oppo a77s vs reno 7 4g

Mirip Tapi Beda Kelas, Ini Hasil Perbandingan OPPO A77s Vs Reno 7 4G

Perusahaan asal Tiongkok yakni Oppo, telah secara resmi meluncurkan smartphone terbaru mereka di pasar Indonesia. Ponsel yang dimaksud ini berasal dari keluarga A-series, yakni Oppo A77s yang sudah di promokan dalam beberapa hari terakhir.

Akhirnya para penggemar Oppo pun bisa mulai mendapatkan Oppo A77s ini mulai hari Kamis (13/10/2022) kemarin. Pasti banyak yang penasaran, apa sih yang menjadi daya tarik atau harga jual dari Oppo A77s tersebut? Salah satunya adalah dari sisi design, yang membuat ponsel tersebut memiliki tampilan seperti Oppo Reno 7 4G yang rilis bulan Maret 2022 kemarin.

Persamaan paling mencolok ini bisa dilihat pada bagian punggungnya, dimana kedua smartphone ini menggunakan material khusus namanya “Fibreglass-Leather Design”. Material itu membuat punggung perangkat tersebut mempunyai tekstur seperti kulit yang tidak kesat pada tangan dan terbebas dari sisa sidik jari pengguna.

Dan karena memakai material tersebut, menjadikan Oppo A77s jadi ponsel A-series pertama yang memiliki desain itu. Tentu karena konsep desain tersebut, maka pengguna pun dapat merasakan sensasi memiliki ponsel kelas atas dengan harga lebih terjangkau dalam diri Oppo A77s ini

Disamping sisi design yang serupa, Oppo A77s dan Oppo Reno 7 4G rupanya mempunyai beberapa kesamaan lain pada sisi spesifikasi. Contoh paling mudahnya adalah pada bagian layar, di mana kedua ponsel tersebut mendukung laya dengan teknologi refresh rate 90 Hz.

Kesamaan lainnya juga pada bagian dapur pacu, dimana baik Oppo A77s maupun Reno 7 G ini juga ditenagai oleh chipset Snapdragon 680 4G  dengan proses fabrikasi 6nm. Keduanya juga didukung dengan fitur pengisian cepat yakni SuperVOOC 30 Watt.

Nah untuk anda yang ragu untuk membeli Oppo A77s atau Reno 7 4G, maka kali ini akan kami bagikan head-to-head perbandingan kedua ponsel tersebut. Selengkapnya silahkan simak di bawah ini :

Perbandingan Oppo A77s dan Oppo Reno 7 4G

1. Layar

Perbandingan pertama kali ini pada bagian layar, di mana Oppo A77s ini datang dengan panel LCD berukurna 6.56 inch beresolusi HD (720 x 1612 pixel). Layar ini dibekali dengan refresh rate 90 Hz, touch sampling 90 Hz, tingkat kecerahan layar maksimal mencapai 600 nit, dan kerapatan pixel 269 ppi.

BACA JUGA  Apple Sebut iPhone 14 Pro Max Jadi Produk Paling Berat

Lalu untuk Reno 7 4G punya spesifikasi yang lebih mantap, dengan dukungan panel AMOLED 6.43 inch dan resolusi FHD (1080 x 2400 pixel), memiliki refresh rate 90 Hz, touch sampling rate 180 Hz, tingkat kecerahan layar maksimal mencapai 600 nit, dan kerapat pixel 409 ppi.

oppo a77s

2. Sisi Fotografi

Sisi fotografi memang menjadi salah satu keunggulan dari Reno Series, maka sudah bisa di pastikan jika kemampuan kamera dari Reno 7 4G ini jauh lebih baik dari Oppo A77s. Smartphone Reno 7 4G datang dengan kamera depan 32 MP dengan sensor IMX709 RGBW yang diletakkan dalam sebuah lubang punch hol, sementara A77s dibekali kamera selfie 8 MP yang diletakkan pada notch waterdrop.

