oppo a17

OPPO A17 Vs A16, Perbedaan Kecil yang Tetap Harus Diperhatikan

Perusahaan Oppo telah secara resmi meluncurkan smartphone terbaru mereka untuk kelas menengah kebawah bernama OPPO A17 di Indonesia. Smartphone keren ini datang pada hari Kamis (20/10/2022) kemarin.

Sesuai namanya, OPPO A17 ini merupakan generasi penerus dari pendahulunya yakni OPPO A16 yang rilis di Indonesia lebih dulu pada Juli 2021. Meskipun sudah ada generasi penerusnya, untuk perangkat OPPO A16 ini masihtetap tersedia di Indonesia.

Sebagai generasi penerus, sudah di pastikan jika OPPO A17 dipersenjatai dengan spesifikasi yang semakin ditingkatkan dari sebelumnya. Salah satu yang paling menonjol ada pada bagian belakang bodi yang dibuat mirip sekali dengan Reno 7 4G serta Oppo A77s.

Selain dari sisi bodi, persamaan lainnya juga terdapat pada bagian dapur pacunya yang mengusung chipset Mediatek Helio G35. Nah berikut ini akan kaimi bahas tentang perbedaan maupun persamaan antara OPPO A17 vs OPPO A16 yang bisa anda jadikan bahan pertimbangan nanti.

Sisi Desain Serta Kamera

Perbandingan pertama kali ini adalah pada bagian desain dan kamera, dimana kedua ponsel ini memiliki spesifikasi yang tidak jauh berbeda. Untuk OPPO A16 ini datang dengan menggunakan pungung mengkilap seperti ponsel kekinian pada tahun lalu.

Sementara OPPO A17 mengusung spesifikasi yang lebih elegan karena memiliki pungung bertekstur menyerupai kulit seperti yang digunakan Oppo A77s maupun Oppo Reno 7 4G.  Selain bodi belakang, desain kamera yang dimiliki A17 juga lebih keren dari sebelumnya.

oppo a17 vs oppo a16

Untuk kamera dari OPPO A16 sebelumnya memakai modul persegi panjang sebagai rumah dari kamera belakangnya, untuk OPPO A17 ini tidak memakai modul tersebut. Untuk ponsel tersebut kamera belakangnya berukuran besar, dan nampak seperti ditanamkan pada bodi belakang tersebut.

Dari segi jumlah memang kamera OPPO A16 ini masih lebih banyak dari varian terbaru, hanya saja untuk kemampuan dari kameranya masih jauh lebih handal untuk varian terbaru. Untuk A16 ini hadir dengan menggunakan pangaturan triple kamera berukuran 13 MP + 2 MP  (macro) + 2 MP (Mono).

BACA JUGA  Rekomendasi Aplikasi Penghapus Latar Belakang Foto Terpopuler

Sementara untuk OPPO A17 ini datang dengan menggunakan pengaturan dual kamera berukuran 50 MP + 2 MP (mono).  Sementara itu pada kamera depannya versi lama lebih unggul, dimana A17 di dukung kamera selfie 5 MP, dan A16 dibekali 8 MP.

Berpindah ke bagian depan, di mana kedua ponsel ini mengusung layar dengan spesifikasi sama yakni 6.5 inch beresolusi FHD plus. Hanya saja untuk tampilan dari layar OPPO A17 ini nampak lebih besar karena memiliki rasio screen to body mencapai 89,8 persen, berbeda dengan pendahulunya yang memiliki rasio 88,7 persen.

Dapur Pacu

Masuk pada bagian dapur pacunya, dimana kedua ponsel ini masih ditenagai oleh chipset yang sama yakni Mediatek Helio G35 yang dibantu dengan RAM 4 Gb dan memori internal berukuran 64 GB.  Jika Oppo A16 hadir dengan menggunakan Android 11, maka sebagai ponsel baru OPPO A17 ini didukung Android 12 dengan antarmuka ColorOS 12.1.

Lalu untuk menemani aktifitas pengguna, kedua smartphone ini juga masih dibekali dengan baterai yang sama yakni berkapasitas 5.000 mAh. Lalu untuk fitur lainnya juga tidak ada perubahan, seperti dukungan fingerprin, audio jack, hingga bluetooth.

Yang menariknya adalah, jika OPPO A16 menggunakan USB type-C, sementara untuk OPPO A17 masih memakai versi lama yakni microUSB 2.0.

Lalu bagaimana soal harganya? Untuk harga OPPO A16 ini dijual senilai Rp 2.5 jutaan dengan varian RAM 4 GB / 64 GB. Sementara harga OPPO A17 masih lebih murah yakni Rp 2.099.000 untuk varian RAM 4 GB / 64 GB.