Cara Balas Pesan di Instagram dengan Mudah

Cara Balas Pesan di Instagram

Cara balas pesan di Instagram sangat mudah dan singkat, hal tersebut menjadi faktor pendukung fakta terkini yang menunjukkan bahwa Instagram menjadi media sosial yang cukup populer di kalangan masyarakat.

Sehingga, banyak orang yang mencari cara berinteraksi dengan orang lain melalui Instagram. Terutama melalui fitur pesan pribadi di Instagram. Akan tetapi, tidak semua orang mengetahui cara berbalas pesan melalui Instagram. Maka dari itu, berikut ini penjelasan seputar Instagram  untuk Anda.

Apa itu Instagram?

Sebelum membahas tentang cara balas pesan di Instagram Anda terlebih dahulu harus memahami apa itu Instagram?. Instagram adalah aplikasi seluler berbasis iOS, Android, dan Windows Phone yang memungkinkan pengguna untuk mengambil, mengedit, dan memposting foto dan video ke Instagram dan beranda jejaring sosial lainnya.

Foto dan video yang dibagikan nantinya akan muncul di feed orang lain yang mengikuti Anda. Pengikut atau mengikuti adalah sistem pertemanan yang dibangun oleh Instagram. Mengikuti berarti Anda mengikuti pengguna, sedangkan pengikut berarti pengguna lain yang mengikuti Anda.

Maka dari itu, artikel tentang cara balas pesan di Instagram ini akan membantu pengguna yang mengikuti atau  Anda ikuti untuk berinteraksi lebih dekat, bukan hanya sekedar like dan komen. Selain itu, setiap pengguna yang telah mengikuti akun Instagram pengguna lain akan menerima update aktivitas akun instagram yang Anda ikuti di beranda.

Instagram pada awalnya dikembangkan oleh sebuah startup bernama Burbn, Inc, yang dipimpin oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger. Di tangan keduanya, Instagram berhasil membuat raksasa media sosial Facebook bertekuk lutut hingga siap membelinya seharga $1 miliar, yang berlangsung pada 9 April 2012. 

Pengertian DM Instagram

Apa itu DM? Istilah ini tentunya sudah sering kita dengar dan untuk memahami cara balas pesan di Instagram Anda perlu tau apa itu DM?. Meskipun, istilah DM itu sendiri biasanya banyak digunakan untuk menggambarkan hampir semua aplikasi yang berhubungan dengan pengiriman pesan.

DM sendiri merupakan singkatan dari “direct messenger” atau “pesan langsung” dalam bahasa Indonesia. DM memungkinkan Anda mengobrol dengan seseorang, baik itu teman dekat atau orang asing di negara lain.

Mungkinkah bertemu dengan teman lama dan bertukar nomor jika tidak ada aplikasi yang menawarkan DM? Inilah salah satu alasan kenapa perlu tahu cara membalas DM di Instagram. Hal tersebut akan sangat mempermudah komunikasi Anda dengan pengguna Instagram lainnya.

Terlebih lagi cara balas pesan di Instagram sudah mengenal berbagai fitur yang sangat menarik. Mulai dari tampilan obrolannya sampai pada koleksi emoji yang membuat perbincangan semakin hidup. DM Instagram akan membuat komunikasi seolah nyatal

BACA JUGA  Smartphone Gaming Nubia Red Magic 8 Pro Hadir dengan Fast Charging 165W

Anda juga dapat melakukan panggilan video melalui DM. Jadi, tidak terbatas pada teks DM saja. Akan tetapi dapat lanjut ke video call, bahkan setiap pengguna juga bisa membuat grup obrolan tersendiri bersama pengguna lainnya.

