fbpx
iphone 14 pro max

Uji Fitur Always on Display iPhone 14 yang Terbukti Awet Banget

Di dalam perangkat iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max ini dibekali dengan Fitur Always-on display (AOD). Keberadaan fitur ini pun memungkinkan perangkat masih tetap bisa menampilkan beberapa pemberitahuan walau layar ponsel pada kondisi terkunci saat itu.

Beragam pemberitahuan yang bisa diperlihatkan oleh fitur AOD ini meliputi widget, wallpaper dengan pencahayaan yang agak diredupkan, bahkan preview dari konten yang didengarkan pengguna pun juga bisa dimunculkan oleh fitur AOD tersebut.

Beberapa lalu, kedatangan fitur Always-on display (AOD) pada perangkat iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max ini banyak yang menilai bakalan membuat baterai dari iPhone bakal makin boros. Karena anggapan dari netizen itu, sebagai jalan keluarnya pihak Apple meluncurkan update dari iOS 16.2.

Untuk anda yang belum mencoba fitur AOD pada kedua iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max tersebut. Ada sebuah pengujian dilakukan oleh YouTuber PhoneBuff, dalam pengujian tersebut diketahui jika fitur AOD ini ternyata tidak membuat baterai iPhone 14 Pro Max jadi boros.

Dalam pengujian yang dilakukan itu, PhoneBuff langsung memakai tiga unit iPhone 14 Pro Max. Pada perangkat iPhone pertama diatur dengan AOD standar dan wallpaper diaktifkan, lalu untuk iPhone kedua cuma aktifkan AOD dengan teks dan untuk iPhone ketiga fitur AOD tidak diaktifkan.

hasil pengujian fitur AOD iPhone 14 Pro Max

Dalam pengujian kali ini, sang Youtuber pun juga mereset perangkat iPhone Pro Max yang digunakan. Selain itu juga ia mengaktifkan mode pesawat dan mengatur pencahayaan standar, lalu ketika perangkat tersebut di didiamkan standby selama 24 jam.

Lalu seperti apa hasil pengujiannya? perangkat iPhone 14 Pro Max yang mengaktifkan fitur AOD serta wallpaper aktif daya baterainya tersisa 80%. Sementara iPhone kedua dengan fitur AOD dan teks menyisakan baterai 84%, itu artinya penggunaan AOD hanya beda sekitaran 4% saja konsumsi daya baterainya.

PhoneBuff berpendapat, jika hal ini tentu dikarenakan dukungan refresh rate yang aktif pada perangkat iPhone 14 Pro Max. Maksimal refresh rate dari ponsel tersebut adalah 120 Hz, sementara ketika ponsel standby mara refresh rate dari ponsel tersebut turun hingga 1 Hz.

Sementara itu, untuk perangkat iPhone 14 Pro Max yang tidak mengaktifkan fitur AOD, baterainya masih aman 100 %. Namun perlu di ingat, jika dalam pengujian tersebut mode pesawat dari hp iPhone ini aktif, sehingga tidak ada jaringan apapun yang terhubung ke perangkat.

BACA JUGA  Sudah Bisa Dipesan di Singapura, Begini Cara Hitung Pajak iPhone SE 2022

Di waktu yang sama, PhoneBuff juga melakukan pengujian berupa perbandingan fitur AOD pada iPhone 14 Pro Max dengan milik Samsung Galaxy S22 Ultra. Yang menarik, kedua smartphone menyisakan kapasitas baterai yang sama yakni 84%.

Tentu dari hasil pengujian ini bisa disimpulkan, jika pemikiran jika fitur AOD pada iPhone 14 Pro Max bikin baterai boros tidak sepenuhnya benar. Karena daya yang terkuras dengan mengaktifkan fitur tersebut tidak lebih dari 20% selama 24 jam aktif, namun jika ingin benar-benar baterai iPhone irit anda bisa mematikan fitur AOD tersebut.