Kini Android Go Semakin Berat Berjalan di HP Murah

Belum lama ini Google pamerkan pencapaiannya atas ‘Android Go’, yakni pengguna aktif bulanan yang mencapai 250 juta perangkat. Disisi lain, mereka juga merilis versi terbaru dari sistem operasi tersebut yaitu Android 13 Go.

Sebagai informasi, Android Go merupakan operasi sistem (OS) Android yang telah disesuaikan untuk perangkat berbasis Android dengan keterbatasan storage dan memori.

Namun untuk yang terbaru ini Google memberikan syarat spesifikasi yang ditingkatkan.

Syarat minimal itu nampaknya memang harus ditambah karena Google pun telah menambahkan sistem berupa Material You ke dalam Android 13 Go.

Dengan sistem ini pengguna bisa memilih empat jenis tema warna yang sesuai dengan wallpaper yang sedang digunakan.

Material You sendiri pertama kali dikenalkan pada Android 12, sayangnya kala itu sistem ini tak langsung diberikan pada Android 12 Go.

Adapun perbedaan Material You di Android versi penuh dengan versi Android 13 Go yakni pada segi tampilan animasinya yang lebih soft, karena pihak Google sendiri tak menyebut kehadirannya.

Android 13 Go pun dilengkapi dengan Google Play System Updates, yang mana pengguna bisa menjadikan ponselnya tak ketinggalan dari yang lain alias tetap update tanpa menghabiskan storage ponsel.

Sementara itu fitur baru dan security patch dapat di unduh tanpa harus memperbarui OS secara keseluruhan.

Sederet fitur unggulan di Android 13 pun tersedia pada Android 13 Go, misalnya notification permission dan mengubah bahasa di aplikasi tertentu, hal ini sebagaimana yang dikutip Detik Inet dari The Verge, pada Jumat (21/10/2022).

Kini, kabarnya sistem operasi Android 13 Go bakal mulai tersedia di ponsel baru keluaran tahun 2023. Besar kemungkinan, para pengguna ponsel Android Go saat ini sudah tidak bisa lagi memperbarui ponselnya ke Android 13 Go, karena Google telah memberikan peningkatan syarat minimal spesifikasi ponsel untuk bisa menginstalnya.

Adapun nisalnya adalah Android 13 Go perlu RAM minimal 2GB dan storage minimal 16GB. Sementara Android 11 dan 12 Go hanya memerlukan kapasitas RAM 1GB saja, dan Android 10 serta Android 9 hanya perlu RAM 512MB.