harga iphone 11

Harga iPhone 11 Rp 7 Jutaan, Masih Layak Dibeli?

Seperti biasa, setiap kali ada seri iPhone terbaru yang muncul di pasaran, maka ponsel keluaran lama pun bakal mengalami penurunan harga secara bertahap. Dan hal inilah yang dialami oleh perangkat iPhone 11 saat ini di pasaran.

Di mana anda sekarang bisa membeli perangkat iPhone 11 dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan saat pertama kali perilisannya lalu. Saat ini harga iPhone 11 di Indonesia dijual Cuma Rp 7 jutaan saja.

Seperti yang dijual di Digimap, salah satu distributor resmi iPhone di Indonesia tersebut menjual harga iPhone 11 ini diangka Rp 6.9 jutaan saja untuk varian 4 GB. Sementara untuk varian 128 Gb dijual senilai Rp 8.9 jutaan.

Harga iPhone 11 di atas itu dalam kondisi baru dan masih tersegel. Tentu harga iPhone 11 yang dijual tersebut masih lebih terjangkau jika dibandingkan peragkat iPhone versi reguler namun keluaran lebih baru, seperti iPhone 12, iPhone 13, maupun iPhone 14.

Dimana seperti yang kita ketahui, jika ketiga perangkat tersebut di pasaran masih dijual dengan harga yang cukup mahal yakni di atas Rp 10 jutaan. Tentu perbandingan harga yang cukup jauh ini tidak terlepas dari usia iPhone 11 yang rilis pertama kali pada tahun 2019 silam.

Lantas pertanyaannya, apakah dengan harga iPhone 11 yang dijual senilai Rp 7 jutaan saat ini masih worth it untuk dimiliki? Nah berikut ini akan kami berikan ulasan mengenai iPhone 11 agar bisa jadi bahan pertimbangan anda nantinya.

iphone 11

1. Desain Stylish

Alasan iPhone 11 masih layak dipertimbangkan tidak lain dari sisi desainnya yang bisa dibilang masih oke untuk ponsel kekinian saat ini. Untuk desian punggung dari perangkat ini masih mirip dengan iPhone generasi terbaru, di mana ada modul persegi sebagai rumah dari kamera belakangnya.

Di mana masing-masing kamera dari iPhone 11 ini pun dibalut dengan bingkai berbentuk lingkaran yang sering disebut sebagai boba.  Sekilas desain dari iPhone 11 mirip dengan iPhone 12, mengingat usia dari kedua ponsel tersebut tidak terpaut jauh.

BACA JUGA  Daftar Smartphone 5G yang Bisa Tersambung Jaringan Indosat

2. Punya Spesifikasi Mumpuni

Untuk bersaingan dengan smartphone lain di tahun 2023 ini, spesifikasi yang dimiliki oleh iPhone 11 juga masih cukup mumpuni. Dari sisi hardware, penggunaan chipset A13 Bionic juga sempat digunakan pada perangkat iPad terbaru 2021.

Mengandalkan chipset tersebut kinerja dari iPhone 11 ini sudah tidak perlu diragukan lagi, bahkan jika anda ingin menggunakannya untuk bermain game berat seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, hingga Genshin Impact.

Dari sisi kamera pun iPhone 11 ini juga sudah tidak kalah dengan ponsel android terbaru. Meksipun dibekali kamera berukuran 12 MP, namun untuk pengambilan gambarnya sangat mantap karena memang disinilah salah satu keunggulan dari Apple.

Kamera iPhone 11 ini dibekali dengan sejumlah fitur keren, mulai dari Deep Fusion, mode malam, smartt HDR, hingga bisa digunakan untuk merekam video 4K.

3. Dukungan Sistem Operasi Terbaru

Selain spesifikasinya yang mantap, iPhone 11 ini juga masih mendapatkan dukungan sistem operasi terbaru dari pihak Apple yakni iOS 16. Nah jika berkaca dengan kebiasaan Apple yang memberikan update hingga 6 tahun, maka besar harapannya jika iPhone 11 ini bakal menerima update hingga dua tahun kedepan.

Nah dengan sejumlah keunggulan yang kami bahas diatas tadi,tentu tidak ada keraguan lagi untuk membeli iPhone 11 dengan harga Rp 7 jutaan tersebut dibandingkan iPhone keluaran baru. Tentu harga tersebut masih sangat worth it saat ini jika dibandingkan membeli iPhone versi reguler terbaru dengan harga yang sangat mahal.

Hanya saja ada satu kelemahan yang mungkin juga bisa jadi bahan pertimbangan anda, di mana iPhone 11 masih belum mendapat dukungan jaringan 5G seperti yang dimiliki oleh ponsel terbaru saat ini. Apple mulai membekali ponselnya jaringan tersebut pada seri iPhone 12.

Jadi kesimpulannya jika masih membutuhkan smartphone dengan spesifikasi bersaing, maka iPhone 11 masih bisa diandalkan. Hanya saja jika anda mempertimbangkan jaringan 5G juga, maka iPhone 11 tidak layak untuk anda beli.