asus zenfone 9

Harga dan Spesifikasi Lengkap ASUS Zenfone 9 di Indonesia

Beberapa waktu lalu vendor Asus telah resmi meluncurkan smartphone terbaru mereka di Indonesia, perangkat tersebut diberi nama sebagai ASUS Zenfone 9. Ponsel ini hadir dengan bodi mungil namun dibekali dengan performa yang mantap untuk mendukung aktifitas pengguna.

Seolah meneruskan formula dari generasi perangkat sebelumnya, dari sisi desain ASUS Zenfone 9 pun hadir dengan dimensi yang masih compact serta memiliki spesifikasi tinggi di dalamnya. Sebagai genari baru, sudah bisa dipastikan jika spesifikasi dari ponsel ini pun mengalami peningkatan.

Nah untuk anda yang tertarik membeli ASUS Zenfone 9 namun masih ragu-ragu, berikut ini akan kami bagikan sedikit reviewnya untuk bahan pertimbangan anda.

Bagian Desain

Kita awali review kali ini dari sisi desain, di mana ASUS Zenfone 9 ini nampak begitu kokoh saat dilihat maupun di genggam. Tentu hal tersebut tidak terlepas dari desain compact yang membuatnya sangat mudah dioperasikan meski dengan satu tangan maupun dimasukkan ke dalam saku celana.

Untuk dimensi bodi dari hp android ini pun tidak jauh dengan iPhone 14 maupn Galaxy S22. Yang membedakan keduanya adalah ukuran bodi yang tidak terlalu lebar namun sedikit tebal  dari kedua pesaingnya tersebut.

Dari sisi desain pun pihak Asus sudah meniggalkan kesan kuno, anda tidak akan menemukan lagi bagian ujung melengkung serta tepian datar pada ASUS Zenfone 9 ini. Untuk material covernya pun juga sudah berbeda, tidak lagi menggunakan lapisan kaca.

Sebagai pengganti, pihak Asus memakai material komposit polymer melalui finishing mate yang akan memberikan kesan nyaman ketika digenggam. Hanya saja kelemahan dari konsep ini adalah bakal mudah meninggalkan goresan serta warnanya gampang pudar.

Yang paling penting adalah, ASUS Zenfone 9 sudah dibekali dengan sertifikat IP68 yang membuatnya tahan terhadap percikan air maupun debu. Dengan begini akan memberikan sedikit ketenangan keada pengguna.

Layar

Lanjut pada bagian display, di mana ASUS Zenfone 9 ini hadir dengan menggunakan layar berukuran cukup luas yakni 5.9 inch dan memiliki resolusi setara Full HD+. Panel layar yang digunakannya pun sudah AMOLED dan mendapat lapisan perlidungan dari Corning Gorilla Glass Victus.

BACA JUGA  Harga dan Spesifikasi Redmi Note 10 5G di Indonesia

Layar dari hp android ini memiliki dukungan fitur HDR yang menawarkan kualitas warna dan ketajaman gambar makin mantap, sehingga pas banget untuk menyaksikan konten video streaming maupun untuk bermain game.

spesifikasi asus zenfone 9

Sebagai smartphone kelas atas, layar ASUS Zenfone 9 ini juga sudah mendukung refresh rate 120 Hz yang membuat gambar semakin mulus ketika di scrooling atau menyaksikan konten HD. Tingkat kecerahan yang dimiliki oleh smartphone ini juga sangat tinggi, sehingga tidak akan ada masalah ketika anda menggunakannya di luar ruangan.

Performa

Lanjut pada sisi performa, ASUS Zenfone 9 ini dibekali dengan chipset Snapdragon 8 Plus Gen 1 yang dipadukan dengan ukuran RAM sangat besar yakni 16 GB. Jelas kombinasi kedua perangkat ini bakalan memberikan peningkatan performa, khsususknya ketika anda menjalankan game berat maupun aplikai editing video.

Bahkan performa dari ASUS Zenfone 9 ini juga sempat diuji oleh Geekbench, yang mendapatkan skor single coe 1315 dan multi core 4206. Hanya saja, seperti ciri khas dari ponsel Asus sebelumnya di mana ponsel ini gampang sekali panas ketika menjalankan aplikasi berat.

Fotografi

Berpindah pada sisi fotografi, di mana ASUS Zenfone 9 ini masih menggunakan konfigurasi dual kamera layaknya Zenfone 8. Hanya saja untuk konfigurasi kameranya ditingkatkan dari sebelumnya , dan dirasa hal ini sudah cukup memenuhi kebutuhan sehari-hari pengguna.

ASUS Zenfone 9 ini datang dengan menggunakan dual kamera utama berukuran 50 MP dengan lensa Sony IMX766 serta dilengkapi dengan teknologi Quad Bayer untuk mengasilkan foto dengan resolisi 16 MP. Kamera ini juga dibekali dengan fitur zoom digotal 2x lossless.

Sementara itu untuk lensa kedua di ASUS Zenfone 9 ini menggunakan snesori Sony IMX363 mirip seperti milik ASUS Zenfone 8, kamera tersebut memiliki kemampuan pengambilan gambar makro sampai 4 cm. Lalu untuk kamera depannya menggunakan lensa Sony IMX663 yang dilengkapi dengan fitur PDAF ganda serta bisa merekam video dengan resolusi 4K.

Overall untuk kemampuan kamera depan maupun belakang dari ASUS Zenfone 9 ini sudah sangat baik untuk memenuhi kebutuhan dari pengguna.

BACA JUGA  Spek dan Harga Advan Sketsa 2 Dilengkapi Stylus dan Keyboard!

Baterai

Untuk soal baterai dari ASUS Zenfone 9 ini kami rasa ukurannya terlalu kecil, yakni berukuran 4.300 mAh saja. selain itu ponsel ini dibekali dengan fitur fast charging 30W yang memungkinkan baterai hingga 100% dalam kurun waktu 1 jam 15 menit.

Tentu sangat disayangkan, ketika banyak sekali kompetitor yang menggunakan fitur fast charging lebih besar seperti 65W pihak Asus malah membekalinya lebih kecil

Fitur lainnya

Untuk menemani aktifitas pengguna, ASUS Zenfone 9 ini didukung dengan teknologi audio Dirac, Qualcomm aptX Lossless dan aptX Adaptive, Dirac, LDAC, dan AAC. Dengan dukungan tersebut membuat perangkat ini mampu menghasilkan suara kualitas Hi-Res yang bisa dinikmati ketika menggunakan earphone yang terkoneksi Bluetooth.

Untuk fitur lainnya, ASUS Zenfone 9 ini sudah berjalan pada sistem operasi Android 12 yang berbasis Zen UI. Anda tidak perlu khawatir, karena akhir Desember 2022 kemarin ponsel ini telah mendapatkan upgrade OS ke Android 13 yang lebih baru.

Zen UI yang dibawakan oleh perangkat ini berbeda pada umumnya, di mana sistem yang dibawanya lebih ringan dan mirip sekali seperti Pixel. Sehingga tidak terlalu bloatware atau aplikasi bawaan yang dibawanya.

ASUS Zenfone 9 ini juga masih didukung dengan jack audio 3.5 mm dibagian atas bodi, serta memiliki sensor fingerprint yang akurat fitur keamanannya.

Harga ASUS Zenfone 9

Dengan spesifikasi yang dimilikinya, harga ASUS Zenfone 9 di Indonesia sendiri dijual senilai Rp 8 jutaan. Jelas harga tersebut dirasa cukup worth it dengan performa yang dihadirkan oleh perangkat ini.