tips beli hp baru

8 Tips yang Penting Diperhatikan Sebelum Beli HP Baru

Sekarang, terdapat banyak sekali model HP yang tersedia di pasaran, sehingga pengguna mungkin akan merasa bingung saat memilih untuk membeli HP baru. Nah agar tidak bingung, maka sangat penting sekali untuk anda mengikuti tips membeli HP baru yang akan kami bahas kali ini.

Tentu mengetahui tips membeli hp bari sesuai kebutuhan penting dilakukan, karena jika tidak, HP tidak dapat digunakan secara optimal untuk memenuhi kebutuhan tertentu. Perlu diketahui bahwa kebutuhan penggunaan HP dapat berbeda-beda antara satu pengguna dan pengguna lainnya.

Beberapa pengguna menggunakan HP untuk bermain game, sementara yang lain menggunakan HP untuk fotografi atau aktivitas saat bepergian. Oleh karena itu, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan saat membeli HP agar sesuai dengan kebutuhan pengguna. Apa saja faktor-faktor tersebut?

Tips Penting Membeli HP Baru yang Harus Anda Perhatikan

Berikut adalah beberapa faktor yang perlu diperhatikan saat membeli HP baru agar sesuai dengan kebutuhan pengguna. Sehingga smartphone bisa digunakan secara maksimal untuk menunjang aktifitas anda kedepannya.

1. Sesuaikan Budget

Tips sebelum membeli hp baru yang perlu anda pertimbangkan adalah mengenai biaya atau budget yang anda miliki. Dengan menyesuaikan budget, dapat membatasi opsi pencarian model HP yang sesuai dengan mempertimbankan kemampuan keuangan.

Setelah menyesuaikan budget, langkah selanjutnya adalah mempertimbangkan spesifikasi HP dari berbagai sektor yang relevan dengan kebutuhan pribadi.

2. Dukungan Layar

Ukuran layar tentu cukup penting dipertimbangkan mengingat kebutuhan dari anda. Jika anda termasuk seseorang yang memiliki hobi suka nonton film, editing video maupun gambar, maka ponsel dengan resolusi 6 inch dan memiliki resolusi FHD atau QGD sangat direkomendasikan.

hp baru

Namun jika anda doyan main game mobile, maka pilihlah smartphone yang memiliki refresh rate minimal 90 Hz sebagai bahan pertimbangan.

BACA JUGA  Harga dan Spesifikasi Realme 8i di Indonesia

3. Kemampuan Chipset

Chipset ini tentu saling berkesinambungan dengan kemampuan layar, karena kemampuan smartphone juga mempertimbangkan aktifitas dari pengguna. Jika anda suka bermain game mobile atau melakukan editing foto video, direkomendasikan memilih ponsel dengan chipset terbaru dan memiliki kecepatan tinggi.

Tips sebelum membeli hp baru disektor ini sangat penting untuk diperhatikan, karena nantinya kemampuan chipset ini berlaku untuk selamanya. Jika anda memiliki budget lebih mungkin tidak ada salahnya membeli ponsel dengan chipset baru dan cepat, karena siapa tahu anda memerlukannya di masa mendatang.

4. Kamera

Tips sebelum membeli hp baru selanjutnya adalah memperhatikan resolusi kamera.  Tentu berlaku bagi anda yang doyan fotografi maka bisa memilih smartphone dengan kemampuan kamera di atas rata-rata.

Terlepas dari hobi anda yang suka fotografi, memiliki ponsel dengan kamera bokeh juga bisa menjadi kelebihan sendiri karena bisa anda gunakan untuk memotret kegiatan sehari-hari dengan lebih gampang.

5. Kapasitas Penyimpanan

Kapasitas penyimpanan juga menjadi bahan pertimbangan penting lainnya yang harus anda perhatikan. Tidak hanya berkaitan dengan banyak jumlah file yang dapat anda simpan, namun kapasitas penyimpanan ini juga mempengaruhi kinerja dari ponsel itu sendiri nantinya.

Biasanya jika kapasitas penyimpanan mulai penuh, maka berpengaruh pada kinerja smartphone yang bisa mulai agak lelet dari biasanya.

6. Dukungan Sistem Operasi Baru

Perlu anda ketahui, jika Google memberikan jatah update pada suatu smartphone ini sangat terbatas, dan rata-rata selama 5 tahun. Itu artinya Google akan memberikan pembaruan baik itu dari sisi fitur atau keamanan yang sangat penting pada suatu smartphone.

android 14

Disarankan anda untuk membeli smartphone yang sudah memiliki sistem operasi terbaru. Tidak harus yang paling baru jika kebetulan budget terbatas, minimal yang sudah rilis 1-2 tahun belakang sehingga anda masih mendapatkan pembaruan fitur selama 3 tahun kedepan.

7. Kapasitas Baterai

Tips sebelum membeli hp baru selanjutnya adalah mempertimbangkan kapasitas baterai yang dimiliki. Saat ini sudah banyak smartphone dibekali dengan baterai besar dengan kapasitas minimal 5.000 mAh, sehingga bisa menemani aktifitas pengguna seharian.

BACA JUGA  Layanan iPhone Kamu Tidak Ada? Ini Caranya

Hanya saja ada yang perlu anda pertimbangkan lagi, yakni terkait fitur fast charging yang dimiliki. Jika anda membutuhkan pengisian daya cepat, maka carilah smartphone dengan fitur fast charging dengan daya tinggi karena itu akan membantu pengisian daya lebih cepat.

Pasalnya jika ponsel anda memiliki baterai 5.000 mAh, namun tidak didukung fitur fast charging maka pengisian dayanya pun juga bakal lama untuk sampai kapasitas 100%.

8. Fitur yang Dimiliki

Dan tips sebelum membeli hp baru yang terakhir untuk anda pertimbangkan adalah fitur yang dimilikinya. Saat ini banyak smartphone yang sudah dibekali dengan jaringan terbaru 5G serta fitur NFC, hanya saja ponsel dengan spesifikasi tersebut memiliki harga yang tergolong masih mahal.

Jika anda merasa belum perlu fitur tersebut, maka ada baiknya tidak membeli ponsel dengan fitur itu karena tidak sesuai dengan kebutuhan.

Nah itu tadi sedikit ulasan dari kami tentang tips sebelum membeli hp baru yang penting anda pertimbangkan. Semoga bermanfaat dan bisa jadi referensi anda nantinya.