Huawei Mate 50 Pro Jadi Sang Raja Kamera Baru di Kelas Smartphone

Huawei Mate 50 Pro dinobatkan sebagai ponsel dengan skor kamera terbaik. Hal ini sesuai yang dilakukan DxOMark, salah satu situs Benchmark yang kerap kali melakukan pengujian kualitas kamera/ hasil foto smartphone.

Usai di uji, skor DxOMark Huawei Mate 50 Pro mencapai 149 poin untuk persoalan kamera. Skor tersebut lebih unggul 2 poin dari Pixel 7 dengan 147 poin.

Smartphone ini telah meluncur sejak September 2022 lalu di China, dan dilengkapi konfigurasi 3 kamera belakang beresolusi 50 MP, 64 MP serta 13 MP. Sedangkan untuk kamera depan juga dengan 13 MP.

Pada kamera belakangnya dibekali dengan OIS (Optical Image Stabilization), dan zoom optik 3,5x.

Huawei Mate 50 Pro menurut DxOMark mampu hasilkan campuran warna yang enak di mata dalam kondisi yang cukup cahaya, efek bokeh yang cukup baik, detail yang jelas bahkan saat melakukan zoom, serta kemampuan fitur auto-focus yang terkontrol dengan baik untuk merekam video.

Bukan hanya itu, kamera yang dimiliki Mate 50 Pro ini juga mampu menghasilkan potret dengan cakupan bidang gambar yang luas, baik saat memotret foto atau merekam video.

Sayangnya di kesempatan ini DxOMark juga menyoroti kekurangan kamera belakang  pada Huawei Mate 50 Pro. Misalnya pada pemrosesan gambar XMAGE AI, kinerja White Balance, dan shutter lag, sehingga bisa memicu pengguna kehilangan momen yang diinginkan.

Spesifikasi Huawei Mate 50 Pro

Varian Pro pada keluarga Mate 50 Series menjadi smartphone Huawei tertinggi diantara Huawei Mate 50 reguler dan Huawei Mate 50 RS Porsche Design.

Sebagai perangkat tertinggi tentunya ada banyak keunggulan yang di miliki, misalnya yaitu dari segi layar dimana telah menggunakan teknologi OLED seluas 6 64 inci dengan resolusi 1.212 x 2.616 piksel, refresh rate 120 Hz, dan touch sampling rate 300 Hz.

Belum lagi hiasan layar seperti poni yang cukup panjang sebagai wadah kamera depan 13 MP dan sebuah sensor kamera ToF 3D.

Salah satu fungsi dari sensor tersebut adalah sebagai kamera depth sensor dan sensor biometriks.

BACA JUGA  Segini Performa Huawei P50 Pro dengan Sederet Spek Unggulan

Agar mampu menunjang performanya, perangkat ini diotaki oleh chipset Qualcomm Snapdragon 8 Plus Gen 1 dengan arsitektur 4nm. Kemudian chipset tersebut dipadukan dengan kapasitas RAM 8 GB dan media penyimpanan 256/ 512 GB.

Soal baterainya, Huawei menanamkan kapasitas 4.700 mAH didukung fast charging 66 watt. Disamping itu, sistem operasi yang dijalankan yaitu HarmonyOS bikinan Huawei sendiri.

Smartphone ini telah mengantongi sertifikasi IP68, tahan terhadap air dan debu. Ada empat varian warna lucu seperti Orange, Ungu, Silver dan Black. Satu unit Mate 50 Pro dilepas dengan harga 6.799 yuan atau setara dengan Rp 14,5 juta.