iphone no service

iPhone No Service Bisa Muncul dengan 4 Kejadian Ini

Bagi pengguna perangkat iPhone, mungkin mereka pernah mengalami masalah seperti pada bagian bar sinyal atau jaringan ponsel mereka muncul keterangan “tidak ada layanan” atau “no service”.

Ini merupakan hal yang umum terjadi, di mana perangkat memberitahukan kepada pemilik ponsel jika perangkat iPhone miliknya tidak tersambung pada jaringan apapun. Nah sebenarnya apa penyebab notifikasi tersebut muncul? nah ulasan berikut ini secara esklusif akan membahas mengenai hal tersebut.

Pemicu Notifikasi iPhone No Service Muncul

Ada beberapa faktor yang menyebabkan masalah pada perangkat iPhone tersebut muncul, nah anda bisa mencari tahu jawabannya di bawah ini.

1. Perangkat iPhone ada di luar jangkauan sinyal operator seluler

Pemicu iPhone tidak ada layanan pertama yang paling umum terjadi ialah anda sedang berada di luar jangkauan sinyal operator seluler tersebut. Saat anda ada di luar jangkauan sinyal operator seluler, maka secara otomatis perangkat iPhone akan kesulitan untuk mendapatkan sinyal tersebut.

Hingga pada akhirnya, bar sinyal pada perangkat iPhone bakalan kosong dan bisa muncul keternagan “tidak ada layanan” atau “No Service”. Kondisi ini tidak hanya di alami pengguna iPhone saja, namun pengguna android pun juga bakal mengalami kejadian serupa jika lokasinya berada di luar jangkauan sinyal operator seluler.

Jika menemui masalah ini, langkah mengatasinya dapat dengan berpindah ke lokasi yang dapat dijangkau oleh sinyal dari operator seluler yang anda gunakan tersebut.

Disamping itu, juga bisa dengan coba menghidupkan dan menonaktifkan mode pesawat pada  perangkat iPhone tersebut. Atau, anda juga bisa coba keluarkan kartu SIM dan memasukkan kembali. Langkah ini bermanfaat untuk memuat ulang jaringan mobile pada perangkat iPhone maupun android.

2. Bug pada sistem operasi iPhone

Untuk masalah yang pertama tadi memang menjadi hal yang lumrah terjadi, namun jika bukan kejadian di atas pemicunya, maka bisa jadi karena ada bug pada OS atau sistem operasi perangkat iPhone tersebut. Jika ada bug pada OS, umumnya Apple akan memberikan penyempurnaan melalui pembaruan sistem operasi atau sistem pengaturan operator seluler.

BACA JUGA  Harga Honor Magic 5 Lite Rp 6 jutaan Layar Melengkung

Seperti dikutip dari laman support Apple, saat perangkat iPhone anda muncul notifikasi tidak ada layanan atau No Service, coba untuk mengupdate sistem operasi atau sistem pengaturan pada operator seluler.

penyebab iphone no service

Nah untuk mengupdate sistem operasi pada perangkat iPhone tersebut, cara paling mudah adalah dengan mengeceknya melalui menu pengaturan, lalu buka opsi “General” dan klik “Software Update”.

Bila tersedia pembaruan tersebut, tanpa pikir panjang langsung saja silahkan tap opsi “Unduh dan Instal”. Selanjutnya untuk mengupdate sistem pengaturan operator seluler, triknya silahkan buka menu “General” dan lihat opsi pembaruan dibagian samping kolom operator. Jika terdapat pembaruan tersebut, silahkan anda update untuk mengatasi masalah No Service pada iPhone.

3. Adanya Masalah Pada Hardware

Pemicu iPhone No Service selanjutnya bisa jadi karena ada kerusakan di bagian perangkat keras atau hardware di iPhone tersebut, sehingga tidak bisa menerima sinyal jaringan seluler tersebut. Umumnya hardware yang mengalami masalah di sinyal ini adalah IC Baseband atau IC Sinyal.

Ketika perangkat IC Baseband rusak, maka secara otomatis iPhone anda tidak akan bisa menangkap sinyal jaringan seluler walau sudah terpasang dengan kartu SIM di dalamnya. Untuk indikasinya, perangkat iPhone bakal tampilkan tulisan “tidak ada layanan” atau “no service” pada bar sinyal tersebut.

Jika terjadi kerusakan pada komponen hardware tersebut, karena itu tidak ada jalan selain segera bawa iPhone ke tempat service terpercaya untuk memperoleh perbaikan lebih lanjut. Atau jika masih bergaransi, anda bisa membawanya ke iPhone Service Center nanti.

4. IMEI tidak terdaftar

Dan pemicu iPhone tidak ada layanan atau muncul No Service pada bar sinyal adalah karena  IMEI (International Mobile Equipment Identity) pada perangkat tersebut belum tercatat di database pemerintah. Saat tidak terdaftar, maka akses jaringan seluler pada perangkat iPhone anda pun bakal diblokir sebagai konsekuensinya.

Mengenai hal ini mungkin sudah bukan rahasia lagi, karena sejak tahun 2020 silam pihak pemerintah Indonesia terus memberantas keberadaan ponsel Black Market (BM) masuk ke Indonesia. Tidak terkecuali perangkat iPhone yang terkenal sebagai ponsel premium.

BACA JUGA  Spesifikasi dan Harga Realme C20, Ponsel Murah dengan Baterai Jumbo

Dan salah satu caranya adalah mengharuskan semua smartphone yang digunakan di Indonesia, IMEI perangkat tersebut sudah terdaftar dalam database pemerintah. Jika tidak, maka ponsel tersebut tidak akan bisa mendapatkan jaringan dari operator seluler manapun di Indonesia.

Untuk solusinya, silahkan anda daftarkan terlebih dahulu perangkat iPhone tersebut ke Kemenprin agar nantinya bisa mendapatkan akses jaringan seluler di Tanah Air.

Cukup sekian dulu ulasan kali ini tentang pemicu iPhone No Service yang perlu anda ketahui, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.