Kode QR Vivo Y91; Cara Memindai dan Membacanya

Kode QR Vivo Y91

Kehadiran Vivo Y91 sangat cocok untuk kehidupan yang serba menggunakan kode QR, seperti saat ini. Sebab, Vivo Y91 menjadi salah satu smartphone Android yang sudah dilengkapi dengan fitur pemindai kode QR. Cara scan kode QR Vivo Y91 pun tidak sulit.

Hanya bermodal kamera Vivo Y91 dan tanpa aplikasi tambahan Anda sudah bisa scan kode QR untuk kehidupan yang lebih mudah. Pasalnya, Anda bisa melalukan scan kode QR untuk berbagai keperluan.

Pengertian Kode QR

Saat ini, kode QR memang sangat mudah untuk Anda jumpai dan scan. Namun apakah Anda tahu apa itu kode QR yang bisa Anda scan dengan Vivo Y91?

Kode QR yang merupakan singkatan dari Quick Response adalah jenis barcode dua dimensi yang bisa memberikan informasi secara langsung. Asalkan, barcode tersebut dipindai terlebih dahulu. Untuk saat ini, pemindaian atau scan QR code bisa dilakukan melalui smartphone.

Yang membedakan dengan  barcode lainnya adalah QR memiliki bentuk kotak. Di dalam kotak tersebut terdapat beberapa elemen, seperti kotak besar di setiap sudutnya, kotak kecil berjejer dan titik-titik yang dispasi.

Kemudian, kode QR bisa menampung sekitar 2089 digit atau 4289 karakter. Jumlah tersebut sudah termasuk tanda baca dan karakter spesial. Dengan daya tampung yang lumayan besar tersebut, membuat kode QR lebih bisa menyimpan banyak data.

Tak hanya itu, dengan banyaknya karakter yang bisa disimpannya, tak heran kode QR bisa menampilkan teks, membuka URL yang bisa berisi informasi, menyimpan kontak ke buku telepon dan lain sebagainya.

Yang tak ketinggalan, kode QR dinilai lebih aman dan minim akan kesalahan data. Berikutnya, penggunaan kode QR juga bisa untuk sharing dengan orang lain. Contohnya, penggunaan kode QR untuk sharing Wifi di  smartphone.

Manfaat Kode QR dalam Mempermudah Kehidupan

Dari kepraktisan kode QR, saat ini kode QR banyak dimanfaatkan untuk berbagai hal untuk mempermudah kehidupan. Adapun kemudahan yang bisa Anda rasakan dengan kehadiran kode QR adalah sebagai berikut :

1.      Kemudahan Melakukan Pembayaran

Hadirnya kode QR membuat Anda tidak perlu membawa uang tunai banyak saat berpergian. Cukup sediakan saldo yang banyak di rekening bank, dan e-wallet. Lalu, pastikan Anda sudah memiliki Internet Banking di smartphone.

Saat ini, Anda sudah bisa melakukan pembayaran hanya bermodal smartphone dan saldo di Internet Banking maupun e-wallet.  Pasalnya, hampir semua gerai toko maupun cafe dan restoran sudah memanfaatkan kode QR untuk pembayarannya. Hasilnya, Anda hanya scan kode QR tersebut melalui Internet Banking maupun e-wallet yang ada di smartphone.

2.      Mudah Mendapatkan Informasi

Kemudahan lain dengan adanya kode QR adalah semua orang, termasuk Anda, bisa dengan mudah untuk mendapatkan informasi. Pasalnya, kode QR mampu menyimpan informasi yang bisa diakses melalui smartphone, seperti Vivo Y91.

BACA JUGA  Harga Vivo Y01A Sejutaan di Indonesia dengan Baterai 5.000 mAh

Contohnya, jika Anda menerima undangan, Anda tidak perlu kesulitan untuk membaca denah lokasinya. Pasalnya, sekarang ini, di setiap undangan pasti ada QR code. Anda pun cukup mengarahkan kamera smartphone ke kode QR. Selanjutnya, kamera tersebut akan langsung mengarahkan Anda ke aplikasi Maps untuk mengarahkan ke lokasinya.

Lalu, tempat yang sering ada kode QR agar semua orang bisa mendapatkan informasi dengan mudah adalah tempat wisata edukasi. Setiap spot atau keterangan benda di wisata edukasi seringnya ada kode QR. Hanya dengan scan QR code, pengunjung bisa mendapatkan detail informasi tanpa membuat kerumunan dan mengganggu pengunjung lainnya.

3.      Sharing Wifi dengan Teman

Manfaat QR code lainnya adalah untuk mempermudah teman mengakses internet. Sebab, kode QR bisa Anda manfaatkan untuk sharing wifi ke teman atau orang terdekat dengan lebih praktis dan mudah.

Berbeda dengan keberadaan dua kode QR sebelumnya, kode QR untuk sharing wifi bisa Anda temukan di dalam smartphone Vivo Y91 atau yang lainnya. Lebih tepatnya, kode QR ada di bagian koneksi internet dan hospot seluler.

4.      Kemudahan Berbisnis

Siapa nih yang sudah memiliki bisnis sendiri? Apakah untuk menunjang kemajuan bisnis, Anda menggunakan kode QR? Jika iya, maka itu merupakan pilihan yang tepat dan cerdas.

Sebab, banyak keuntungan yang diperoleh jika bisnis Anda menggunakan kode QR.

