Xiaomi 13 Ultra

Xiaomi 13 Ultra Hadir dengan Spek Gila Harga Tetap Merendah

Perusahaan asal Tiongkok yakni Xiaomi, telah secara resmi meluncurkan smartphone terbaru mereka yakni Xiaomi 13 Ultra setelah sejumlah bocorannya beredar di dunia maya. Yang menarik dari ponsel ini adalah, spesifikasi yang diusungnya sangat tinggi namun harganya tidak terlalu menguras kantong.

Yang menjadi nilai jual utama dari smartphone ini terletak pada bagian kameranya. Seperti pendahulunya, Xiaomi 13 Ultra dilengkapi dengan modul kamera yang terinspirasi dari lensa melingkar dan dibuat dengan bingkai berbahan logam.

Xiaomi 13 Ultra ini hadir dengan menggunakan empat kamera belakang beresolusi 50 MP yang dilengkapi dengan 6 focal length, serta optik dan fitur lensa Summicron co-engineered Leica. Kamera utama dari ponsel ini adalah Leica 50MP 23mm yang menggunakan sensor IMX989 1 inci dan memiliki bukaan fisik baru dengan dua pengaturan, yaitu ƒ/1.9 untuk efek bokeh dan ƒ/4.0 untuk gambar yang lebih tajam.

spesifikasi Xiaomi 13 Ultra

Xiaomi 13 Ultra ini juga dibekali dengan sensor IMX858 50MP yang terpasang pada kamera ultra-wide 12mm, telefoto 3,2x pada 75mm, dan telefoto super baru 5x pada 120mm. Ketiga kamera tersebut memiliki aperture lebih lebar dari ƒ/2.0, memungkinkan cahaya lebih banyak masuk dan waktu rana yang lebih pendek, sehingga bisa menangkap momen alami secara lebih cepat dan tidak terlewatkan.

Selain itu, Xiaomi 13 Ultra ini juga mendukung perekaman dan pemutaran Dolby Vision end-to-end serta foto Ultra RAW dalam file DNG 14-bit dengan penajaman multi-bingkai bawaan, pengurangan noise, penyesuaian rentang dinamis untuk penyesuaian tambahan, hingga kemampuan perekaman video 8K dan Log 10-bit.

Mode Fast Shot pada Xiaomi 13 Ultra terinspirasi dari metode “hyperfocal distance” yang sering digunakan oleh para street photographer. Hasilnya, fitur dari ponsel ini memungkinkan para pengguna dapat mengambil gambar tanpa fokus yang dapat disetel secara manual dalam 0,8 detik, dengan begini memungkinkan pengguna untuk dapat dengan cepat menangkap momen yang berharga.

Pada bagian display, Xiaomi 13 Ultra datang dilengkapi dengan layar OLED LTPO C7 2K berukuran 6,73 inci dengan refresh rate dinamis 1-120Hz pada bagian depan. Layar mendukung HHDR10+, Dolby Vision, dan kecerahan hingga 2.600 nits.

BACA JUGA  Cara Gabungin Foto Secara Online di Android Tanpa Aplikasi

Nah pada bagian atas layarnya anda akan menemukan sebuah lubang punch hole yang menjadi rumah kamera selfie berukuran 32 MP. Sementara itu soal performanya, Xiaomi 13 Ultra menggunakan dapur pacu chipset Snapdragon 8 Gen 2 dipadukan dengan RAM LPDDR5x hingga 16 GB dan ROM UFS 4.0 hingga 1 TB.

Untuk menjaga suhunya tetap stabil, maka Xiaomi 13 Ultra juga dilengkapi dengan teknologi Loop Liquid Cool. Sistem pendinginan Xiaomi 13 Ultra menggunakan desain pemisahan cairan uap dan struktur sirkulasi satu arah yang diklaim dapat meningkatkan pendinginan 3 kali lipat dibandingkan dengan teknologi VC tradisional.

Selain itu, sistem pendinginan ini dapat meningkatkan konduktivitas termal lebih dari tiga kali lipat dan kapasitas pembuangan panas melebihi 10W. Untuk menemani aktifitas penggguna, Xiaomi 13 Ultra dilengkapi dengan baterai berukuran cukup besar yakni berkapasitas 5.000 mAh.

Sebagai ponsel kelas premium, Xiaomi 13 Ultra didukung pula oleh teknologi pengisian turbo kabel 90W, pengisian turbo nirkabel 50W, serta pengisian nirkabel terbalik. Semua fitur ini dimungkinkan berkat adanya Chip Pengisian Daya Xiaomi Surge P2 dan Chip Manajemen Baterai Xiaomi Surge G1.

Menurut Xiaomi, ponsel ini memiliki beberapa fitur kesehatan baterai dan mampu memperkirakan masa pakai baterai secara terperinci. Ada mode Hibernasi baru yang akan diaktifkan secara otomatis saat baterai melemah, membatasi aktivitas latar belakang dan memberikan waktu siaga tambahan hingga 60 menit.

spesifikasi Xiaomi 13 Ultra

Xiaomi 13 Ultra menggunakan teknologi kulit silikon nanotek generasi kedua untuk bodi belakangnya yang tidak hanya tahan terhadap sidik jari dan noda, tetapi juga memiliki sifat antibakteri dan anti menguning.

Tidak hanya membuat tampilannya menjadi keren, menurut Xiaomi teknologi ini dapat menghambat pertumbuhan bakteri hingga 99%. Selain itu, Xiaomi 13 Ultra juga memiliki sertifikat IP68 untuk ketahanan terhadap debu dan air.

Harga Xiaomi 13 Ultra

Dengan berbagai fitur keren yang dimilikinya, harga Xiaomi 13 Ultra ini dipatok cukup tinggi layaknya ponsel kelas premium pada umumnya. Harga Xiaomi 13 Ultra mulai dari 5.999 yuan (sekitar Rp 13 juta) untuk varian 12GB + 256GB, 6.499 yuan (sekitar Rp 14 juta) untuk varian 16GB + 512GB, dan 7.299 yuan (sekitar Rp 15,8 juta) untuk varian 16GB + 1TB.

BACA JUGA  Samsung Galaxy F34 5G Disebut Dijual Murah?

 Ponsel ini tersedia dalam warna Hitam, Putih, dan Hijau Zaitun dan akan mulai dijual di China pada tanggal 21 April 2023 mendatang. Xiaomi juga telah mengkonfirmasi bahwa ponsel ini akan diluncurkan di beberapa negara secara global dalam beberapa bulan ke depan, semoga Indonesia juga termasuk di dalamnya.