fbpx
Set top box gratis

Link Dapat Set Top Box TV Digital Gratis

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) saat ini terus memperluas jangkauan wilayah yang dimatikan untuk siaran tv analognya, lalu digantikan dengan siaran tv digital. Adapun untuk melancarkan migrasi tv analog ke tv digital tersebut, pemerintah membagikan sejumlah STB gratis ke masyarakat.

Tidak semua masyarakat mendapatkan jatah Set top box tv digital gratis ini, hanya masyarakat yang masuk dalam kategori rumah tangga miskin ekstrim saja yang mendapatkannya. Untuk jumlah distribusi stb gratis kepada penerima manfaat hingga kini masih kecil, maka dari itu sebaiknya warga melakukan “jemput bola” untuk dapatkan bantuan tersebut.

Perlu anda ketahui, jika sumber bantuan Set top box tv digital gratis ini berasal dari sejumlah perusahaan stasiun tv sekaligus penyelenggara multipleksing (mux). Sejumlah perusahaan ini mulai dari Emtek Grup, Transmedia, Media Grup, Viva Grup, MNC Grup, RTV, Nusantara TV, dan sisanya merupakan bantuan oleh Kementerian Kominfo.

Seperti dikutip dari laman InetDetik, jika per Desember 2022 kemarin realisasi distribusi STB gratis dari Kominfo ini mencapai 97,8% dan dari swasta sebesar 5,4%. Untuk jumlah total Set top box tv digital gratis yang dibagikan sekitar 5.504.224 unit, sementara yang masih tersalurkan saat ini mencapai 1.331.459 unit, atau masih 25,6% saja.

menkominfo

Dengan begini berarti masih tersisa sekitar 4.121.874 unit yang belum diterima oleh masyarakat Indonesia yang masuk dalam kategori rumah tangga miskin ekstrim. Lantas apa saja syarat untuk dapatkan Set top box tv digital gratis ini?

Cara TV Tabung Bisa Digital

Syarat Dapatkan Set Top Box TV Digital Gratis

  • Wilayah anda terdampak Analog Switch Off (ASO)
  • Anda termasuk dalam kategori rumah tangga miskin ekstrem sesuai dengan Data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE)
  • Mempunyai TV analog dirumah
  • Mempunyai identitas diri berupa e-KTP

Jika anda termasuk dalam syarat yang kami sebutkan di atas tadi, maka bisa coba melakukan pengajuan bantuan untuk dapatkan Set top box tv digital gratis berikut ini.

Pengajuan Bantuan Set Top Box TV Digital Gratis

  • Langkah pertama silahkan anda kunjungi website https://cekbantuanstb.kominfo.go.id
  • Silahkan anda masukkan NIK dan kode captcha di kolom yang tersedia
  • Klik “Pencarian”
  • Jika nama anda terdaftar sebagai penerima bantuan, maka bisa langsung menghubungi Call Center 159. Anda juga bisa mengunjungi lokasi Posko Respons Cepat Penanganan Bantuan STB dengan membawa KTP dan KK asli sesuai yang terdaftar pada website di atas tadi
  • Jika ada kendala kendala saat mengakses website, maka anda bisa menghubungi Call Center 159 atau nomor telepon posko. Untuk Jam operasional dari layanan call center ini adalah hari : Senin – Jum’at (kecuali libur nasional)vPukul 08.00 – 16.00 WIB.
BACA JUGA  Daftar Rekomendasi TV Digital Terbaik Harga Rp 1-2 Jutaan, Sudah Bisa Tanpa STB

Baik pihak Kominfo maupun penyelenggara mux, menargetkan jika seluruh pembagian Set top box tv digital gratis untuk masyarakat ini rampung pada bulan April 2023 mendatang. Apabila nantinya pembagian STB gratis ini usai, maka seluruh siaran tv analog di Indonesia bakal dimatikan semua.