Tak hanya kamera depan saja, untuk kamera belakangnya pun Reno 7 4G masih lebih unggul dari saudara mudahnya tersebut. Ponsel Reno ini punya triple camera belakang yang masing-masing berukuran 64 MP + 2 MP Macro + 2 MP Micro. Kamera ini didukung dengan fitur 30x microlens yang mampu menangkap object berukuran mini dan mampu melakukan zoom 15x atau 30x.

Sementara untuk Oppo A77s, dibekali dengan dual camera dengan lensa utama 50 MP + 2 MP depth sensor. Tidak ada fitur menarik yang disematkan pada kamera ponsel ini.

3. Bagian Performa

Seperti yang sudah kita singgung di atas tadi, jika baik Oppo A77s maupun Reno 7 4G ini hadir dengan chipset Snapdragon 680 (6nm). Tidak hanya itu, keduanya juga dibekali dengan kapasitas dan fitur penyimpanan yang serupa.

Oppo A77s dan Reno 7 4G dibekali dengan RAM 8 GB serta memiliki fitur ekspansi RAM punya slot microSD yang bisa menampung hingga kapasitas 1 TB. Beranya, Oppo A77s dibekali dengan memori internal 128 Gb, sementara Reno 7 punya 256 GB.

Oppo A77s sudah berjalan pada OS Android 12 dengan antarmuka terbaru yakni ColorOS 12.1, sementara Reno 7 masih memakai ColorOS 12.

4. Penampung Daya

Pada bagian penampung dayanya, Oppo A77s ini boleh lebih unggul karena dibekali dengan baterai 5.000 mAh, dibandingkan Reno 7 cuma 4.500 mAh. Kedua smartphone ini mendapat dukungan fitur SuperVOOS 33 Watt untuk memperepat pengisian daya baterainya.

BACA JUGA  Mulai Fingerprint Hingga Type C Ada di HP Sejutaan Itel A05s

5. Fitur Keamanan

Sebagai smartphone terbaru, Oppo A77s ini juga sudah dilengkapi dengan sensor fingerprint yang diletakkan disamping bodi terintegrasi dengan tombol power. Sementara untuk Reno 7 4G memiliki fingerprint yang berada di bawah layar.

6. Fitur Pelengkap

Keunggulan dari Oppo A77s ini adalah memiliki speaker Ultra-Linear Stereo yang mampu menghasilkan suara yang mantap. Selain itu ponsel ini juga sudah didukung dengan fitur keren lain seperti punya sertifikasi IP5X dan IP4X (tahan pada debu dan air), FlexDrop, ini bisa jadi keunggulan yang layak jadi pertimbangan dari ponsel tersebut.

Sementara Reno 7 4G ini memiliki sertifikasi IPx4 serta punya Dual Orbit di sekitar kamera belakang. Ini merupakan LED flash yang bisa menyala di sekitar lensa, lampu ini mampu pancarkan warna biru ketika ada notifikasi maupun saat mengisi daya baterai. Reno 7 4G juga sudah di dukung fitur NFC, semetara Oppo A77s tidak memilikinya.

7. Harga

Perbandingan Oppo A77s vs Oppo Reno 7 4G juga mencolok pada sisi harga. Sebagai ponsel baru, Oppo A77s ini datang dengan harga jual sekitar Rp 3.5 jutaan dengan varian warna Starry Black dan Sunset Orange.  Sementara untuk Reno 7 4G dijual seharga Rp 5.2 jutaan dengan varian warna Cosmic Black dan Sunset Orange.

Kesimpulan

jadi kesimpulannya, untuk Oppo A77s  dan Reno 7 4G memang memiliki kemiripan. Hanya saja untuk Oppo A77s  unggul dari sisi speaker, baterai, dan harga yang lebih terjangkau. Lalu untuk Reno 7 4G unggul dari sisi kamera yang lebih kaya akan fitur, dan punya layar yang mantap.