fbpx
cara melipatgandakan memori RAM HP Samsung

Cara Melipatgandakan Memori RAM HP Samsung

Perusahaan Samsung terus berusaha untuk meningkatkan pengalaman para pengguna perangkat miliknya dengan memberikan sejumlah fitur baru. Nah salah satunya adalah fitur RAM Plus yang saat ini sudah banyak diadopsi oleh ponsel andrid lainnya.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara melipatgandakan memori RAM HP Samsung. Bukan seperti laptop yang bisa ditambahkan RAM secara manual kedalam suatu perangkat, namun yang dipraktekan disini adalah menambahkan RAM secara sistem.

Sesuai namanya, keberadaan fitur tersebut tentu untuk memperbesar kapasitas RAM dari hp Samsung secara virtual. Untuk cara kerjanya sendiri, smartphone bakal ”meminjam” sedikit kapasitas memori internal untuk dijadikan sebagai RAM virtual tambahan pada perangkat tersebut.

Belakangan ini perusaaan asal Korea Selatan tersebut memang menghadirkan fitur RAM Plus tersebut pada smartphone terbaru mereka, baik itu mulai dari kelas entry level, mid-range, hingga ponsel kelas flaghship. Keberadaan dari fitur ini dirasa sangat bermanfaat, khususnya pengguna ponsel entry level.

Untuk fitur barunya tersebut, pihak Samsung mengklaim mampu memberikan opsi tambahan RAM virtual hingga 8 GB. Contoh sederhananya begini, pada perangkat Galaxy A73 5G yang dibekali dengan RAM 8 GB, lalu anda menerapkan cara melipatgandakan memori RAM HP Samsung ini, maka kapasitas maksimal RAM dari hp android tersebut menjadi 16 GB.

Lalu bagaimana cara melipatgandakan memori RAM HP Samsung tersebut? gampang banget, namun sebelumnya pastikan jika smartphone anda memang sudah mendapat dukungan dari fitur Samsung terbaru itu.

Nah untuk mengeceknya, anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini :

  • Silahkan buka menu “Settings” atau “Setelan” dalam hp Samsung
  • Selanjutnya tap opsi “Battery and Device Care”
  • Lalu tap opsi “Memory”
  • Nah jika hp Samsung anda mendukung fitur RAM Plus, maka bakal melihat menu tersebut di dalamnya

cara melipatgandakan memori RAM HP Samsung - 1

Cara Melipatgandakan Memori RAM HP Samsung

Setelah memastikan ketersediaan dari fitur tersebut di dalam Hp Samsung anda, maka langsung saja ikuti cara melipatgandakan memori RAM HP Samsung di bawah ini :

  • Langkah pertama silahkan anda buka menu “Settings” atau “Setelan” pada hp Samsung
  • Lalu tap opsi “Battery and Device Care”
  • Selanjutnya tap opsi “Memory”
  • Kemudian anda pilih opsi “RAM Plus”
  • Pastikan jika fitur tersebut tombol toggle yang dimilikinya ke arah “On”
  • Setelah itu silahkan anda pilih besaran RAM virtual yang anda inginkan. Dalam fitur ini pihak Samsung menyediakan beberapa opsi, diantaranya 2 GB, 4 GB, 6 GB, dan 8 GB.
  • Setelah itu tap opsi “Restart” untuk menerapkan kapasitas RAM virtual tersebut
  • Selesai
BACA JUGA  Vivo Ikuti Trend Baterai 6.000 mAh, Ini Series Pertamanya

cara melipatgandakan memori RAM HP Samsung - 2

Perlu kami ingatkan lagi, jika penggunaan RAM Plus ini adalah meminjam kapasitas memori internal dari hp Samsung tersebut. Pastikan jika memori internal dari ponsel anda masih banyak ketika memakai fitur tersebut.

Pihak Samsung pun menghimbau jika sebaiknya menggunakan virtual RAM yang paling besar, agar nantinya performa dari smartphone makin ngebut untuk digunakan menjalankan banyak aplikasi dalam satu waktu.

Cukup sekian ulasan tentang cara melipatgandakan memori RAM HP Samsung kali ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.