasalnya hal tersebut bisa menyebabkan overheat, kondisi dimana baterai ponsel mengalami panas berlebih yang paling fatal bisa menyebabkan ledakan pada perangkat.

Maka dari itu, pastikan ketika anda mengisi daya ponsel itu tidak dalam kondisi tidur. Sehingga bisa terus memantau apakah daya ponsel sudah cukup untuk beraktifitas kembali atau belum.

Nah dari pernyataan diatas maka dapat ditarik kesimpulan, jika tidak ada salahnya jika anda mengisi daya baterai hp hingga 100%. Sehingga tidak perlu mencabutnya ketika presentase masih menunjukkan angka 80%.

Yang tidak dibolehkan adalah mengisi daya baterai malam hari, lalu ditinggal tidur karena itu sangat berbahaya. Beberapa smartphone baru saat ini dibekali fitur baru untuk anda yang hobi mengisi baterai di malam hari.

Di mana ada fitur bernama Night Charging yang bisa mengisi daya baterai ponsel secara perlahan menyesuaikan jam tidur dari pemiliknya. Pengisian dayanya pun hanya sampai 80% saja pada saat anda bangun tidur, dan akan kembali ke pengaturan normal ketika anda sudah terbangun.