Realme Narzo 50i Prime

Sederet Kelebihan dan Kekurangan Realme Narzo 50i Prime Harga Sejutaan

Realme Narzo 50i Prime adalah salah satu ponsel pintar yang terbaru dari Realme. Ponsel ini memiliki sejumlah kelebihan yang membuatnya menarik untuk dimiliki, seperti layar HD+ yang cukup luas, kinerja yang tangguh berkat prosesor Mediatek Helio G85, dan baterai yang besar dan tahan lama.

Namun, seperti halnya ponsel lainnya, Realme Narzo 50i Prime juga memiliki beberapa kekurangan, seperti kurangnya kamera ultra-wide dan kurangnya fitur pengisian daya cepat dan lain sebagainya.

Nah untuk anda yang kebetulan ada rencana membeli smartphone tersebut, dalam ulasan  ini kami akan membahas lebih lanjut tentang kelebihan dan kekurangan Realme Narzo 50i Prime. Diharapkan nantinya anda dapat memutuskan apakah ponsel ini sesuai dengan kebutuhan Anda atau tidak. Yuk Simak selangkapnya di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan Realme Narzo 50i Prime

Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, secanggih apapun Realme Narzo 50i Prime ini pasti memiliki kriteria masing-masing. Nah berikut ini akan kami ulas selengkapnya tentang kelebihan dan kekurangan Realme Narzo 50i Prime yang dijual Rp 1 jutaan di pasaran, simak ulasannya di bawah ini :

1. Didukung Layar yang Memadai Dikelasnya

Pada dasarnya, layar Realme Narzo 50i Prime tidak memiliki kecerahan yang mengagumkan seperti ponsel kelas atas. Meski hadir dengan menggunakan panel IPS LCD berukuran 6,5 inci, resolusi dari layar tersebut masih HD+ atau 720p bukan Full HD+.

Namun, hal ini masih dapat diterima karena memang ponsel ini hadir untuk kelas entry level. Dan hal ini bisa jadi salah satu kelebihan Realme Narzo 50i Prime tersebut.

Layar Narzo 50i Prime memiliki aspek rasio 20:9 dan kerapatan piksel sebesar 720 ppi (pixel per inch). Sebagai ponsel murah, Narzo 50i Prime tidak dilengkapi dengan refresh rate tinggi, hanya 60 Hz konvensional seperti ponsel pada umumnya.

Layar smartphone ini menawarkan tingkat pencahayaan rata-rata sebesar 354 nit. Dengan kecerahan tersebut dianggap kurang nyaman untuk digunakan di luar ruangan pada siang hari. Meskipun memiliki beberapa kelemahan pada layarnya, namun Realme Narzo 50i Prime bisa dibilang handal untuk ponsel dikelasnya.

BACA JUGA  ASUS ROG Phone 7D Muncul di Situs Uji Benchmark, Ngebut Banget?

kelebihan Realme Narzo 50i Prime

2. Performa yang Bisa Diandalkan

Bermain game mobile menjadi salah satu aktifitas favorit banyak orang saat ini. Nah jika anda mengidamkan smartphone tangguh namun punya budget minim, maka Narzo 50i Prime bisa jadi andalan.

Narzo 50i Prime hadir dengan chipset Unisoc Tiger T612 yang dibangun menggunakan proses fabrikasi 12 nm. Chipset ini memiliki konfigurasi prosesor octa-core yang terdiri dari delapan inti, diantaranya 2 inti Cortex A75 berkinerja tinggi dengan kecepatan 1,8 GHz, serta 6 unit Cortex A55 berfrekuensi 1,8 GHz yang hemat daya.

Untuk memberikan performa yang baik dalam pengolahan grafis, chipset dari Narzo 50i Prime ini diduetkan bersama GPU Mali G57. Meskipun bukan menggunakan chipset dari keluarga MediaTek atau Qualcomm yang banyak dipakai smartphone terkini, Unisoc Tiger T612 memiliki kinerja gaming yang patut diacungi jempol.

Yang mengagumkan lagi, kelebihan Realme Narzo 50i Prime mampu menampilkan performa yang bagus saat memainkan gim populer pada pengaturan Medium, seperti Mobile Legends, Free Fire, dan PUBG Mobile.

3. Memiliki Desain yang Stylish

Jujur saja, sebagai smartphone harga Rp 1 jutaan memang Realme Narzo 50i Prime punya desain yang stylish. Pihak Realme menerapkan konsep desain kekinian yang banyak dipakai ponsel baru, yakni dengan menerapkan kamera berukuran besar dipungungnya.

Kamera dari Realme Narzo 50i Prime  ini dibalut oleh modul berbentuk persegi cukup besar dengan nama Narzo dibagian sisi ujungnya.

4. Didukung Baterai yang Besar

Jika anda temasuk seseorang yang memiliki multitasking tinggi, Realme Narzo 50i Prime bisa diandalkan untuk menemani aktifitas sehari-hari. Smartphone ini hadir dengan menggunakan baterai berukuran 5.000 mAh di dalamnya.

