trik rahasia iPhone

10 Trik iPhone yang Harus Pengguna Ketahui Biar Lebih Manfaat

Taukah anda, jika ternyata perangkat iPhone ini menyimpan banyak sekali fitur keren yang jarang digunakan pengguna. Alasannya bukan karena tidak bisa digunakan, namun umumnya mereka tidak tahu bagaimana cara menggunakan fitur tersebut.

Padahal sejumlah fitur yang ada di dalam perangkat iPhone tersebut dinilai sangat bermanfaat dalam kondisi tertentu untuk memudahkan pengguna menyelesaikan tugas. Penasaran fitur apa saja yang kami maksud tersebut? yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

10 Trik Rahasia iPhone Jarang Diketahui

1. Scan Dokumen

Fitur pertama di iPhone yang perlu anda tahu adalah kemampuannya untuk melakukan scan dokumen. Tentu fitur ini memungkinkan anda melalukan scan dokumen asli menjadi format digital, sehingga bisa digunakan untuk beberapa keperluan pemberkasan.

Untuk melakukannya, silahkan anda buka fitur Notes di dalam iPhone, lalu tap ikon buat Note baru dibagian kiri bawah. Setelah itu tap ikon + dan diikuti ikon kamera, dan lanjut pilih menu Scan Document.

Silahkan anda arahkan kamera ke dokumen yang mau di scan, jika sudah pas silahkan tap tombol Shutter untuk proses scan.

2. Tandatangani Dokumen

Apakah anda perlu melakukan tanda tangan secara digital? Di iPhone bisa melakukannya dengan mudah.  Silahkan anda buka dokumen yang butuh tanda tangan tersebut, lalu tap ikon pencil dibagian kanan atas, setelah itu tap ikon +.

Setelah itu tap opsi Signature, lalu bikin tanda tangan anda menggunakan jari di layar. Jika sudah sesuai, tap opsi Done, maka tanda tangan anda akan menempel pada dokumen. Silahkan atur posisinya agar presisi.

3. Caps Lock

Apakah anda butuh mengisi sebuah dokumen atau form dengan huruf capital semua? di dalam hp iPhone terdapat fitur untuk membantu anda. Tentu repot jika harus menekan tombol shift terus untuk membuat huruf capital, solusinya anda bisa memakai ftur Capslock dengan cara menekan tombol shift dua kali untuk mengaktifkannya.

BACA JUGA  Samsung Galaxy S23 Fe Vs Galaxy S23, Apa Aja dengan Selisih Rp 4 Juta?

4. Kaca Pembesar

Pada saat sedang membaca dokumen namun tulisannya sangat kecil, tentu menyulitkan anda untuk membacanya. Nah di dalam iPhone ini ada fitur kaca pembesar yang bisa anda gunakan untuk memudahkan membaca dokumen dengan ukuran kecil.

Silahkan anda buka menu Pengaturan di iPhone, tap opsi Aksesibilitas >> Magnifier, lalu aktifkan fitur tersebut. Setelah itu tinggal buka aplikasi Magnifier ini dan arahkan pada objek bacaan ke kamera ponsel.

5. Tombol Backspace Pada Fitur Kalkulator

Sama halnya dengan smartphone pada umumnya, di dalam iPhone ini juga telah dibekali dengan aplikasi kalkulator bawaan. Hanya saja di dalamnya ini tidak dibekali dengan fitur backspace, sehingga seringkali membuat pengguna bingung saat ingin menghapus angka jika ada kesalahan.

Untuk cara menghapusnya ternyata mudah, anda tinggal swipe ke kiri pada area angka tersebut. Seketika itu maka angka terakhir yang muncul bakalan terhapus.

fitur dalam iphone

6. Mencerahkan Senter

Fitur iPhone selanjutnya yang tidak diketahui pengguna adalah mencerahkan cahaya dari fitur senter. Cara melakukannya sangat mudah, yakni anda tinggal swipe kanan atas layar, lalu tekan agak lama pada ikon senter.

Selanjutnya silahkan anda gerakkan keatas dan bawah guna meningkatkan kecerahan dari cahay senter tersebut.

7. Trackpad

Apakah anda tahu jika ternyata pada perangkat iPhone ini bisa diubah menjadi trackpad? Hanya saja langkah ini bisa anda lakukan jika sudah menggunakan sistem operasi iOS 12 atau yang terbaru.

Untuk menggunakannya pun gampang, silahkan anda ketik teks apapun, setelah itu tekan dan tahan pada bilah spasi di keyboard iPhone. Seketika itu, maka area keyboard bakalan berubah menjadi seperti trackpad, sehingga anda bisa mengarahkan kursor kemana pun.

8. Meluncurkan Aplikasi Secara Cepat

Saking banyaknya aplikasi di dalam iPhone, sampai bingung mencari satu aplikasi yang dibutuhkan saat itu. Tak perlu pusing, anda tinggal mengetik nama aplikasi tersebut pada ikon search di bagian bawah layar iPhone, atau bisa dengan tarik layar ke bawah dan tap ikon pencarian, lalu ketikkan nama aplikasi yang di inginkan.

BACA JUGA  Lebih Mahal Dari Mi 11 Ultra, Bocoran HP Xiaomi Baru Beredar!

9. Lacak Langkah

Taukah anda jika ternyata perangkat iPhone ini mampu melacak langkah secara otomatis seperti pada perangkat smartband? Untuk menggunakannya silahkan anda buka apliaksi kesehatan yang ada di dalam perangkat iPhone.

Di sana anda akan melihat berapa banyak langkah yang telah berhasil direkam oleh perangkat iPhone anda setiap hari.

10. Lempar Koin

Ketika dalam perlombaan biasanya menggunakan lempar koin untuk menentukan sebuah pilihan. Jika saat itu anda lupa membawa koin, maka bisa menggunakan iPhone.

Cukup dengan bantuan asisten virtual dari Apple anda bisa melakukannya. Caranya silahkan katakan “Hei, Siri, lempar koin!” maka fitur lempar koin virtual ini bakalan muncul.

Nah itu tadi sedikit ulasan tentang 10 trik iPhone yang perlu anda ketahui, semoge bermanfaat dan selamat mencoba.