Oppo A77s

OPPO A77s Vs OPPO A76, Perlu Beli Versi Baru?

Oppo A77s telah secara resmi meluncur di Indonesia pekan lalu, dan sekarang menjadi salah satu perangkat yang banyak di incar oleh konsumen, khususnya para penggemar Oppo.

Perlu anda ketahui, jika Oppo A77s ini merupakan generasi penerus dari ponsel sebelumnya yakni Oppo A76 yang duluan rilis di Indonesia pada bulan Februari 2022 kemarin.

Sebagai generasi penerus, maka bisa dipastikan jika Oppo A77s ini dibekali dengan sejumlah fitur keren yang sudah dinaikkan kemampuannya dari versi sebelumnya. Dan salah satu poin yang palin mencolok ada pada bagian desainnya.

Tak bisa dipungkiri, jika kali ini pihak Oppo telah sukses menyulap smartphone kelas menengah bawah Oppo A77s menjadi mirip seperti perangkat premium. Hal ini tidak terlepas dari penggunaaan bahan Fiberglass Leather Design alias material mirip kulit yang sebelumnya juga disematkan pada Oppo Reno 7 4G.

Dengan demikian, bagian punggung smartphone itu akan berkesan lebih modern dan masih tetap membawa kesan eksklusif, walau datang dari keluarga Oppo A Series yang secara kelas masih ada di bawah seri Reno.

Oppo A77s

Peningkatan selanjutnya juga datang dari sisi fotografi ponsel tersebut, dimana Oppo A77s ini membawakan peningkatan yang signifikan dari seri sebelumnya. Oppo A76 saat itu hadir dengan membawakan kamera utama 13 MP (f/2.2), sementara untuk Oppo A77s kini membawakan kemera utama dengan resolusi 50 MP (f/1.8).

Kamera canggih dari Oppo A77s  ini disematkan dalam sebuah modul berbentuk persegi bersamaan dengan kamera depth sensor memiliki resolusi 2 MP (f/2.4). Lalu untuk memenuhi kebutuhan foto selfie pengguna, kamera depan Oppo A77s mempunyai resolusi yang serupa dengan pendahulunya, yakni 8 MP (f/2.0).

Tidak hanya membawakan resolusi kamera besar saja, namun kamera Oppo A77s ini juga dilengkapi dengan sejumlah fitur keren seperti fitur bokeh Flare Portrait yang merupakan peningkatan dari fitur potrait sebelumnya. Dengan fitur tersebut, memungkinkan anda bisa mengambil foto dengan background blur seperti layaknya kamera profesional.

Puas membahas sektor fotografinya, kini kita pindah pada bagian performanya. Di mana baik Oppo A77s maupun Oppo A76 ini sama-sama masih ditenagai oleg chipset Snapdragon 680, namun yang membedakannya adalah pada sisi kapasitas penyimpanannya

BACA JUGA  HMD Global Rilis 3 HP Nokira Murah

Oppo A77s hadir dengan menggunakan kapasitas RAM yang lebih besar yakni 8 GB, bukannya 6 GB seperti yang digunakan Oppo A76. Sementara itu untuk media penyimpanan internal masih sama yakni 128 GB.

Walau kapasitas media penyimpanan dari kedua ponsel ini masih sama, namun tipe penyimpanan yang dibawa Oppo A77s ini lebih bauk yakni versi UFS 2.2.

Upgrade dari Oppo A77s  dibandingkan Oppo A76 juga terjadi pada bagian speaker, di mana ponsel didukung dengan dua speaker stereo, dan sistem operasi (OS) Android 12 dengan tampilan antar-muka (UI) ColorOS 12.1.

Sementara kita tahu jika Oppo A76 masih menggunakan versi OS yang sedikit usang, yaitu  Android 11 dengan UI ColorOS 11.1.

Untuk bagian layarnya, Oppo A77s maupun Oppo A76 ini sama-sama dibekali dengan panel LCD 6.56 inch dan memiliki resousi HD Plus serta refresh rate 90 Hz. Untuk penampung dayanya pun masih sama, yakni baterai 5.000 mAh dengan fitur SuperVOOC 33W, dan mendapat sertifikasi IPX5 dan IPX4 membuatnya tahan air dan debu.

Dengan spesifkasi yang sedikit perbedaanya, lantas apakah anda tertarik membeli Oppo A77s atau Oppo A76 yang dijual lebih murah?