asus rog phone 6 series

ASUS ROG Phone 7D Muncul di Situs Uji Benchmark, Ngebut Banget?

Perusahaan asal Taiwan yakni Asus, diduga dilaporkan sedang mempersiapkan peluncuran smartphone gaming terbaru dari seri ROG Phone, ponsel yang dimaksud yaitu Asus ROG Phone 7D. Ponsel gaming ini akan menjadi penerus Asus ROG Phone 6D dan telah terdeteksi kehadirannya melalui situs benchmark Geekbench baru-baru ini.

Pada Halaman tersebut telah menampilkan sebuah ponsel yang memiliki nama ASUS_AI2205_D yang diyakini merupakan kode nama dari Asus ROG Phone 7D. Tidak hanya memberikan nama saja, namun dalam website tersebut juga terdapat sejumlah spesifikasi dari ponsel gaming ini.

Sejumlah spesifikasi Asus ROG Phone 7D ini telah dibocorkan bahwa akan datang dengan menjalankan sistem operasi (OS) terbaru yakni Android 13, hal ini tentu berbeda dengan pendahulunya ROG Phone 6D yang menggunakan Android 12.

Besar kemungkinan jika sistem operasi pada Asus ROG Phone 7D ini kemungkinan akan diintegrasikan dengan antarmuka (UI) khas ROG Phone, yaitu ROG UI. Bocoran spesifikasi lainnya menunjukkan jika Asus ROG Phone 7D akan hadir menggunakan motherboard dengan kode nama ‘kalama’, yang mengacu pada chipset Snapdragon 8 Gen 2.

Perlu anda ketahui jika chipset ini memiliki delapan inti (octa core), dengan tiga inti yang memiliki clockspeed hingga 2,02 GHz, empat inti yang memilki clockspeed hingga 2,80 GHz, dan satu inti utama yang memiliki clockspeed hingga 3,19 GHz.

spesifikasi asus rog phone 7d

Chipset Snapdragon 8 Gen 2 tersebut akan diduetkan bareng dua varian RAM seperti pendahulunya, yakni RAM 12 GB dan 16 GB. Pada laman Geekbench telah menunjukkan mengenai pengujian performasi dari ROG Phone 7D, di mana ponsel gaming tersebut sukses mencapai skor benchmark 2.012 poin untuk pengujian single-core dan 5.697 poin untuk pengujian multi-core.

Selain ROG Phone 7D, kuat dugaan jika Asus kini juga sedang mengembangkan dua varian lain untuk jajaran ROG Phone 7, yaitu ROG Phone 7 reguler dan ROG Phone 7 Ultimate seperti yang mereka lakukan pada seri sebelumnya.

Rumor mengklaim bahwa Asus ROG Phone 7D dan dua varian lainnya memiliki spesifikasi layar dan chipset yang serupa. ROG Phone 7D diharapkan bakalan hadir dengan menggunakan panel layar AMOLED dengan refresh rate hingga 165 Hz dan akan ditenagai oleh chipset Snapdragon 8 Gen 2.

BACA JUGA  Spesifikasi Samsung Galaxy S9 dan Harganya, Masih Layak Untuk 2022?

Namun, ada juga rumor lain yang menyebutkan bahwa ROG Phone 7D akan menggunakan chipset dari perusahaan MediaTek, yaitu Dimensity 9200. Munculnya rumor ini mungkin cukup masuk akal pasalnya pada perangkat ROG Phone 6D yang dirilis tahun lalu menggunakan chipset MediaTek Dimensity 9000+ untuk dapur pacunya.

Tidak diketahui berapa kapasitas media penyimpanan pada ROG Phone 7D tersebut, namun untuk versi Ultimate diperkirakan akan dilengkapi dengan media penyimpanan sebesar 512 GB, yang membuatnya berbeda dari ROG Phone versi reguler yang hanya memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 256 GB.

GSMArena melaporkan, jika Asus ROG Phone 7D beserta varian lainnya kabarnya akan dirilis pada kuartal III tahun 2023 ini, jadi diperkirakan sekitar bulan Juli dan September mendatang.

Namun, perlu anda ingat hingga artikel ini beredar segala spekulasi dan informasi yang beredar saat ini belum mendapat konfirmasi resmi dari pihak Asus. Jadi untuk memastikannya kita tunggu informasi resmi dari pihak Asus nantinya.