fbpx
baterai iphone

Lah! Harga Service Baterai iPhone, iPad dan Macbook Naik

Perusahaan Apple diketahui menaikkan harga untuk penggantian baterai pada perangkat iPhone, iPad, serta Mac. Kenaikan biaya yang dibebankan ini pun beragam, mulai dari 20 USD hingga 50 USD atau setara Rp 300 ribuan hingga Rp 700 ribuan.

Hanya saja untuk kenaikan biaya ini tidak terjadi dalam waktu dekat ini, melainkan mulai berlaku pada bulan Maret 2023 mendatang di kawasan Amerika Serikat. Pengumuman mengenai kenaikan harga ini diumumkan oleh Apple melalui laman resminya di wilayah AS.

“Biaya layanan baterai di luar garansi saat ini akan berlaku hingga akhir Februari 2023. Mulai 1 Maret 2023, biaya layanan baterai di luar garansi akan dinaikkan sebesar 20 dollar AS untuk semua model iPhone sebelum iPhone 14,” tulis pihak Apple pada laman resminya.

Sebelumnya pada tahun 2008 silam, pihak Apple sempat menetapkan biaya service baterai iPhone ini sebesar 29 USD. Hal ini sebagai bentuk permintaan maaf mereka serta kompensasi mengenai skandal Apple yang sengaja memperlambat kinerja dari iPhone lama setelah melakukan update OS.

biaya service baterai iphone

Lalu pada tahun 2019 lalu sampai saat ini, harga service baterai iPhone lama seperti iPhone SE, iPhone 8, hingga versi yang lebih lama di negara asalnya dipatok seharga USD 49 atau setara Rp 700 ribuan. Lalu untuk iPhone model terbaru seperti seri X, 11, hingga lainnya dipatok lebih mahal yakni  senilai USD 69 atau setara dengan Rp 1 jutaan.

Namun harga ini hanya berlaku sampai akhir bulan Februari 2023 mendatang. Karena per 1 Maret 2023 pihak Apple bakal menaikkan harga service baterai iPhone sebesar USD 20 menjadi 69 USD dan USD 89.

Untuk perangkat iPhone 14 series terbaru tidak termasuk dalam penyesuaian harga service baterai tersebut, karena perangkat tersebut masih masuk dalam masa garansi 1 tahun dengan harga pergantian baterai lebih mahal sejak awal yakni senilai USD 99.

Namun perlu kami ingatkan jika harga yang tertera di atas ini hanya berlaku di negara asalnya yakni Amerika Serikat. Dan bisa jadi untuk harga service baterai iPhone ini setiap negara bisa berbeda-beda.

BACA JUGA  Wow! Harga iPhone di Jepang Termurah Sedunia untuk Saat Ini

Dikutip dari laman KompasTekno, di Singapura untuk biaya pergantian baterai iPhone semua series kecuali iPhone 14 mengalami kenaikan sebesar USD 30 atau setara Rp 300 ribuan. Hanya saja untuk informasi kenaikan biaya service baterai iPhone ini masih belum merata, pasalnya sejumlah negara seperti Indonesia, Malaysia, hingga India belum ada informasi tersebut,

Selain iPhone, di Amerika Serikat harga service baterai juga berlaku pada perangkat iPad sebesar USD 20 atau setara Rp 300 ribuan. Hanya saja penyesuaian ini berlaku untuk beberapa seri saja, berikut diantaranya :

  • iPad Pro 12,9 inci (generasi ke-5 dan sebelumnya)
  • iPad Pro 11 inci (generasi ke-3 dan sebelumnya)
  • iPad Pro 10,5 inci
  • iPad Pro 9,7 inci
  • Semua series iPad mini
  • Semua series iPad Air

Sementara itu kenaikan harga service baterai juga berlaku pada perangkat Mac OS sebesar 30 USD atau setara dengan Rp 450 ribuan. Awalnya biaya service baterai ini senilai USD 129 atau setara Rp 2 jutaan, kini menjadi USD 159 atau setara Rp 2.4 jutaan.

Lalu untuk perangkat MacBook dan MacBook Pro juga mengalami peningkatan sebesar USD 50. Dari sebelumnya untuk baterai MacBook dan Macbook Pro  yang sebelumnya USD 199 atau setara Rp 3.1 jutaan menjadi USD 249 atau setara Rp 3.8 jutaan.