·         Proses Pembayaran Lebih Mudah dan Efisien

Proses pembayaran atau transaksi lebih efisien karena tidak membutuhkan waktu lama. Pembayaran melalui kode QR juga bisa menghindarkan Anda untuk mendapatkan uang rusak bahkan uang palsu.

·         Mudah Mengetahui Jumlah Customer

Apakah Anda tahu jika penggunaan kode QR untuk bisnis bisa mempermudah Anda mengetahui jumlah customer tanpa menghitung secara manual? Jika belum tahu, maka Anda wajib mengetahui informasi penting yang satu ini.

Ya, menggunakan kode QR khususnya untuk pembayaran bisa mengetahui jumlah pelanggan secara otomatis. Alasannya, data dan jumlah pelanggan yang beli produk Anda akan secara langsung tercatat dan terhitung. Bahkan termasuk juga nominal yang masuk.

·         Mampu Menyediakan Infromasi Bisnis dengan Lengkap

Dengan menggunakan kode QR untuk bisnis, Anda tidak perlu repot mencantumkan semua informasi bisnis, baik di media cetak maupun digital. Hal ini karena dalam satu QR code Anda bisa menyimpan semua informasi tentang bisnis.

Hanya melalui dengan memindai kode QR yang Anda cantumkan, pelanggan bisa mengakses informasi yang berkaitan dengan bisnis Anda. Mulai dari kontak, media sosial, detail usaha, serta kualifikasi dan review produk.

BACA JUGA  Pengguna iPhone Baru Wajib Tahu Ini Untuk Maksimalkan Fiturnya

Cara Scan Kode QR Vivo Y91

Sudah tahukan betapa bermanfaatnya kode QR dalam kehidupan sehari-hari? Kini saatnya, Anda mengetahui cara scan kode QR Vivo Y91.

Scan dan baca kode QR di Vivo Y91 tidaklah sulit. Anda bisa memindainya dengan smartphone saja, tanpa perlu download serta install aplikasi tambahan. Akan tetapi, smartphone Vivo Y91 juga memungkinkan untuk memindai dan membaca kode QR dengan aplikasi tambahan.

Di sini, ada beberapa pilihan cara yang bisa Anda pilih untuk memindai code QR di Vivo Y91.

1.      Menggunakan Kamera

Seperti penjelasan di atas, Vivo Y91 didukung dengan fitur pemindaian kode QR. Cara pertama untuk scan kode QR di Vivo Y91 adalah dengan menggunakan kamera belakang.

Lebih lanjut, beginilah caranya :

  • Temukan ikon kamera di homescreen atau menu aplikasi. Ikonnya sendiri berbentuk lensa kamera.
  • Buka aplikasi kamera tersebut.
  • Arahkan dan fokuskan kamera belakang Vivo Y91 ke kode QR, nanti akan muncul ikon Google Lens di bawah gambar. Namun, sebelumnya izinkan perangkat mengakses Google Lens.
  • Setelah QR code berhasil tercapture, perangkat Anda akan ditawarkan masuk ke default browser yang telah ditetapkan.
  • Klik alamat website yang tertera dan Anda akan diarahkan ke website melalui browser

2.      via Google

Selanjutnya, Anda bisa melakukan pemindaian kode QR di Vivo Y91 dengan bantuan Google. Tenang, caranya pun sama mudahnya untuk Anda ikuti.

  • Masuk ke Google melalui browser atau aplikasi Google.
  • Pada kotak pencarian, klik ikon kamera.
  • Kemudian, Anda akan masuk ke aplikasi Google Lens
  • Sama seperti sebelumnya, arahkan dan jangan lupa fokuskan kamera belakang ke kode QR supaya bisa di
  • Akan muncul pop up berupa alamat website.
  • Klik saja alamat website tersebut. Anda pun bisa membaca informasi yang tersedia di website tersebut dengan detail.

Cara Share untuk Wifi

Tidak ada salahnya Anda share password wifi di smartphone kepada teman atau orang terdekat. Namun, jangan lagi share password wifi secara manual bila smartphone Anda Vivo Y91.

Bukan tanpa alasan, dengan Vivo Y91 Anda bisa sharing kata sandi wifi dengan mudah. Cukup scan kode QR Vivo Y91 untuk akses wifi.

Beginilah cara scan atau memindainya :

  • Masuk ke menu ‘Setting’.
  • Buka menu ‘Network and Internet’.
  • Pilih dan klik ‘Wifi’.
  • Berikutnya, pilih ‘Jaringan Wifi’.
  • Next, pilih opsi ‘Share’.
  • Lakukan verifikasi identitas dengan pengenalan wajah, sidik jari, dan pola PIN sandi smartphone Vivo Y91 Anda,
  • Muncul kode QR untuk akses yang bisa untuk share sandi
  • Buka aplikasi kamera di smartphone teman Anda, dan arahkan kamera ke kode QR tersebut agar bisa
  • Setelah berhasil, smartphone teman Anda pun bisa terhubung dengan wifi di Vivo Y91 milik Anda.

Itulah informasi tentang manfaat kode QR, dan cara scan kode QR Vivo Y91. Semoga dengan adanya informasi ini, Anda tidak kesulitan lagi untuk memindai kode QR dan berbagi akses internet dengan share kode QR wifi di Vivo Y91.