tips charge smartphone

3 Tips Cas HP Untuk Jaga Keawetan Baterai Kalian

Setiap pengguna ponsel memiliki kebiasaan tersendiri dalam menggunakan smartphone miliknya, karena mereka memiliki kesibukan masing-masing. Nah untuk menjaga kemampuan dari ponsel anda tersebut, maka kali ini kami ingin membahas tentang  tips cas hp agar baterai awet untuk anda semua.

Seperti kita ketahui, jika baterai ini menjadi salah satu komponen penting di dalam smartphone. Pasalnya baterai ini menjadi sumber daya utama agar ponsel bisa bekerja maksimal sepanjang hari nanti.

Nah jika ada masalah baterai seperti sering lowbat, maka bakal menyusahkan anda karena masa pakaianya pun jadi berkurang. Maka dari itu pada kesempatan kali ini kami ingin berikan ulasan tentang tips cas hp agar baterai awet untuk anda semua.

3 Tips Cas Hp Agar Baterai Awet

Ulasan kali ini sangat cocok sekali untuk anda yang baru saja membeli smartphone baru, agar nantinya baterai ponsel jadi awet dan bisa bertahan hingga beberapa tahun pemakaian secara normal. Ada 3 tips cas hp agar baterai awet yang akan kami ulasa kali ini, selengkapnya silahkan simak di bawah ini :

1. Lepas Casing Saat Mengisi Daya

Tips cas hp agar baterai awet yang pertama kali ini adalah dengan melepas casing atau softcase pada smartphone. Seperti kita tahu, jika setiap beli smartphone baru pastinya seseorang membelikan casing tambahan atau softcase sebagai pelindung dari ponsel tersebut.

Namun taukah anda jika ternyata softcase ini tidak direkomendasikan pada saat mengisi ulang baterai, karena berdampak pada kesehatan perangkat tersebut beserta colokan charger. Salah satu alasannya adalah, ketika ponsel memiliki sofcase dan melakukan pengisian ulang baterai akan menyebabkan suhu meningkat lebih cepat.

Hal ini dikarenakan keberadaan casing yang tertutup tersebut menghambat sirkulasi udara pada smartphone anda, sehingga membuat ponsel gampang panas dan bisa membuatnya overheat. Maka dari itu ada baiknya ketika sedang melakukan isi ulang daya baterai, anda sebisa mungkin melepas casing terlebih dahulu.

BACA JUGA  Intip Spek Dewa Redmagic 8 Pro yang Segera Hadir di Indonesia

charge smartphone

2. Jangan Terlalu Sering Manfaatkan Fast Charging

Tips cas hp agar baterai awet selanjutnya kali ini adalah jangan terlalu sering menggunakan fitur fast charging di dalam smartphone. Seperti kita tahu, jika saat ini rata-rata smartphone baru dibekali dengan fitur fast charging atau pengisian daya cepat.

Untuk kemampuannya pun beragam, mulai dari 20W hingga paling tinggi ada yang mencapai 120W. Semakin besar kapasitas Watt nya, maka semakin cepat pula proses pengisian daya baterai tersebut, dan hal ini pun dibarengi dengan suhu smartphone juga meningkat dengan pesat.

Hal ini cukup masuk akal, karena saat menerima daya yang berkapasitas besar maka suhu ponsel bakalan meningkat. Maka dari itu, ketika anda mengisi daya dengan fast charging maka ponsel bakalan cepat panas daripada pengisian biasa.

Sebaiknya anda menggunakan fitur fast charging ini secara bijak, misalnya seperti dalam kondisi darurat sehingga memaksa anda tidak ada waktu menunggu mengisi daya hingga penuh secara normal. Namun jika dalam kondisi santai, sebaiknya menggunakan pengisian daya biasa saja.

Selain tidak membuat smartphone gampang panas, penggunaan sistem charging biasa juga bisa membuat smartphone istirahat sejenak sebelum anda gunakan kembali sepanjang hari.

3. Jangan Mengisi Daya Baterai Menunggu Dibawah 5 Persen

Dan Tips cas hp agar baterai awet yang terakhir kali ini adalah biasakan untuk mengisi baterai jangan menunggu hingga dibawah 5 persen kapasitasnya. Ini menjadi kebiasaan paling buruk dibandingkan dua masalah yang ada di atas tadi.

Hal ini dikarenakan semakin rendah daya baterai smartphone (lowbat) maka akan memberikan tekanan berat pada ponsel untuk menjalankan program di dalamnya. Jika kondisi ini terjadi terlalu sering, maka bisa menyebabkan performa baterai bakalan menurun lebih cepat nantinya.

Umumnya setiap smartphone baru saat ini dirancang sebuah notifikasi canggih, yang mana setiap kali baterai ponsel masih 20 persen pengguna sudah diberikan notifikasi untuk mengisi daya. Tujuannya adalah agar baterai ponsel tetap awet dan panjang umur nantinya.

Nah itu tadi sedikit ulasan tentang tips cas hp agar baterai awet yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.