fbpx
iphone SE 3

HP iPhone Murah Batal Rilis Tahun Ini?

iPhone SE ialah perangkat iPhone paling murah yang dirilis oleh perusahaan Apple. Dimana generasi paling akhir dari perangkat tersebut dirilis mereka pada tahun 2021 lalu dengan menggunakan nama iPhone SE 3.

Dari kabar yang berhembus di dunia internet baru-baru ini, perusahaan Apple disebut telah membatalkan rencana mereka untuk mengeluarkan iPhone SE 4 di tahun 2024 ini. Lantas apa alasan perusahaan Apple membatalkannya?

Menurut Ming-Chi-Kuo yang merupakan analis Apple, perusahaan yang berbasis di Cupertino itu memberitahukan hal itu kepada para pemasoknya.

Apple berencana untuk menghadirkan chip 5G internal pertama kalinya pada seri iPhone SE generasi ke-4 tersebut. Tetapi hal tersebut belum jadi kenyataan karena menurut Kuo, Apple nampaknya sudah membatalkan peluncuran smartphone yang sudah dinantikan banyak penggemar itu.

Dikutip dari laman Mint, Apple akan terus memakai chip Qualcomm 5G untuk smartphone miliknya di tahun 2024 mendatang, termasuk untuk ponsel terbaru mereka iPhone 16 series mirip dengan perangkat yang sudah rilis sekarang.

iphone SE 3

“Karena kekhawatiran performa chip baseband in-house kemungkinan tidak sesuai dengan Qualcomm, Apple awalnya merencanakan untuk meluncurkan chip baseband-nya di tahun 2024 dan iPhone SE 4 kelas bawah mengadopsinya lebih dulu,” tutur Kuo.

Baru setelah evaluasi, akan diputuskan apakah chip 5G internal tersebut bakal digunakan untuk iPhone 16 series di tahun depannya. Dengan pembatalan yang dilakukan pihak Apple kali ini, Kuo beranggapan jika hal ini tentu bakal meningkatkan kemungkinan jika Qualcomm tetap jadi pemasok chipset mereka hingga generasi iPhone 1 series.

Pada akhir tahun 2021 kemarin, Kuo sudah menduga jika Apple bakal membatalkan atau sekedar menunda peluncuran dari ponsel iPhone murah yakni iPhone SE 4 tersebut. Hal ini mungkin karena pengapalan unit yang lebih dari harapan pihak perusahaan untuk perangkat kelas menengah kebawah mereka.

Seperti yang santer diberitakan, jika penjualan unit iPhone SE 3, iPhone 13 Mini, serta iPhone 14 Plus yang dijual dengan harga lebih terjangkau tidak sesuai dengan target penjualan mereka.

BACA JUGA  Mengenal iOS Milik Apple Lebih Mendalam