Selain didukung baterai yang besar, Realme Narzo 50i Prime ini juga memiliki fitur penghemat daya baterai bernama Mode Ultra Hemat. Fitur ini bakalan otomatis aktif ketika baterai mencapai 5%, saat mode ini aktif anda masih bisa menggunakan WhatsApp hingga 1,5 jam.

5. Memiliki Penyimpanan UFS 2.2

Umumnya smartphone murah pasti dibekali dengan memori standar berupa eMMC, dan untuk smartphone dengan penyimpanan jenis UFS umumnya dijual dengan harga Rp 2 jutaan keatas. Nah kelebihan Realme Narzo 50i Prime selanjutnya ponsel ini memiliki penyimpanan UFS 2.2 meski harganya cuma Rp 1 jutaan.

Selain itu, smartphone ini juga menggunakan dua varian kombinasi RAM LPDDR4X yang masing-masing berukuran RAM 3 GB / 32 GB, dan RAM 4 GB / 64 GB. Selain itu ada juga slot microSD yang bisa anda gunakan untuk memperbesar penyimpanannya hingga 1 TB.

6. Didukung Kamera Belakang Mumpuni

Saat ini sudah banyak smartphone murah yang memiliki double kamera bahkan hingga triple kamera, namun tidak dengan Realme Narzo 50i Prime yang hadir dengan menggunakan single camera.

BACA JUGA  Harga dan Spesifikasi OPPO A57 128GB di Indonesia

Kamera belakang dari Realme Narzo 50i Prime ini berukuran 8 MP, namun punya kemampuan pengambilan gambar yang mumpuni. Kamera ini dibekali dengan kemampuan perekaman video hingga 1080p dengan kecepatan 30 fps.

Lalu untuk kamera depannya, Realme Narzo 50i Prime dibekali dengan lensa berukuran 5 MP dengan kemampuan perekeman video hingga 30 fps.

7. Mendukung Sistem Operasi Ringan

Dan kelebihan Realme Narzo 50i Prime terakhir kali ini adalah ponsel ini mendukung sistem operasi Android 11 dengan antarmuka realme UI R Edition. Perlu anda ketahui jika realme UI R edition merupakan sebuah OS Android Pure yang sudah dikostomisasi oleh Realme.

Hasilnya OS tersebut minim sekali dengan bloatware atau aplikasi bawaan seperti OS lainnya. Dengan begini maka tidak heran jika sistem operasinya sangat ringan dan cocok untuk smartphone murah.

kekurangan Realme Narzo 50i Prime

Kekurangan Realme Narzo 50i Prime

Setelah anda mengetahui mengenai kelebihannya, kini saatnya anda juga perlu mengetahui kekurangan Realme Narzo 50i Prime tersebut sebagai bahan pertimbangan. Selengkapnya cek di bawah ini :

1. Tidak Dilengkapi Charger dalam Penjualan

Kekurangan Realme Narzo 50i Prime yang pertama adalah dalam paket penjualan smartphone tersebut tidak disertakan charger alias pengisi daya. Tentu ini cukup merepotkan para pengguna karena mereka harus membeli charger secara terpisah atau memakai charger lama di rumah.

Yang menjadi dilema adalah, anda tidak akan mendapatkan charger original yang kemampuannya sesuai dengan kapasitas baterai dari ponsel tersebut. Beruntung jika dirumah ada charger original dengan daya yang sama, namun jika KW alias bajakan tentu bakal mengancam usia dari baterai ponsel tersebut.

2. Masih Mendukung WiFi 4

Kekurangan Realme Narzo 50i Prime selanjutnya anda harus menerima kenyataan jika ponsel ini hanya mendukung protokol WiFi 4, yang berarti hanya dapat terhubung pada jaringan dengan frekuensi 2,4 GHz. Jika Anda menginginkan ponsel dengan koneksi internet yang lebih cepat, maka Realme Narzo 50i Prime mungkin tidak memadai.

Namun kembali lagi, jika Realme Narzo 50i Prime merupakan harga murah dengan harga Rp 1 jutaan, sehingga fitur tersebut dirasa sudah cukup bagi perusahaan. Hanya saja masih banyak ponsel sejutaan dengan dukungan WiFi 5 yang bakal memberikan kecepatan internet lebih baik.

3. Tidak Memiliki Fingerpint

Dan kekurangan Realme Narzo 50i Prime yang terakhir adalah ponsel ini tidak dibekali dengan fitur fingerpint sebagai keamanan. Sebagai gantinya anda bisa menggunakan fitur Face Unlock untuk membuka kunci pada smartphone.

Masalahnya adalah, terkadang Face Unlock ini cukup kesulitan dalam mendeteksi wajah dari pengguna seperti yang program itu rekam. Alhasil dalam beberapa kondisi face unlock tidak bekerja dengan baik.

Cukup sekian dulu ulasan dari kami kali ini tentang kelebihan dan kekurangan Realme Narzo 50i Prime, semoga ulasan ini bermanfaat dan jadi bahan pertimbangan anda.