Mantap! Android 14 Bisa Ubah HP Jadi Webcam

Siap-siap untuk Android 14 yang kemungkinan besar bakal ada kejutan, karena Google sendiri nampaknya akan menyiapkan fitur canggih.

Fitur canggih itu kabarnya bisa mengubah perangkat Android 14 menjadi webcam untuk perangkat laptop maupun dekstop.

Sejak pandemi COVID-19 lalu, banyak orang yang harus bekerja dirumah atau (WFH) mulai pekerja/ karyawan, sekolah dan kegiatan belajar lainnya.

Tren WFH itulah yang mengharuskan mereka untuk menggunakan webcam yang memadai, sehingga permintaan perangkat ini pun langsung melonjak dalam dua tahun terakhir.

Sebetulnya perangkat ponsel seperti Android dan iPhone sendiri sudah bisa di ubah menjadi webcam untuk perangkat Windows dan Mac dengan memanfaatkan aplikasi Camo.

Disamping itu, Apple juga telah merilis fitur Continuity Camera yang bisa merubah kamera belakang iPhone menjadi webcam untuk Mac.

Nah, Google kini sedang fokus mengembangkan fitur baru untuk menandingi aplikasi Camo dan fitur Continuity Camera di Apple.

Fitur tersebut dikembangkan melalui sebuah proyek bernama ‘DeviceAsWebcam’ dan ditemukan dalam barisan kode baru oleh Mishaal Rahman.

Sesuai dengan namanya, fitur tersebut memungkinkan pengguna bisa menghubungkan perangkat Android ke Laptop atau komputer dengan menggunakan USB agar bisa menggunakannya sebagai webcam, sebagaimana dikutip Detik Inet dari 9to5Google, Selasa (7/2/2023).

Hal menarik lainnya, Google menggunakan standar ‘USB Video Clasa’ (UVC). Sehingga fitur ini (seharusnya) bisa digunakan di banyak platform. Kemampuan ini berbeda dengan Continuity Camera milik Apple yang hanya bisa dipakai pada perangkat iOS dan Mac saja.

Akan tetapi pengguna lantas harus menghubungkan perangkat Android 14 ke komputer menggunakan USB. Tentu berbeda dengan Continuity Camera Apple yang bisa menghubungkan iPhone ke perangkat Mac secara wireless ataupun USB.

Sayangnya, saat ini belum diketahui ponsel Android apa saja yang akan mendapat dukungan fitur tersebut dan bisa di ubah menjadi webcam.

Selain itu, apakah fitur tersebut akan siap tepat waktu untuk diluncurkan bersama Android 14 juga masih menjadi teka-teki, hal ini mengingat Developer Preview-nya belum dimulai.