iphone 14 pro

Diskon Besar-besaran Harga iPhone 14 Pro Tinggal Segini

Seperti kita ketahui, jika iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max menjadi seri tertinggi dari keluarga iPhone 14 series, di mana harga keduanya sangatlah mahal. Namun belakangan ini dikabarkan, jika distributor Apple di China telah memangkas harga kedua perangkat tersebut besar-besaran.

Hal ini mereka lakukan karena permintaan pasar yang melemah di negara tersebut.  Salah satu marketplace besar di China sekaligus distributor resmi Apple yakni JD.com, sampai beran berikan diskon hingga 800 Yuan (setara Rp 1.7 jutaan) untuk harga iPhone 14 Pro serta iPhone 14 Pro Max.

Di mana harga iPhone 14 Pro terbaru di negara tersebut menjadi 7.199 Yuan (setara Rp 16 jutaan), dan harga iPhone 14 Pro Max sebesar 8.199 Yuan (setara Rp 18 jutaan). Sementara itu, Suning yang menjadi distributor besar Apple lainnya juga menjual iPhone 14 Pro dan Pro Max dengan harga yang sama.

Sementara itu, distributor Apple di kota Shenzhen mulai memangkas harga iPhone 14 Pro dan Pro Max mereka sekitar 700 Yuan. Meskipun sejumlah distributor resmi ini mulai menurunkan harga jualnya, namun situs resmi Apple di China masih tetap menjual kedua perangkat tersebut dengan harga normal yakni 7.999 Yuan untuk iPhone 14 Pro, serta 8.999 Yuan untuk iPhone 14 Pro Max.

iphone 14 pro

Perlu anda ketahui, jika perusahaan Apple ini selalu mengontrol harga jual perangkat mereka di negara China dengan sangat ketat.Tentu dengan pemberlakuan diskon besar-besaran seperti ini menjadi suatu momen yang sangat langka di negara Tirai Bambu tersebut.

Terakhir kali perusahaan Apple mengizinkan para distributor mereka di China memangkas harga iPhone ini terjadi pada bulan Juni 2020 silam. Di mana saat itu negara China baru saja membuka keran ekonominya usai lockdown Covid-19 pertama.

Diskon yang diberikans aat itu dilakukan jelang akhir libur Tahun Baru di China, di mana saa itu mulai banyak para peritel yang tengah bersiap menghadapi musim belanja sebelum tahun ajaran baru mulai.

BACA JUGA  Harga iPhone 14 Semakin Mahal

Selain faktor minimnya permintaan unit iPhone yang menurun, potongan harga iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max di China juga disebabkan oleh lemahnya penjualan smartphone di negara tersebut sejak tahun 2022 kemarin.

Pada tahun 2022 kemarin, pengapalan smartphone di China ini menyentuh angka 285,8 juta unit atau turun sebesar 13,2% year-on-year. Dan ini menjadi pertama kalinya pengapalan smartphone turun di bawah 300 juta unit dalam kurun waktu 10 tahun terakhir berdasarkan data dari IDC.

Pihak DC juga menambahkan, jika pengapalan perangkat iPhone di negara China ini turun sekitar 4% di tahun 2022 kemarin. Serta dalam laporan penjualan iPhone pada Q1 tahun 2023 ini juga mengalami penurunan sebesar 5% dari tahun sebelumnya.

Sebelum ini terjadi, pihak Apple sempat kesulitan dalam memenuhi permintaan unit iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max yang sangat tinggi. Bahkan iPhone 14 Pro Max sempat jadi barang langka setelah proses produk di pabrik Foxconn mengalami kendala akibat lonjakan kasus Covid-19 beberapa waktu lalu.