Kelebihan Instagram di Antara Sosial Media Lain

Untuk lebih memahami Instagram secara lengkap, Anda perlu mengetahui keunggulan Instagram dari pada media sosial populer lainnya. Berikut beberapa alasan mengapa media sosial Instagram lebih baik dari media sosial lainnya:

1.     Setting Akun Pribadi

Saat Anda menerapkan akun pribadi, profil Instagram Anda akan terkunci dan hanya dapat terpantau oleh orang yang Anda ikuti dengan persetujuan pribadi. Sehingga, dengan demikian privasi Anda akan lebih terjaga.

2.    Beragam Fitur Menarik

Tidak hanya cara balas pesan di Instagram yang memiliki fitur menarik, aktivitas posting foto dan video juga tidak kalah asyik. Hal tersebut karena Instagram juga menawarkan berbagai macam editan dan stiker menarik yang dapat mempercantik postingan Instagram Anda.

3.    Setting Akun Bisnis

Untuk Anda yang membidik bisnis internet, tidak ada salahnya menggunakan Instagram sebagai sarana promosi. Mulailah membuat Instagram bisnis untuk memudahkan penjualan produk Anda nantinya.

Beberapa Kelemahan Instagram yang Harus Anda Ketahui

Ada kelebihan maka akan terdapat pula kekurangan, sebelum masuk pada bahasan inti artikel tentang cara reply DM IG. Berikut ini Terlebih dahulu kekurangan media sosial Instagram yang dapat Anda pertimbangkan.

1.    Konten Terbatas

Konten Instagram terbatas pada foto dan video singkat. Sebagai pengguna Instagram, Anda harus kreatif dalam membuat konten yang menarik meski hanya terbatas pada foto dan video singkat tersebut. Cara balas pesan di Instagram akan membantu memaksimalkan informasi konten yang ingin Anda sampaikan.

2.    Update Berkala

Instagram membutuhkan pembaruan besar untuk mendapatkan fitur terbaru. Contohnya cara replay dm IG terbaru. Rata-rata update ini terjadi sebulan sekali, dan tentunya setiap update membutuhkan lebih banyak ruang pada perangkat seluler Anda.

3.      Kualitas Konten yang Tidak Maksimal

Instagram hanya memungkinkan Anda untuk menggunakan skala kualitas kecil jika ingin memposting foto. Sehingga, hasil foto akan terlihat tidak terlalu tajam. Begitu pun juga pada konten video yang terbatas pada durasi yang singkat.

Maka dari itu, untuk Anda pebisnis di Instagram, penting untuk mengetahui cara balas pesan di Instagram agar dapat menjawab pertanyaan pembeli lebih lanjut. Mengingat, informasi pada konten yang terbatas sehingga membuat pembeli perlu bertanya lebih lanjut.

Cara Balas Pesan di Instagram Lewat Stories

Salah satu cara mudah membalas atau mengirimkan pesan di Instagram adalah melalui stori. Saat ingin mengomentari stori teman di Instagram, maka secara langsung komentar tersebut akan masuk dalam DM atau pesan pribadi pemilik stori. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Lihat stori teman dan perhatikan bahwa lingkaran bundar dengan profilnya disorot dengan warna merah.
  2. Klik stori tersebut.
  3. Masukkan teks atau kata-kata DM yang Anda inginkan di kotak kirim pesan di bagian bawah.
  4. Pilih “Kirim”
  5. Maka otomatis Anda telah membalas stori dengan mengirimkan pesan.
BACA JUGA  Dijual Rp 3 Jutaan, Infinix Zero 20 Berbekal Spesifikasi Menggiurkan

Cara Balas Pesan di Instagram dengan Pesan Langsung

Caa balas pesan di Instagram tidak hanya bisa  melalui story, tetapi juga langsung dari fungsi pesan. Hal tersebut tentu saja lebih efektif, Inilah cara agar bisa melakukannya:

  1. Buka akun Instagram Anda.
  2. Pilih menu pesan (ikon segitiga layang-layang) di pojok kanan atas.
  3. Lalu ada kolom pencarian di mana Anda bisa memasukkan nama pengguna.
  4. Masukkan nama Anda atau nama teman yang ingin Anda kirimi pesan dan masukkan di kolom pencarian.
  5. Maka secara otomatis tampilan akan masuk ke room DM.
  6. Tuliskan pesan Anda dan pilih Kirim. Kemudian secara otomatis mengirimkan pesan atau balasan DM Instagram.

Cara Membalas DM Instagram dari Menu Chat

Banyak cara balas pesan di Instagram lainnya, salah satunya dengan menggunakan menu chat atau obrolan di Instagram yang mirip dengan ruang obrolan di grup WA. Berikut ini cara yang harus Anda lakukan.

  1. Pilih daftar obrolan ikon pensil.
  2. Masukkan nama IG orang lain. Memungkinkan untuk lebih dari 2 orang.
  3. Pilih dan tandai.
  4. Masuk ke room obrolan dan Anda telah dapat mengirim pesan teks saat ini.

Dengan cara balas pesan di Instagram seperti WA tersebut, komunikasi antar pengguna Instagram akan semakin masif. Jika pengguna adalah pebisnis, maka interaksi juga bisa menghasilkan transaksi.

Cara Balas DM IG di HP Android dan iPhone

Berikut cara balas pesan di Instagram seperti pada aplikasi chat di WhatsApp dan lainnya yang bisa diakses melalui ponsel Android maupun iPhone.

  1. Buka aplikasi Instagram di ponsel Android atau iPhone Anda.
  2. Di beranda IG, klik menu pesan di pojok kanan atas.
  3. Kemudian pilih siapa yang ingin Anda kirimi atau balas DM.
  4. Jika Anda sudah berada di ruang obrolan, tekan lama pesan yang ingin Anda balas dan pilih Balas.
  5. Kemudian buat dan kirim pesan yang akan dikirim ke pengguna IG lainnya.
  6. Jika berhasil terkirim, maka Anda telah membalas DM IG seperti WhatsApp.

Kendala Dalam Membalas Instagram DM

Seperti halnya aplikasi chat lainnya, aplikasi Instagram juga terkadang menemukan kendala dalam mengirimkan pesan. Bagaimana cara balas pesan di Instagram yang berkendaa? Jika itu terjadi, ada beberapa hap yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi situasi tersebut.

  1. Jika tidak bisa membalas atau mengirimkan pesan, harap perbarui aplikasi Instagram ke versi terbaru. Dengan pembaharuan tersebut, fitur yang tersedia akan lebih lengkap dan memudahkan aktivitas online Anda.
  2. Periksa sambungan internet. Sambungan internet baik dari penyedia jaringan internet atau Wi-Fi akan berpengaruh pada konektivitas aplikasi. Jika internetnya tidak stabil, maka sangat besar potensi eror dalam operasional aplikasi tersebut.
  3. Memuat ulang ponsel Anda. Agar cara balas pesan di Instagram lancar, cara ini cukup jitu untuk menjadi opsi saat menemukan kendala tidak bisa membalas pesan di Instagram atau contoh eror pada aplikasi lainnya.
  4. Membersihkan ponsel. Biasanya, beban ponsel yang penuh dan padat mengakibatkan aplikasi tidak berjalan optimal. Tidak ada salahnya membersihkan ruang ponsel dengan aplikasi pembersih agar aplikasi lain di ponsel Anda berjalan optimal.

Kendala-kendala di atas adalah yang paling umum terjadi, mengingat Instagram adalah media sosial populer di kalangan masyarakat, maka pihak Instagram juga pasti akan terus melakukan perbaikan dalam kualitas fitur dan menu pada aplikasi Instagram.

Penutup

Setelah mengetahui kelebihan, kekurangan dan cara balas pesan di Instagram yang telah terurai di atas, semoga dapat membantu Anda dalam berinteraksi dengan sesama pengguna Instagram lainnya. Jika menemukan kendala, perhatikan pula hal-hal lain seperti di atas.